15 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Rahasia Dibalik Manfaat Spirulina Algae Ganggang Hijau Biru

Apa itu Spirulina dan apa saja Manfaat Spirulina? Arthrospira Platensis, atau yang biasa disebut dengan Spirulina adalah Cyanobacterium bersel satu yang mengandung kadar asam amino pekat dan vitamin serta nutrisi lainnya. Spirulina hidup di air tawar alkali, Alga hijau biru ini telah ditemukan selama miliaran tahun yang lalu dan diakui dalam komunitas ilmiah sebagai salah satu Spesies pertama yang ada. Karena helainya yang berbentuk heliks atau mirip pegas, maka Spirulina mendapat julukan dari bahasa Latin yaitu Spiral kecil.

Meskipun bentuknya sangat kecil, namun Spirulina memiliki sejumlah besar nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan untuk tubuh manusia. Bahkan saat ini, orang menggunakan Spirulina sebagai suplemen makanan untuk konsumsi sehari-hari mereka. Karena manfaat kesehatan yang melimpah, orang sekarang mulai sepenuhnya memahami apa sebenarnya Spirulina. Tetapi sebelum lanjut ke diskusi tentang manfaat Spirulina, marilah kita terlebih dahulu pelajari awal sejarah Alga biru hijau ini.

Manfaat Spirulina

Manfaat Spirulina

Catatan paling awal tentang penggunaan Spirulina ditemukan oleh penduduk Kanembu di Chad – Afrika. Para ilmuwan telah menemukan bahwa sejak abad ke-6, mereka telah menggunakan Spirulina sebagai bagian dari makanan sehari-hari mereka. Mereka membuat macam-macam kue yang terbuat dari Spirulina, menghancurkannya menjadi potongan-potongan kecil dan kemudian mencampurnya dengan ikan, daging, dan sayuran. Mereka kemudian menyimpannya untuk konsumsi rumah tangga atau menjualnya ke pasar terdekat. Kolam di sekitar Danau Chad ditemukan menjadi sumber utama kue mereka yang mereka sebut Dihé. Gagasan tentang Spirulina juga mirip dengan suku Aztec dan beberapa Mesoamerika.

Penelitian juga menunjukkan bahwa sampai abad ke-16, sebelum terjadi perang di Spanyol, masyarakat tersebut juga menjadikan Spirulina sebagai bagian dari nutrisi harian mereka. Ditemukan juga dengan orang Kanembu, mereka juga membuat kue yang terbuat dari Spirulina. Jika seseorang bertanya kepada mereka, “Apa itu Spirulina?” mereka akan dengan cepat menjawab, “techuitlatl“. Ini adalah nama lokal mereka untuk Alga hijau biru. Namun, karena mereka ditaklukkan serta perkembangan dan urbanisasi yang cepat, kue-kue ini tidak lagi menjadi bagian dari gaya hidup gizi mereka. Namun, Danau Texcoco, danau tempat mereka memanen Spirulina, masih ada.

Setelah kita mengetahui latar belakang sejarah Spirulina, sekarang mari kita membahas manfaat Spirulina untuk kesehatan agar kita dapat sepenuhnya menjawab pertanyaan utama dari artikel ini, yaitu: “Apa itu Spirulina?” Menurut hasil riset ilmiah, pada saat Spirulina dijadikan sebagai makanan pelengkap, maka akan berfungsi untuk meningkatkan system kekebalan tubuh, membantu mencegah penyakit kanker, mengontrol tekanan darah dan mengurangi kolesterol. Juga telah ditemukan untuk membantu dalam mengobati keracunan arsenik karena air yang terkontaminasi.

Baca juga: Habbatussauda untuk Kanker

Studi ini ditemukan di Negara Bangladesh di mana air minum disana belum layak untuk konsumsi. Selain itu, Spirulina dipandang oleh para ilmuwan sebagai pengobatan yang cocok untuk penyakit autoimun seperti, AIDS, HIV dan Lupus. Meskipun begitu, untuk mengetahui manfaat Spirulina yang sebenarnya, beberapa orang yang peduli dengan kesehatan sekarang menggunakan tablet dan kapsul Spirulina sebagai sumber protein yang dapat diandalkan karena terdiri dari 60% protein yang mengandung semua asam amino esensial. Berdasarkan atribut nutrisi ini, tidak diragukan Spirulina layak disebut sebagai makanan super dan bahaya spirulina tidak ditemukan dalam studi ini.

5 Manfaat Menakjubkan Bubuk Spirulina

Spirulina adalah tumbuhan yang menakjubkan dari golongan Alga biru-hijau, memiliki bentuk gulungan spiral yang bisa tumbuh di laut dan juga di air tawar. Hal yang paling banyak diminati dari Spirulina adalah protein lengkap nabati. Jika Anda seorang vegetarian, maka meminumnya secara teratur jelas merupakan suatu keharusan. Bahkan jika Anda suka makan daging, itu juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Manfaat kesehatan tersebut meliputi:

  1. Protein Tinggi
    Sangat jarang ditemukan tanaman dengan jumlah protein yang tinggi. Ini mengandung semua asam amino esensial dengan protein yang lengkap. Sisi positifnya adalah bahwa lemak dan protein dari produk hewani sulit dicerna. Protein dari tanaman jauh lebih mudah terserap oleh tubuh dan sistem pencernaan Anda. Dan dengan memiliki sistem pencernaan yang lebih sehat, maka tubuh kita menjadi lebih sehat secara keseluruhan.
  2. Asam Lemak Esensial
    Spirulina memiliki jumlah GLA, ALA, dan DHA yang tinggi. Semua asam lemak ini adalah suatu keharusan untuk fungsi jantung dan otak yang sehat. Terutama bagi anak kecil yang masih dalam tahap perkembangan krusial.
  3. Vitamin
    Spirulina memiliki jumlah Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, dan Yodium yang sangat tinggi untuk fungsi tiroid yang sehat.
  4. Mineral
    Selain vitamin, Spirulina kaya akan mineral penting seperti; kalsium, zat besi, kalium, mangan dan zinc.
  5. Tahan lama
    Tidak seperti kebanyakan produk hewani, Spirulina sepenuhnya bisa bertahan selama bertahun-tahun dan mudah untuk tumbuh dan panen. Ini diklasifikasikan sebagai makanan super karena manfaat kesehatan spirulina jauh lebih dari apa yang telah dijelaskan dalam artikel ini.
Manfaat Spirulina

Manfaat Spirulina

Manfaat Spirulina untuk Liver

Banyak penelitian tentang manfaat Spirulina yang telah dilakukan untuk Liver, betapa pentingnya Spirulina bagi tubuh kita dan kesehatan yang baik. Liver kita bertanggung jawab untuk begitu banyak organ tubuh sehingga kita benar-benar harus lebih sadar bagaimana menjaga Liver agar tetap sehat. Liver berfungsi memecah semua makanan, membersihkan racun dalam tubuh kita, memproses semua panca indera kita. Ini satu-satunya organ dalam tubuh yang dapat beregenerasi.

Peran Liver dalam tubuh kita tidak begitu dihiraukan, padahal eksistensinya sangatlah penting dan spirulina dapat memainkan peran penting dalam membantu merawat Liver kita. Cara terbaik untuk memanfaatkan luar biasanya Spirulina adalah dalam bentuk bubuk yang ada kaitannya dengan herbal penyembuhan. Anda bisa menemukan manfaat yang banyak sekali dalam bubuk hijau super berkualitas untuk detoksifikasi dan menyembuhkan tubuh.

Jadi Apa Itu Spirulina? Apa itu Alga Biru Hijau?

Ada ribuan jenis Alga yang ditanam di seluruh dunia, mulai dari ukuran dan hidup dari cahaya alami kita. Spirulina juga dapat dikenal sebagai Alga biru-hijau, Alga Spirulina, Alga air tawar, serta Alga merah di antara nama-nama lainnya. Spirulina, atau Alga hijau biru, tumbuh sangat cepat, tidak hanya di air, tetapi juga di tanah, pada tanaman dan batu. Alga biru-hijau yang besar ini dikenal sebagai sumber protein yang sangat tinggi. Faktanya, ini terbuat dari protein, menjadikannya salah satu sumber protein nabati terkaya! Belum lagi hal yang negatif bagi tubuh kita tidak ditemukan pada Spirulina serta bahaya masker Spirulina juga tidak ditemukan.

Makanan super ini dipenuhi dengan mineral, vitamin, dan nutrisi lainnya yang sangat bagus. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia, Spirulina juga bermanfaat untuk tanah yang sudah terkontaminasi dengan bahan kimia selama bertahun-tahun, cocok untuk manajemen pertanian. Manfaat Spirulina untuk wajah juga sudah ditemukan sejak lama, hal ini dikarenakan manfaat Spirulina untuk jerawat dan wajah sudah banyak digunakan oleh para wanita yang ingin wajahnya bersih tanpa jerawat.

Manfaat masker spirulina untuk tubuh

Apa Saja Manfaat Spirulina?

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat ekstrak air spirulina, atau Alga biru-hijau, dapat menghambat dan meminimalkan risiko kanker. Ini adalah tonik yang luar biasa bagi tubuh kita dan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh kita secara umum. Warna hijau biru tua menunjukkan Spirulina kaya akan Phycocyanin, membantu membangun darah dan sel darah putih dan merah yang sehat.

  • Tinggi asam amino esensial
  • Tinggi klorofil
  • Tinggi beta-karoten
  • Tinggi asam lemak esensial GLA
  • Kolesterol rendah
  • Darah Rendah
  • Rendah kalori
  • Masalah usus.

Baca juga: Air Alkali Graviola Fit untuk kolesterol

Manfaat Spirulina dapat menambah level energi Anda dan menjadikan tubuh Anda menjadi yang terbaik, selama mungkin. Tidak heran jika Alga biru-hijau ini dianggap sebagai makanan super yang banyak digemari terutama oleh komunitas peduli sehat. Kami adalah produsen Spirulina asli Indonesia yang memproduksi beragam bentuk Spirulina, baik dalam bentuk kapsul, bubuk, masker dan sengaja diproduksi untuk semua usia.