Lima Keistimewaan Ash-Suffah Menurut Ahmad Musthafa Al-Maraghi - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Lima Keistimewaan Ash-Suffah Menurut Ahmad Musthafa Al-Maraghi

[

Ash Suffah memiliki keutamaan.

digitren.id, JAKARTA – Selama hidupnya Nabi Muhammad SAW memiliki sahabat dengan latar belakang yang berbeda-beda. Mulai dari pekerja, pengusaha, orang miskin dan kaya bahkan orang-orang yang hidupnya hidup untuk agama yang disebut dengan ahl ash suffah.

Yakhsyallah Mansur dalam bukunya Ash-Shuffah ul ul ul,,,,, laki laki laki laki Abu Abu Abu Abu Abu Abu Abu Abu Abu Abu Abu Abu Abu Abu Abu Abu Abu Abu Abu Abu Abu Abu Abu Abu Abu Abu Abu Abu Abu Abu Abu Abu Abu

Mereka juga tidak memiliki keluarga dan harta benda. Kegiatan usaha dan keluasan sektor tersebut tercermin dalam keberhasilan Allah SWT. Mereka tidak disedihkan oleh kemisikinan materi dan mereka tidak digembirakan.

“Kecuali oleh sesuatu yang dapat menguatkan mereka untuk meraih kebahagiaan hidup di akhirat,” katanya.

Kebahagiaan mereka adalah bersama dengan Tuhan dan mereka adalah jika waktu terlewat tanpa digunakan untuk beribadah dan membaca wirid mereka. Ketika menghadapi ayat tentang ahl ash-Shuffah surah al-Baqarah ayat 273, Ahmad Musthafa al-Maraghi menyatakan bahwa ahl ashShuffah memiliki lima keistimewaan sebagai berikut:

Pertama, gelar Jalan Allah SWT Yang dimaksud dengan slogan “in jalan Allah” diterima dengan gelar dan semua pekerjaan yang diridhai Allah. Sebab jika mereka sibuk bekerja seperti hal-hal lain yang berhubungan dengan kemaslahatan umat akan terbengkalai.

Kedua tidak memiliki kesempatan bekerja dan berusaha di bumi. Hal ini disebabkan karena sakit atau mempertahankan diri dari serangan musuh. Jadi, mereka tidak bekerja bukan karena malas atau tidak ada pekerjaan.

Ketiga, menjaga kehormatan dan sangat menahan diri. Artinya tidak memiliki keinginan terhadap materi yang dimiliki oleh orang lain. Namun, orang-orang yang Anda lihat di tempat pertama hanyalah jeruk yang Anda miliki bersama.

Keempat, memiliki ciri-ciri khusus yang hanya diketahui oleh orang mukmin yang dermawan dan berfirasat halus. Karena kemiskinannya, ahl ash-Shuffah se-benarnya sangat membutuhkan bantuan. Hanya karena mereka sangat menghargai kehormatan, mereka bertahan untuk misi tersebut agar tidak di-ketahui oleh orang. Namun orang yang memiliki firasat yang halus mengetahui bahwa sebenarnya mereka sangat membutuhkan bantuan.

Lima, tidak meminta-minta kepada orang lain dengan mendesak-desak. Mereka melarang meminta-minta seperti pengemis yang merengek-rengek minta dikasihani orang lain.

Jadi sebab yang menimpa saya-reka namun ahl ash-Shuffah sangat dilarang meminta, mereka memiliki sifat iffah (kehormatan) se-bagaimana yang disebut pada poin ketiga di atas.




Sumber artikel : https://www.republika.co.id/berita/r996fx430/lima-keistimewaan-ashsuffah-menurut-ahmad-musthafa-almaraghi

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.