Beranda » Travel News » Kunjungan ke Desa Wisata Arbork menjadi desa terbersih di Papua barat

DigitrenDesa Wisata Arborek Di Kabupaten Maos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, tahun 2017 lalu, ia berhasil meraih juara pertama lomba desa murni Desa Barat.

Ronald Mambrasar, Ketua Tim Pemasyarakatan Wisata Desa Wisata (Pokdarwis) Arborek, mengatakan saat itu ada beberapa desa di Papua Barat.

Baca Selengkapnya: Arbor, Desa Wisata dengan Ikonnya Sendiri di Raja Ampat

“Salah satunya Arborrek. Kalau tidak salah, ada empat sampai lima desa dari Raja Amp. Pemilihan awalnya diadakan oleh negara bagian karena merupakan acara daerah,” katanya. Kompas.com dari Desa Arborek, Raja Ampat, Rabu (27/10/2021).

Desa Arbork kemudian masuk negara bagian dengan menang di tingkat negara bagian. Di tingkat daerah, desa ini merupakan juara pertama desa murni se-Papua barat.

BACA JUGA GORENG Tidak hanya dengan kapal tapi juga dengan pesawat ke Raja Amp.

Informasi, motivasi dan dapatkan Persepsi dari Surel Anda.
Daftar Surel

Bulan-bulan persiapan

Kemenangan Desa Wisata Arborek dalam lomba desa bersih di Papua Barat merupakan hasil dari persiapan berbulan-bulan.

Desa Wisata Arbork, Resimen Raja Ampute, Papua Barat, Selasa (26/10/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhan Desa Wisata Arbork, Resimen Raja Ampute, Papua Barat, Selasa (26/10/2021).

“Arbor berhasil karena ketika kami menyuruh mereka membersihkan, orang-orang mengikuti dan membersihkan. Pulau Arbor Ronald meliputi 7 hektar tanah, dan pembersihan akan berlangsung selama tiga bulan.

Ia menambahkan, konsep pembukaan Kampung Arbor adalah tiga kali dalam seminggu. Hal ini untuk memberikan kesempatan bagi warga untuk mencari nafkah.

Baca lebih lajut

Keesokan harinya, para penghuni membersihkan diri dan bebas melakukan lebih dari sekadar melanjutkan hidup mereka. Misalnya, mencari nutrisi atau mengurus kebutuhan keluarga.

“Keesokan harinya baru bersih-bersih lagi. Sebulan terakhir sebelum lomba, kita selalu bersih-bersih sepanjang minggu. Kecuali ada keperluan keluarga,” lanjut Ronald.

Lihat juga Desa Wisata Arborek, Papua Barat

Menurutnya, sulitnya mengajak warga Arborek untuk membersihkan kampung tercermin dari lingkungan kampung secara keseluruhan, termasuk kebersihan setiap rumah dan toilet.

“Saat lomba, kebersihan terlihat di toilet, dan setiap rumah diperiksa. Mereka memeriksa tata letak rumah, warna rumah, dan kondisi dapur.

Dapatkan pembaruan Berita Pemilu Dan Berita Terbaru Harian Kompas.com. Join team Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, Kemudian bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Sumber artikel : https://travel.kompas.com/read/2021/11/09/111100127/perjalanan-desa-wisata-arborek-jadi-desa-terbersih-di-papua-barat

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.