20 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Tips Jaga Diri dan Makanan Sehat Saat Musim Hujan

Daftar makanan sehat saat musim hujan – Selama musim hujan bulan Desember banyak yang mengatakan bahwa, “Ini waktunya untuk bersenang-senang!” Namun, dengan adanya perubahan cuaca yang ekstrim di bulan Januari, Februari, hingga Maret nanti justru kalimat tersebut akan berubah menjadi: “Ini musim SAKIT!“, sebab volume hujan yang turun sangat besar bahkan mengakibatkan banjir di beberapa kota di Indonesia. Di jalan-jalan, di toko-toko, di tempat kerja dan tempat-tempat lain di mana banyak orang pada berkumpul, telah menjadi hal yang umum jika kita melihat dan mendengar orang-orang yang sedang batuk, mengi (Asma) dan hidung berair alias flu berat (hidung meler) selama musim ini.

makanan sehat saat musim hujan

makanan sehat saat musim hujan

Begitu DIS-EASE (penyakit) memasuki tubuh kita, tubuh kita sering lemah sehingga kita kehilangan waktu yang sangat berharga, waktu berkunjung kepada orang-orang terkasih dan liburan yang seharusnya kita nikmati bersama keluarga tercinta. Untuk itu, perlu diketahui daftar makanan sehat saat musim hujan berikut ini agar badan tetap fit dan bugar. Dengan pengalaman Kami selama beberapa tahun ke belakang sebagai penggiat Herbalis yang dapat mencegah penyakit selama musim dingin, Kami ingin berbagi beberapa hal yang berhasil menjaga kesehatan Kami di saat musim hujan ini.

Tips cegah penyakit dengan makanan sehat saat musim hujan

Banyak tips yang akan disampaikan berdasarkan pada pemikiran umum yang disebut “Kesehatan Alternatif” atau “Penyembuhan alami“. Dasar dari sistem kepercayaan inilah tubuh manusia sebetulnya dapat menyembuhkan dirinya sendiri jika bisa menjaga tubuh dengan tepat terutama dalam menjaga pola makan dan pola hidup sehat. Fakta mengatakan bahwa praktik penyembuhan diri secara alami ini telah berjalan selama ribuan tahun yang lalu, serta dipraktikkan oleh penduduk asli bumi yang selalu meyiapkan makanan sehat saat musim hujan tiba.

Tindakan pencegahan:

  • Mencuci tangan: ini sangat perlu dilakukan untuk mengerjakan hal-hal yang kecil sebelum memberikan makanan sehat saat musim hujan, namun selama musim “penyakit” sangat penting untuk membersihkan kuman dari tangan kita. Kita dapat terpapar oleh kuman dari beberapa tempat yang kita sentuh oleh tangan, karena itu tetap bersihkan tangan Anda saat mau melakukan segala aktivitas sebab itu akan membantu mencegah penyakit. Selain itu, Kita juga bisa membawa “pembersih tangan portabel / cairan anti-bakteri” sebagai antisipasi jika nanti tidak menjumpai sabun untuk cuci tangan.
  • Vitamin: Minumlah multi – vitamin yang lengkap setiap hari untuk meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh Anda untuk melawan segala penyakit yang akan masuk. Vitamin C adalah vitamin yang baik untuk digunakan selama sebelum sakit atau saat sedang sakit. Echinacea adalah ramuan tua yang digunakan oleh penduduk asli Amerika bahkan oleh banyak orang Amerika di awal 1900-an menurut beberapa sumber. Echinacea adalah pembersih seluruh tubuh dan penguat sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mendapatkan manfaat dari ramuan Echinacea ini dalam bentuk teh atau pil.
  • Puasa: Puasa merupakan menahan rasa lapar dan hawa nafsu yang dimulai dari sebelum terbit matahari sampai tenggelamnya matahari. Selain bermanfaat bagi ketaqwaan umat Muslim, rupanya manfaat puasa juga sangat bagus bagi kesehatan secara lahiriah, seperti dapat mengatur berat badan sampai detoksifikasi tubuh, sebagai obat untuk penyakit fisik dan spiritual.
    makanan sehat musim hujan

    makanan sehat musim hujan

  • Istirahat Yang Tepat & Olahraga: Faktor lain yang sering diabaikan dalam mencegah penyakit adalah istirahat yang tepat. Kebanyakan “Pakar kesehatan” merekomendasikan untuk istirahat minimal 8 jam setiap malam. Efek dari istirahat yang tepat adalah: Memberi penyembuhan / meremajakan tubuh serta memungkinkan otak kita untuk memilah berbagai pesan yang diterima pada siang hari. Bersamaan dengan manfaat tidur, kurang tidur dapat melemahkan berbagai sistem tubuh kita secara keseluruhan untuk menangkal penyakit. Pengalaman dari beberapa kali saya sakit, ternyata ada kaitannya dengan bekerja berjam-jam, tidak istirahat dengan benar dan tidak punya waktu untuk menyiapkan makanan yang sehat.Olahraga juga akan membantu kemampuan tubuh untuk melawan kerentanan terhadap suatu penyakit. Tidak harus melakukan kegiatan Fitness yang rumit untuk berolahraga. Anda bisa melakukan senam santai, Yoga di rumah sendiri atau gerakan-gerakan ringan yang lain atau lari-lari kecil. Intinya adalah menjaga tubuh Anda agar tetap aktif dengan cara apa pun untuk beberapa kali dalam seminggu.

Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh

  1. Melindungi otak
  2. Menyehatkan kulit
  3. Menurunkan gula darah
  4. Mengurangi peradangan
  5. Membantu membuang lemak
  6. Menurunkan tekanan darah
  7. Membantu pemulihan cedera
  8. Meningkatkan regenerasi sel
  9. Meningkatkan kesehatan jantung
  10. Meningkatkan fungsi organ tubuh
  11. Mendorong respons stres yang sehat
  12. Meningkatkan fungsi organ reproduksi
  13. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular
  14. Mengurangi produksi protein berbahaya
  15. Bikin awet muda dan memperpanjang umur

Puasa adalah termasuk salah satu kegiatan yang dapat mengobati penyakit kita dalam tubuh, baik penyakit secara mental atau fisik. Puasa bisa dibilang lebih baik daripada semua obat-obatan yang digabungkan dalam satu botol atau lebih. Fakta dari para ilmuwan medis menyatakan bahwa 90% dari puasa itu menjadi obat. Tidak harus puasa sebulan penuh secara terus-menerus, namun puasa bisa dilakukan selama 3 hari, 4 hari atau beberapa hari dalam sebulan.

makanan sehat saat musim hujan

makanan sehat saat musim hujan

Puasa akan membantu kemampuan tubuh melawan penyakit dengan cara menghilangkan racun yang menyebabkan sumber penyakit. Jika tidak bisa puasa, maka disarankan untuk mencoba jus buah atau konsumsi sayuran sambil minum air murni. Di toko kesehatan, Anda juga bisa mencoba Spirulina, yang dapat membantu mengurangi rasa lapar serta meningkatkan proses pembersihan saat puasa.

Spirulina Baik untuk Ibu Hamil

Spirulina adalah pilihan yang aman untuk ibu yang sedang hamil, kandungan nutrisinya yang super membuatnya cocok untuk masa kesuburan dan kehamilan. Memang, selain sebagai sumber vitamin dan mineral yang sangat baik, Spirulina juga merupakan sumber kaya protein yang mudah dicerna dan omega 3; asam lemak esensial yang membantu membangun otak dan sistem saraf Janin. Ketika konsumsi Spirulina selama kehamilan, mulailah dengan dosis rendah. Seperempat sendok teh saja, dan kemudian tingkatkan secara perlahan hingga maksimum dua sendok teh.

Baca juga: Masker Terbaik di Dunia