Kisi-kisi Digital Marketing Bagi New Enterprise - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Kisi-kisi Digital Marketing Bagi New Enterprise
Pelatihan Pemasaran Digital untuk Pengusaha Muda
Tidak semua perdagangan yang terjadi saat ini bisa lepas dari dunia digital, terutama kegiatan marketing atau pemasarannya. Proses pemasaran yang efektif akan berdampak positif bagi pertumbuhan perusahaan.

Mengapa Anda membutuhkan pemasaran digital? Karena perilaku konsumen telah berubah. Munculnya teknologi internet telah secara dramatis mengubah perilaku konsumen.

Dengan demikian, perusahaan yang berhasil menerapkan strategi pemasaran digital untuk memberikan kepuasan pelanggan yang lebih besar memiliki keunggulan tersendiri di pasar dibandingkan dengan sistem pemasaran tradisional.

Dalam bukunya, Dave Chaffey dan PR Smith membahas beberapa isu penting dalam digital marketing.

Berikut 6 langkah yang bisa Anda lakukan untuk memulai proses pengembangan model digital marketing.

Analisis kondisi

Langkah ini merupakan langkah awal terpenting yang perlu dilakukan sebelum digital marketing, yakni menganalisis situasi.

Pemilik bisnis dapat menilai di mana bisnis mereka berbasis di industri. Apakah masih di level entry atau di level yang lebih tinggi (dewasa)?

Tugas utama di bagian ini adalah memeriksa diri sendiri dan memotret posisi pasar. Dari hasil tersebut diterapkan pada langkah selanjutnya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Di sini juga, penting untuk mengevaluasi aspek kapasitas dan sumber daya internal, dengan mempertimbangkan kecepatan, pelayaran, dan target.

Tujuan

Setelah memeriksa situasi saat ini dengan membuat beberapa klasifikasi dari data dan informasi yang tersedia. Langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan atau hasil dari strategi digital marketing.

Saluran pemasaran digital biasanya dipilih atau dioperasikan berdasarkan tujuan yang ingin dicapai setiap saat. Misalnya untuk pemasaran atau untuk dijual.

Keduanya memiliki teknik pemasaran yang berbeda. Meskipun tujuan akhirnya adalah untuk mencapai penjualan. Namun, dengan alat atau saluran yang tepat, semuanya akan lebih mudah diakses.

Strategi

Metode yang dijelaskan disini adalah metode melakukan komunikasi pemasaran dengan menggunakan digital. Langkah ini dapat ditingkatkan ketika platform digital didefinisikan sebagai tujuan, sasaran, dan kemudahan penggunaannya. Misalnya website atau media sosial.

Jika Anda menggunakan situs web, strategi konten juga harus relevan. Karena ada platform berbasis web dengan tujuan berbeda. Beberapa di antaranya berfungsi sebagai media informasi dan beberapa digunakan oleh toko online.

Selain itu, ketika menggunakan media sosial seperti Instagram, prospek harus mengingat produk dengan baik, strategi distribusi, target yang tepat, dan posisi produk yang tepat.

Selain media yang disebutkan di atas, Anda juga bisa menggunakan media lain seperti email, broadcast, dan live massage.

Strategi

Strategi yang digunakan dalam pemasaran digital juga dapat mempengaruhi hasil. Di sini kita berbicara tentang bagaimana pemasaran dapat dicapai dengan cara yang strategis.

Strategi pemasaran lebih realistis daripada strategi. Strategi pemasaran fokus pada pengintegrasian nilai dan metode komunikasi untuk menjangkau pengguna.

Di sini Anda dapat menggunakan bauran pemasaran elektronik dan bauran komunikasi untuk menyampaikan nilai sebagai kekuatan pendorong bagi pelanggan untuk mengambil keputusan.

Foto bersama dengan Tim Digital Marketing Training

Tindakan

Setelah semua konsep dan rencana pemasaran digital telah dikembangkan selengkap mungkin. Kemudian segera langkah selanjutnya. Artinya, melaksanakan semua sumber daya yang ada secara tertib, terpadu dan kolaboratif.

Pemilik bisnis harus menetapkan struktur yang jelas dan menetapkan tugas dan tanggung jawab kepada PIC, deskripsi pekerjaan, dan KPI (indikator kinerja utama).

Dan jangan lupa untuk menggunakan sumber daya dan keterampilan internal organisasi untuk memaksimalkan potensi pemasaran Anda.

Kontrol

Kontrol dapat diterjemahkan sebagai tindakan Bagaimana kita mengontrol kinerja? Artinya, pengusaha dapat memantau semua kegiatan pemasaran digital sesuai rencana.

Kegiatan monitoring juga dapat dilakukan untuk memastikan seluruh sistem digital bekerja secara efisien dan efektif.

Selain itu, kecepatan platform digital yang digunakan memastikan bahwa ia menangkap beberapa informasi penting terkait profil pelanggan dan tingkat kepuasan.

Pemantauan menjadi penting karena terkait dengan perbaikan di masa mendatang. Perbaikan sistem tentunya akan terus dilakukan untuk tujuan pemasaran jangka panjang.

Nah, itulah beberapa tips atau informasi tentang digital marketing bagi perusahaan baru yang ingin mengembangkan pemasaran online. Kami berharap ada manfaat.

Akhirnya, izinkan saya mengutip kutipan dari seorang profesional bisnis terkenal di dunia. “Jika bisnis Anda tidak online, bisnis Anda akan gulung tikar.”

Sumber : https://retizen.Digitren/posts/20482/kisi-kisi-digital-marketing-bagi-new-enterprise

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.