13 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Macam-macam Aplikasi Scan Barcode Serta Keunggulannya

Digitren.id – Aplikasi scan barcode sekarang ini sangat banyak di cari oleh orang-orang. Dengan perkembangannya teknologi berbagai kebutuhan bisa dilakukan dengan cepat dan efisien. Seperti halnya saat kita belanja, untuk melihat harga dan diskon sebuah produk bisa dilakukan dengan membaca barcode yang telah di pasang pada tag produk.

Tak hanya itu saja, toko-toko maupun supermarket telah menyediakkan pembayaran virtual yang aksesnya dengan scan kode QR. Maka dari itu, aplikasi scan barcode sangat penting di instal di smartphone android kita.

aplikasi scan barcode

aplikasi scan barcode

Namun, banyak orang awam yang kurang mengetahui aplikasi pemindai barcode terbaik di smartphone android. Berikut 9 Aplikasi pemindai barcode atau kode QR terbaik di android.

ScanLife Barcode & QR Reader

Aplikasi pembaca barcode yang pertama yaitu ScanLife Barcode & QR Reader. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang termasuk dalam golongan all-in-one yang mana bisa memindai barcode produk dan kode QR segala jenis.

Jadi hal ini bisa mempermudah Anda untuk melakukan scan barcode cadangan dalam jenis produk yang sama. Dimana yang sewaktu-waktu barcode tidak terbaca oleh aplikasi tersebut Anda masih bisa menggunakan QR Code.

Dengan aplikasi ini Anda bisa dengan mudah mendapatkan informasi tentang harga, ulasan, penawaran khusus atau diskon yang telah ditetapkan oleh toko.

Baca juga: Aplikasi Chatting yang Populer di Indonesia

Entry Manager

Anda yang suka berpergian sangat cocok untuk install aplikasi Entry Manager. Aplikasi ini memudahkan untuk melakukan scan barcode pada tiket untuk memverifikasinya.

Banyak industri, perusahaan, event organizer yang telah menggunakan aplikasi ini untuk manajemen tiket barcode nya. Aplikasi scan barcode Entry Manager telah memberikan solusi yang tepat dan bagus dalam kegunaanya.

Sudah terbukti pemakaian aplikasi ini bisa meningkatkan efisiensi dan bisa mengurangi anggaran dalam sebuah acara.

Google Goggles

Aplikasi Google Goggles merupakan aplikasi terbaik dalam pemindai barcode, kode QR dan segala scan apapun. Aplikasi ini mempunyai kelebihan yang tak biasa di miliki oleh aplikasi yang sejenis, diantaranya bisa menerjemahkan teks yang terdapat dalam barcode dalam Bahasa apapun.

Aplikasi ini bisa memberikan info terkait tentang produk maupun barang yang telah disimpan pada kode QR dan mencari wawasan perihal komoditas di Google Search maupun Google Shopping.

Baca juga: Tips Sukses Jualan Online Menggunakan Google Trend

Barcode Scanner Pro

Aplikasi pembaca barcode ini tergolong sederhana dan simple untuk digunakan. Aplikasi ini bisa membaca barcode dengan menginformasikan secara detail terjemahan-terjemahan yang telah tersimpan pada kode QR tanpa meninggalkan layer kamera.

Meskipun terbilang sederhana, Barcode Scanner Pro ini mampu memindai hampir segala macam semua tipe barcode atau QR code, inilah yang menjadi nilai plus pada aplikasi ini. Dalam aplikasi ini pun bisa membuat barcode sendiri dengan mudah dan praktis.

Meskipun secara UI (User Interface) terlihat relatif simple, namun tidak semua aplikasi scan barcode mempunyai fitur tersebut. Anda bisa memindai barcode secara keinginan opsional, di dalamnya terdapat halaman pengaturannya.

Goodreads

Aplikasi ini sudah tidak asing lagi bagi para pecinta buku, yang suka berkunjung ke perpusatakan pasti sudah mengetahui aplikasi scan barcode ini. Goodreads memiliki kemampuan memindai segala jenis buku yang telah terbit diseluruh dunia untuk bisa mendapatkan harga, ulasan dan informasi yang terkait dengan buku tersebut. Selain itu juga aplikasi ini menawarkan perbelanjaan online buku.

Anda bisa menggunakan fitur aplikasi ini untuk hanya sekadar pinjam maupun beli, sangat cocok sekali untuk mencari maupun mengecek buku yang disukai. Kelebihan Goodreads bisa memberikan rekomendasi buka yang relevansi sesuai dengan apa yang Anda sukai  atau pindai , biasanya berdasarkan genre maupun topik.

Aplikasi Goodreads sangat update sekali jadi Anda bisa menemukan buku-buku terbaru yang telah dipublikasikan oleh penerbit.

Baca juga: Aplikasi Editing Video Terbaik

ShopSavvy

Seperti Namanya, aplikasi ini mempunyai fitur belanja yang mana Anda bisa melakukan perniagaan online dalam aplikasi tersebut. ShopSavvy bisa digunakan untuk scan QR kode yang terdapat pada belakang produk dan akan menampilkan informasi tentang barang tersebut.

Aplikasi ini juga bisa memberikan pandangan pada pelanggan tentang ketersedian barang pada toko ritel online beserta dengan harga yang sudah ditetapkan. Jadi bagi para pelanggan dapat membandingkan harga pada setaip produk tanpa meninggalkan aplikasi tersebut.

Aplikasi yang dikembangkan oleh ShopSavvy Inc menyebutkan bahwa mereka mempunya berbagai data, baik itu harga pengecer, grosir maupun produk. Jadi Anda bisa mendapatkan harga terbaik pada setiap produk yang Anda inginkan.

Baca juga: Cara Membuat Website Toko Online

Pada intinya aplikasi scan barcode ini yaitu aplikasi pencari produk melalui barcode atau kode QR terbaik. Menjadikan belanja lebih mudah, efisien dan pastinya hemat. Aplikasi ini juga mempunyai fitur pencarian dengan kata kunci, sehingga akan bisa membatu memperluas kemampuan pencariannya.

Free QR Scanner – Barcode Scanner, QR Code Reader

Aplikasi yang dikembangkan oleh InShot Inc ini menjadi aplikasi scan barcode yang sangat mudah digunakan. Aplikasi ini mempunyai kemampuan memindai semua jenis barcode atau kode QR.

Free QR Scanner bisa memindai seperti kontak, WiFi, halaman Web, Email, buku, lokasi, kalender dan lain sebagainya. Kelebihan lain yang tidak dimiliki aplikasi lainnya yaitu pengguna dapat mengetahui informasi kupon diskon atau kode promo di gerai retail online.

QR & Barcode Scanner

Membuat Aplikasi yang dikembangkan oleh developer dari Gamma Play ini bisa memindai barcode atau kode QR dengan mendapatkan hasil pemindaian yang cepat. Aplikasi ini tidak hanya membaca kode QR saja, juga bisa mengarahkan pengguna ke lokasi, WiFi,  situs Web, dan lain sebagainya.

Aplikasi QR & Barcode Scanner juga mempunyai fitur belanja, saat memindai barcode pada sebuah produk secara langsung aplikasi ini juga menunjukkan harga pengecer online untuk membantu bagi penggunanya untuk mencari harga yang terbaik.

Dalam penggunaannya sangat mudah, Anda hanya perlu membuka aplikasi, kemudian mengarahkan kamera depan maupun belakang ke kode QR produk tersebut.

Tak perlu khawatir jika Anda menggunakan aplikasi scan barcode ini, karena terdapat riwayat pemindaian yang sudah dilakukan sebelumnya, jadi jika kita ingin membuka kembali bisa lebih cepat. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di Play Store bagi pengguna smartphone android.

NeoReader

Aplikasi scan barcode yang selanjutnya yaitu NeoReader yang mana merupakan aplikasi pemindai kode QR Universal. Anda bisa memindai segala tipe jenis barcode, diantaranya standar, kode QR data, UPC, Kode Aztec, EAN, PDF 417, Kode 128 dan Matrix.

Aplikasi pembaca barcode ini sangat populer dan mempunyai nilai download serta ulasan tertinggi. Cara membuat barcode sendiri juga bisa Anda lakukan pada NeoReader, didalam aplikasi terdapat fiturnya, bisa juga langsung Anda bagikan ke teman melalui platforms social media, email maupun SMS.

Anda juga bisa membuka riwayat yang telah disimpan sebelumnya. Jadi tak perlu khawatir kehilangan pemindai QR kode. Aplikasi scan barcode ini juga telah di support kamera depan dan belakang.

Nah, itulah beberapa aplikasi scan barcode terbaik dan terpopuler di Android. Bisa Anda jadikan referensi untuk di install pada smartphone milik Anda. Karena kemajuan teknologi sekarang ini sangat pesat sekali, banyak hal dan segala sesuatu dikerjakan lebih efektif dan efisien, seperti dalam hal pembelanjaan, pembayaran, dan lain sebagainya.