Beranda » News » Business » Kilang Minyak Cilacap Kebakaran Bertepatan Hari Jadi Kilang Pertamina Internasional

Jakarta – Kilang Minyak di Cilacap terbakar api lagi. Tangki filter Pertamina RU IV di Cilacap, Jawa Tengah, terbakar pada pukul 19.15 WIB. Salah satu tank yang terbakar adalah 36T102.

Kilang Minyak Cilacap Kebakaran Bertepatan Hari Jadi Kilang Pertamina Internasional

Kebakaran Kilang Minyak Cilacap (Foto: Istimewa) okezone

Kilang minyak Cilacap di Jawa Tengah terbakar bertepatan dengan perayaan tahunan PT Pertamina International Refinery (KPI). Perusahaan sub-holding ini bertanggung jawab atas persiapan minyak untuk produk minyak bumi dan petrokimia, serta untuk persiapan kilang minyak untuk proyek yang sedang berlangsung.

Menurut informasi di media sosial perusahaan, Partamina International merayakan tahun ke-4.

Baca juga: Temui Shiba Inu, Beda dengan Dogecoin hingga Tips Investasi Uang Kripto

Pemerintah menulis di Instagram (Sabtu, 13/11/2021) bahwa PT KPI menegaskan kembali komitmennya untuk terus memberikan energi dan manfaat bagi negara.

Proses pengolahan Partamina didukung oleh enam filter yaitu RU V II Dumai, RU III Plaju, RU IV Cilacap, RU V Balikpapan, RU VI Balongan, dan RU VII Kasim dengan total kapasitas pengolahan 1.031 MBOPD atau 90 persen dari kapasitas komposit di Lokasi Indonesia.

Tank 36T102 merupakan salah satu tank yang terbakar di RU IV Cilacap. Penyebab kebakaran masih belum diketahui.

“Penyebab kebakaran belum diketahui. Petir ekstrem menyambar saat badai,” kata Presiden PT Pertamina (Persero) Basuki Tajaja Ernama alias Ahok, di MNC Port Indonesia.

Saat ini sedang dilakukan upaya pemadaman kebakaran di area sekitar tangki 36T102 dan mobil pemadam kebakaran dan tangki air.

Baca juga: Wall Street Menguat Ditopang Saham Teknologi

Penyiapan offensive fire fighting, lalu nyalakan water sprinkle dan dinginkan tangki di sekitarnya.

Berdasarkan laporan tim di lapangan, lanjut Ahok, saat kejadian, tangki 36T102 berisi pertalite 15,9 meter, tangki 15,9 meter dan maksimum 20 meter atau 31.000 KL dan maksimum 39.000 KL.


Tank 36T102 merupakan salah satu tank yang terbakar di RU IV Cilacap. Penyebab kebakaran masih belum diketahui.

“Penyebab kebakaran sementara belum bisa dipastikan. Hujan deras diikuti petir,” kata Presiden Direktur PT Pertamina (Persero) Basuki Tajaja Purnama alias Ahok.

Saat ini sedang dilakukan tindakan untuk memadamkan api di kapal tanker 36T102 dan untuk mencegah truk pemadam kebakaran dan tangki air.

Siapkan api ofensif, lalu nyalakan pemanas air dan dinginkan tangki di sekitarnya.

Berdasarkan laporan tim di lapangan, lanjut Ahok, saat kejadian, tangki tersebut memiliki ukuran tangki 36 T 102 15,9 meter dan maksimal 20 meter atau 31.000 KL dan maksimal 39.000 KL.

Sumber : economy.okezone.com

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.