Beranda » Kesehatan » Herbal » Manfaat Jahe Untuk Syaraf Kejepit yang Dapat Meredakan Nyeri dan Ngilu Tulang

Digitren.id – Jahe tidak diragukan lagi populer sebagai bumbu dan zat obat. Jahe juga memiliki efek anti inflamasi yang kuat sehingga jahe untuk syaraf kejepit dan peradangan lain juga bisa. Bisa digunakan secara alami untuk mengobati peradangan.

Itulah sebabnya jahe digunakan untuk mengobati banyak penyakit termasuk saraf kejepit. Makanya sangat cocok jahe untuk syaraf kejepit, termasuk juga saat cuaca dingin mencampur bahan olahan jahe dengan rasa pedasnya akan membantu menghangatkan tubuh.

Jahe Untuk Syaraf Kejepit

Jahe Untuk Syaraf Kejepit

Jahe mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh: ada vitamin A B C E fosfor zat besi magnesium kalsium dan beta karoten yang sangat penting bagi tubuh terutama untuk saraf. Saraf kejepit adalah penyakit saraf yang sangat menyakitkan dan sangat menyusahkan karena menyebabkan rasa sakit yang tidak normal saat bergerak.

Syaraf terjepit dirangsang ketika ada tekanan pada saraf. Gerakan berulang yang berkepanjangan seperti menekuk siku saat tidur dapat menyebabkan stres pada syaraf. Syaraf Kejepit dapat terjadi ketika jaringan saraf dan ligamen berkontraksi di antara tendon atau tulang.

Baca juga: Kenali Penyebab, Gejala dan Pemicu Timbulnya Rematik pada Tubuh

Biasanya rasa sakit pertama terasa di punggung bagian bawah tetapi tidak menutup kemungkinan rasa sakit itu muncul di bagian tubuh mana pun. Terkadang gejala yang timbul pada syaraf adalah mati rasa dan kesemutan di salah satu bagian tubuh.

Mengabaikan syaraf yang kejepit dapat memiliki banyak efek seperti pecahnya jaringan lunak atau jaringan pelindung di sekitar syaraf. Ini dapat membuat cairan yang menyebabkan pembengkakan tekanan ekstra.

Maka carilah pengobatan segera untuk menghindari efek berbahaya ini. Jahe untuk syaraf kejepit juga bisa digunakan untuk mengobati syaraf yang tertekan. Jahe merupakan bumbu penyedap yang khasiatnya tidak hanya dapat digunakan sebagai bumbu masakan tetapi juga untuk mengobati berbagai penyakit termasuk syaraf.

Adapun cara mengaplikasikan jahe untuk syaraf kejepit biasanya mengoleskan bubuk jahe ke bagian tubuh yang sakit agar bisa mempercepat penyembuhan. Selain itu jahe mengurangi rasa sakit dan nyeri yang disebabkan oleh peradangan.

Pantangan Syaraf Kejepit

Setelah kita tahu bahwa obat alami berupa jahe untuk syaraf kejepit kitapun juga perlu tahu pantangan syaraf kejepit yang perlu dihindari agar tidak semakin parah. Dengan mengetahui pantangan syaraf kejepit diharapkan kita bisa segera sembuh dari penyakit ini. Adapun pantangnnya yaitu :

  • Hal pertama dan terpenting untuk syaraf kejepit adalah jangan digunakan untuk mengangkat benda berat. Hal ini karena gerakan ini dapat memberikan tekanan pada otot dan persendian. Tekanan ini mengganggu proses penyembuhan saraf yang tertekan.

Disarankan untuk tidak mengangkat barang dengan berat lebih dari 5 kg

  • Termasuk lagi jangan memaksa diri untuk melakukan olahraga berat seperti bermain sepak bola. Karena justru dapat mengganggu proses penyembuhan syaraf terjepit. Tidak hanya itu proses penyembuhan akan memakan waktu lebih lama untuk mengatasi nyeri syaraf akibat olahraga berat.
  • Sama seperti olahraga aktifitas peregangan otot atau pemanasan bisa mengganggu kesembuhan syaraf kejepit. Pemanasan dan perenggangan merupakan kegiatan yang sehat dan harus dilakukan secara teratur.

Namun dalam proses penyembuhan saraf yang terjepit olahraga dan pemanasan harus dikurangi. Tidak ada salahnya kan mengistirahatkan tubuh untuk menyembuhkan syaraf yang terjepit sementara waktu?

Baca juga: Bio Edas Jamu Tetes Herbal Hasil Fermentasi 40 Buah

  • Juga perlu menghindari gerakan berulang karena bisa menjadi penyebab ketegangan syaraf. Inilah sebabnya mengapa sangat disarankan untuk tidak melakukan terlalu banyak gerakan berulang selama proses penyembuhan saraf yang terjepit.

Misalnya area tubuh yang terkena saraf terjepit baik di tangan atau bagian tubuh lainnya. Dokter menyarankan untuk tidak melakukan aktivitas berulang yang melibatkan tangan seperti menekan, dll. Gerakan berulang dapat memperburuk kondisi syaraf yang terhambat dan memperpanjang proses penyembuhan.

  • Jangan melakukan gerakan tiba-tiba terutama pada anggota badan yang syarafnya terjepit. Gerakan yang tiba-tiba bisa menegangkan semua syaraf dan memperburuk kondisi syaraf terjepit.
  • Dalam pengobatan syaraf kejepit sangat disarankan untuk tidak melakukan aktivitas fisik atau olahraga yang dapat memperparah kondisi syaraf. Namun ini bukan berarti menjadi alasan untuk bermalas-malasan hanya untuk beristirahat di tempat tidur.

Cobalah untuk menggerakkan tubuh dengan berjalan atau peregangan di sekitar rumah untuk mengaktifkan cairan tubuh dan otot. Agar tidak kaku dan keram, bisa juga menggunakan alat terapi pinggang yang biasanya dirasakan oleh penderita.

  • Pastikan kita mendapatkan tidur dan waktu tidur yang berkualitas. Jangan suka begadang sepanjang malam! Karena tidur adalah cara unik untuk menyembuhkan tubuh. Juga pastikan mendukung kualitas kasur dan bantal yang kita gunakan untuk menopang tempat tidur.

Karena bila posisi tidur kita keliru maka akan memperburuk kondisi syaraf kejepit

  • Bila kita tidak mau pergi ke ahli syaraf maka itu adalah keputusan yang salah. Jangan berasumsi bahwa saraf terjepit akan sembuh dengan cepat apalagi tanpa perawatan medis.

Itulah beberapa pantangan yang harus dihindari saat tubuh mengalami syaraf kejepit. Termasuk juga harus menghindari beberapa makanan yang memperparah kondisi syaraf kejepit. Sayangnya banyak orang yang mengalami syaraf kejepit justru meremehkannya.

Baca juga: Tips Jaga Diri dan Makanan Sehat Saat Musim Hujan

Banyak orang berpikir bahwa makanan apa pun bisa dimakan tanpa masalah. Padahal untuk memperbaiki syaraf yang kejepit lebih baik hanya makan makanan yang kaya vitamin dan mineral yang akan membantu mencapai penyembuhan saraf yang maksimal.

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Syaraf Kejepit

Ada sangat sedikit informasi tentang makanan yang dibatasi. Jadi wajar jika banyak penderita yang tidak menyadari hal ini. Jadi inilah beberapa makanan yang harus dihindari penderita syaraf kejepit:

  • Kita perlu menghindari kacang-kacangan dan sayuran yang memiliki kandungan purin yang tinggi untuk sistem saraf. Zat purin ini hanya akan memperburuk penyakit syaraf yang kejepit.

Oleh karena itu kita harus menghindari konsumsi buncis, kacang panjang, daun singkong, kangkung yang berlebihan. Kita perlu membatasi makanan ini seminggu sekali dalam jumlah sedang. Sebaiknya kita memilih sayuran lain yang lebih sehat dan bebas purin.

  • Makanan yang terlalu berbahaya untuk dimakan saat menderita syaraf kejepit yaitu jeroan baik Sapi dan unggas berupa hati ginjal atau empedu. Hal ini karena mengandung asam urat yang sangat berbahaya dan kolesterol tinggi yang mengganggu sirkulasi darah.

Kita harus berhenti makan jenis makanan ini terutama jika kita sering sakit syaraf. Ganti dengan makanan sehat lainnya yang bebas lemak dan asam urat.

  • Jika memang suka makan ayam sebaiknya hindari makan kulit ayam secara berlebihan. Pilih area di mana dagingnya tinggi terutama bagian dada. Hal ini karena kulit ayam mengandung lemak yang tinggi dan jika dimakan secara berlebihan dapat menyebabkan obesitas dan stroke ringan.

Lebih baik menjaga berat badan tetap konstan bahkan jika saraf sedang sakit. Jadi saraf tidak bekerja berlebihan

  • Daging kambing sangat enak untuk disantap. Namun sebaiknya kita memilih jenis daging lain daripada makan lebih banyak jenis makanan ini. Daging kambing tinggi kolesterol dan meningkatkan tekanan darah.

Jadi kita harus menghindari makan daging kambing karena rentan terhadap kerusakan saraf dan tekanan darah tinggi. Hal ini karena jika tekanan darah naik maka pembuluh darah di area saraf yang terjepit bisa pecah yang bisa berujung pada kecelakaan seperti lumpuh.

Baca juga: Tips Cara Mengatasi Ambeien Atau Wasir Dengan Bahan Alami

Kita tidak boleh memakan makanan ini jika tidak ingin hal ini terjadi

Beberapa makanan di atas perlu dihindari bagi penderita syaraf kejepit. Masih ada lagi seperti udang, kepiting, sarden, otak hewan dll yang mengandung protein tinggi dan purin perlu dihindari dulu. Agar kita bisa segera sembuh dan terbebas dari penyakit syaraf kejepit.

Demikian tadi ulasan tentang jahe untuk syaraf kejepit.semoga bisa bermanfaat. Terimakasih.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda*

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.