Konsep Digital Marketing Beserta Penjelasan Paling Lengkap
Beranda » Bisnis » Konsep Digital Marketing Mengalahkan Pemasaran Konvensional

Konsep Digital Marketing – Pernahkah Anda melihat sebuah brand atau produk perusahaan melakukan campaign digital atau kampanye online? Mungkin Anda juga pernah bahkan sering melihat website dan social media perusahaan.

Konsep Digital Marketing
Konsep Digital Marketing

Beberapa waktu terakhir, semua hal tersebut begitu mudah ditemukan. Hal ini menunjukkan jika perusahaan atau badan bisnis sudah mulai beralih dari pemasaran konvensional ke digital marketing.

Seiring dengan perkembangan teknologi, tren dalam dunia bisnis memang semakin beragam, dan salah satu trend yang sedang booming saat ini adalah digital marketing.

Dalam waktu bersamaan, trend pemasaran secara konvensional semakin memudar bahkan mungkin mulai tidak dilirik lagi karena sudah ada konsep digital marketing.

Baca juga: 4 Tips Memilih Jasa Digital Marketing Terbaik Profesional dan Terpercaya Dijamin Laris Manis

Apa Itu Digital Marketing?

Mungkin beberapa diantara Anda masih penasaran mengapa digital marketing saat ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan atau pebisnis, apakah konsep digital marketing sebegitu menariknya?Sebelum membahas lebih lanjut, sebelumnya Anda harus tahu apa itu digital marketing.

Digital marketing adalah suatu kegiatan promosi atau pemasaran brand atau produk melalui media digital atau internet. Tujuannya ialah untuk menarik konsumen ataupun calon konsumen secara cepat.

Seperti yang Anda ketahui, jika saat ini perangkat digital dan internet sudah bisa diakses oleh sebagian bahkan semua orang di seluruh penjuru dunia.

Istilah digital marketing memang baru ramai seiring dengan kian banyaknya pemakaian internet. Tapi rupanya teknologi digital telah mulai digunakan semenjak tahun 1910.

Pada waktu itu ada sebuah stasiun radio yang menyiarkan secara langsung pertunjukan opera dari gedung Metropolitan Opera di New York dan bisa didengarkan oleh orang-orang di sebagian lokasi yang berbeda di New York memakai earphone.

Perkembangan komputer dan berikutnya kelahiran dunia online memperluas pengertian digital marketing dan konsep digital marketing.

Digital marketing yang ditenagai internet menjadi kian bertaring dalam menjangkau milyaran orang dengan tarif yang lebih rendah dari sebelumnya.

Berbeda dengan sebelum adanya dunia maya, kegiatan digital marketing sekarang tak lagi bersifat satu arah berkat adanya konsep digital marketing.

Sehingga bukan hal yang aneh jika kegiatan pemasaran menggunakan media ini bisa memberikan hasil yang lebih baik bagi perusahaan.

Akibat dari kesadaran ini adalah, banyak perusahaan yang bersaing dalam membuat konten yang menarik di dunia pemasaran. Konten tersebut nantinya bisa dipresentasikan atau ditampilkan dalam beberapa media, seperti:

  • Iklan di televisi dan radio
  • Iklan di social media, seperti Facebook, Instagram, YouTube dan lainnya
  • Billboard elektronik atau video tron
  • SEO
  • Mobile marketing
  • Email marketing dan lain sebagainya.

Kelebihan Digital Marketing

Menjawab pertanyaan Anda tadi terkait konsep digital marketing, ya metode pemasaran ini memang mengusung konsep yang begitu menarik.

Secara umum digital marketing merupakan metode pemasaran yang jauh lebih praktis dan efektif.

Selain itu ada beberapa kelebihan lain dari digital marketing, seperti:

Kecepatan Penyebaran

Dengan koneksi internet yang baik, penyebaran promo atau iklan dari brand atau produk Anda bisa dilakukan sangat cepat.

Hanya dalam hitungan detik, iklan yang Anda tampilkan sudah bisa disaksikan oleh jutaan orang dari seluruh penjuru dunia. Menariknya, iklan melalui digital marketing juga bisa diukur secara realtime dan pastinya tepat.

Kemudahan Evaluasi

Karena media yang digunakan selalu online, hasil dari pemasaran tersebut bisa langsung diketahui. Informasi seperti berapa banyak orang yang melihat produk Anda, berapa lama produk Anda ditonton, berapa persen konversi penjualan dari setiap penerbitan iklan dan lain sebagainya bisa dievaluasi dengan mudah.

Evaluasi dari hasil iklan ini bertujuan untuk mengetahui iklan manakah yang baik dan buruk. Dengan begitu Anda bisa melakukan perbaikan pada periode selanjutnya.

Jangkauan Lebih Luas

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jika jangkauan pasar dari digital marketing bisa ke seluruh penjuru dunia. Disini Anda juga bisa mengatur target calon konsumen yang diinginkan, seperti usia, jenis kelamin, alamat dan lain sebagainya.

Anda bisa baca referensi menarik terkait masalah ini yaitu dengan cara membuat website toko online.

Dengan konsep digital marketing yang begitu menarik, tak heran jika metode ini sangat digemari oleh para pebisnis besar ataupun kecil. Sehingga produk dan jasa akan semakin mudah diketahui orang banyak dan pada akhirnya banyak pelanggan.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang mungkin baru mau mulai ekspansi ke dunia bisnis online.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda*

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.