Manfaat Sholat adalah Penolak Bala, Ini Penjelasan Imam Besar Masjid Istiqlal - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Manfaat Sholat adalah Penolak Bala, Ini Penjelasan Imam Besar Masjid Istiqlal

[

Sholat khusyu akan memberikan dampak bagi yang melaksanakannya

digitren.id, JAKARTA— Sholat menjadi ibadah yang diturunkan langsung kepada Allah SWT kepada Nabi Muhammad tanpa melalui perantara malaikat Jibril.

perintah sholat diturunkan kepada Nabi Muhammad dalam peristiwa Isra Miraj. Banyak rahasia dan keutamaan dalam ibadah sholat.

Imam besar Masjid Istiqlal, Prof KH Nasaruddin Umar menyampaikan bahwa sholat memiliki rahasia-rahasia yang bisa diunduh juga.

Sebagaimana menukil keterangan Syekh Ibn Athaillah yang dahulu kala bahwa sholat merupakan sarana bermunajat serta sumber pensucian hati. Di dalam sholat terbentang luas medan rahasia Allah dan muncul darinya kilauan cahaya. Allah SWT berfirman:

اسْتَعِينُوا الصَّبْرِ الصَّلَاةِ ا لَكَبِيرَةٌ لَّا لَى الْخَاشِعِينَ

Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu.” (QS Al Baqarah ayat 45).

Prof Nasaruddin Umar seperti ini. Sejatinya setiap manusia di muka bumi ijat seperti telur di atas tanduk. Di mana banyak hal yang setiap detik dapat mengancam dan membahayakan kehidupan.

Dia misalnya saja potensi terjadinya bencana seperti gempa bumi, gunung meletus, badai topan dan lain sebagainya atau juga manusia sangat rawan difitnah dan lain sebagainya.

Menurut Prof. Nasaruddin, tidak menutup kemungkinan bahwa semua anggota grup dapat saling berbagi konten, meskipun tidak memungkinkan untuk meluangkan waktu sejenak.


Baca juga: Mualaf Edy, Takluknya Sang Dakwah di Hadapan Surat Al Ikhlas

Jadi kita dikepung dengan masalah. Maka salah satu fungsi sholat adalah menolak bala. Tidak ada yang bisa menyelamatkan kita selain Allah SWT. Semua punya masalah dan tidak ada yang bisa menyelamatkan kecuali Allah. Minta tolong sama Allah dengan sabar dan. Maka. itu jangan pernah absen sholat. Bukan karena sholat, membocorkan semua musibah itu,” kata Prof Nasaruddin dalam kajian di Masjid Istiqlal beberapa hari lalu.

Karena itu Prof Nasaruddin mengajak untuk istiqamah dalam melaksanakan sholat. Dan tingkatkan kualitas sholat menjadi kualitas langit. Yakni merasa senang dan nyaman untuk melaksanakan sholat. Sehingga sholat tidak sekedar menggugurkan kewajiaban semata.

Sumber artikel : https://www.republika.co.id/berita/r7woue320/manfaat-sholat-adalah-penolak-bala-ini-penjelasan-imam-besar-masjid-istiqlal

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.