Keutamaan Menyembunyikan Sedekah: Ada Lima Pengertian - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Keutamaan Menyembunyikan Sedekah: Ada Lima Pengertian

[

Sedekah dengan sembunyi-sembunyi lebih menyelamatkan hati manusia.

Digitren, JAKARTA – Allah Taala berfirman,

ا الصدقت اه ا ا الفقراء لك

“Jika kalian ingin sedekah-sedekah (kalian), itu adalah baik sekali, dan jika kalian menyembunyikan sedekah “Itu baru kami sadari saat itu.” (QS. Al-Baqarah) [2]: 271).

Dalam menyembunyikan sedekah yang terkandung dalam lima pengertian. Pertama, sedekah dengan sembunyi-sembunyi lebih kuat dalam tertutupnya tirai si penerima.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari teraming Anda, nikmati tirai harga, tersingkaplah keadaan dirinya yang membutuhkan, serta keluarlah dari keadaan menjaga kehormatan diri dan dari penjagaan tercin yang pelakunya dikira orang kaya oleh orang bodoh karena kengganan.

Kedua, sedekah dengan sembunyi-sembunyi lebih menyelamatkan hati manusia dan lidah mereka. Bisa jadi ada orang yang mendengki atau mengingkari bahwa si fulan pantas menerimanya dan mereka mengira si fulan menerima menganggap menganggap si fulan kaya.

Dengki, buruk sangka, dan gibah adalah termasuk dalam dosa-dosa besar, dan menjaga mereka dari dosa-dosa ini adalah lebih utama. Ayyub as-Sakhtiyani berkata, “Aku sungguh-sungguh meninggalkan pemakaian baju baru karena takut tetanggaku menjadi dengki.” Yang lain berkata, “Aku juga begitu karena takut saudara-saudaraku berujar, ‘Dari mana ia mendapatkan itu.”

sumber: Saripati Ihya Ulumuddin Imam Al-Ghazali Disarikan Syaikh Jamaluddin al-Qasimi

Sumber artikel : https://www.republika.co.id/berita/r5w39u366/keutamaan-menyembunyikan-sedekah-ada-lima-pengertian

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.