Beranda » Entertainment » Lihat Meriahnya Festival Rampak Genteng di Majalengka

Majalengka – Luar biasa! Ini adalah kata yang menggambarkan subjek. Festival Rampak Genteng bertempat di Alun-Alun Kabatiwan (dulu Pabrik Gula Jatiwangi) Majalengka, Jawa Barat Kamis (11/11/2021).

Meski mewabah Covid-19, Rampak Genteng Festival tetap disambut baik oleh masyarakat Majalengka. Dari peserta hingga tamu undangan, mereka tampak bersemangat mengikuti festival tersebut.

Dilihat detik.com, peserta Rampak Genteng Festival dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, ibu-ibu PKK hingga masyarakat tiba di lokasi mulai pukul 14.00 WIB. Mereka datang dengan satu set lengkap 1 Genteng dan kayu stik.

Peserta dan tamu undangan wajib melakukan pra-registrasi dan menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum memasuki lokasi.

Sekitar pukul 16.00 WIB, acara inti Festival Rampak Genteng, akan diawali dengan doa untuk musik pengiring. Ribuan peserta pelatihan mulai memainkan perannya masing-masing di bawah arahan komposer Jatiwangi.

Yang membuat festival ini istimewa adalah semua alat musiknya terbuat dari Genteng Jawangi yang terbuat dari tanah liat dan kayu stik. Setidaknya 1.000 Genteng, 1.500 stik, 200 seruling, mangkuk tertutup, gitar dan bass digunakan.

Ahmad Thian Vultan, ketua Komite Festival Genteng Rampak, mengatakan dalam sebuah wawancara:

Lihat Festival Lantai Holm Rampak di MajalenkaLihat festival Rampak Genteng Festival di Majalengka. Foto: Bima Bagaskara / detikcom

Ia mengatakan, Rampak Genteng Festival tahun ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan mendoakan bagi yang sudah pergi sebelumnya.

“Kami sangat ingin bertemu saudara-saudara kami tanpa halangan; Jadi kami mengambil tema berdoa untuk planet kita dan untuk saudara-saudara kita di masa lalu.”

Peserta Rampak Genteng Festival 2021 dibatasi oleh panitia yaitu terbatas 1.000 orang. Hanya ada sekitar 500 tamu undangan.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana mengatakan, pelaksanaan Rampak Genteng Festival masih berlangsung ramai di tengah wabah.

Ia berharap Rampak Genteng Festival akan diikuti lebih banyak lagi peserta di event selanjutnya.

“Festival Rampak Genteng ini sukses besar, dan kami berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung kami. Ke depan, Rampak Genteng ini direncanakan tahun 2024, dan akan lebih banyak lagi pesertanya saat Pandemi berakhir,” kata Tarsono.

Sementara itu, Hariranto, Direktur Infrastruktur Pariwisata dan Ekonomi Inovasi, menambahkan festival ini layak menyandang gelar Kab. Innovation menurut Kementerian Pariwisata dan Inovasi.

“Ini menegaskan kekuatan masyarakat Majalengka, khususnya di Jatiwangi. Pada 2019, Majalengka ditetapkan sebagai Kab. kreatif dengan subsektor seni. Jatiwangi adalah leading sector,” kata Herrianto.

Lihat Festival Lantai Holm Rampak di MajalenkaLihat Festival Rampak Lantai Festival di Majalengka. Foto: Bima Bagaskara / detikcom

Ia meyakini jika wabah CVD-19 berakhir pada 2024, Festival Genteng Rampak akan semakin berwarna.

“Insya Allah akan lebih marak lagi saat Pandemi berakhir pada 2024, dengan dukungan penuh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Inovasi,” ujarnya.

Tonton video “Lihat Festival Lantai Rampak di Majalenka
[Gambas:Video 20detik]
(PIN)





Sumber : detik/travel-news

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.