15 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Ketahui Penyebab Kelenjar Getah Bening dan Cara Mengobatinya

Digitren.id – Setiap tubuh manusia memiliki antibodi yang bekerja untuk melindungi tubuh dari segala inveksi, virus dan zat yang berbahaya dari tubuh. Salah satunya adalah kelenjar getah bening yang berperan. Makanya perlu kita ketahui beberapa penyebab kelenjar getah bening saat mengalami gangguan.

Seperti yang kita ketahui peran kelenjar getah bening dalam tubuh cukup penting. Karena setiap tubuh sangat membutuhkan antibodi dari segala serangan virus, infeksi, dll. Yang bisa membahayakan tubuh jika tidak diperhatikan dengan menjaga kesehatan dan sistem imun.

penyebab kelenjar getah bening

penyebab kelenjar getah bening

Karena kelenjar getah bening ini yang memproduksi sel darah putih saat tubuh mengalami gangguan. Sel darah putih inilah yang berperan melindungi tubuh kita atau sebagai antibodi tubuh kita. Ketika terjadi gangguan maka produksi sel darah putih akan meningkat.

Hal itulah yang terkadang menjadi awal mula penyebab kelenjar getah bening mengalami gangguan. Sebenarnya secara normal nya kelenjar getah bening akan membengkak karena memproduksi sel darah putih yang banyak. Lalu ketika tubuh sudah normal kembali maka benjolan akan hilang sendiri.

Biasanya ini terjadi saat tubuh terserang flu, bisa juga karena infeksi ringan di telinga, kulit, tenggorokan dan infeksi ringan lainnya. Kelenjar getah bening pada saat seperti ini menyaring cairan limfatik untuk mencegah bakteri atau virus tersebar ke seluruh tubuh kita.

Tetapi bila ternyata benjolan pada bagian kelenjar getah bening tidak segera menghilang bahkan semakin besar dan sakit maka inilah indikasi penyebab kelenjar getah bening mengalami gangguan. Dan harus bisa segera didiagnosis apa penyebabnya juga cara mengatasinya.

Baca juga: Gejala Kelenjar Getah Bening di Leher

Penyebab Kelenjar Getah Bening Bermasalah

Karena beberapa penyebab kelenjar getah bening mengalami gangguan bisa menjadi benih sel kanker yang membahayakan buat tubuh kita. Ada beberapa penyebab kelenjar getah bening saat mengalami gangguan diantaranya :

  • Yang pertama adalah disebabkan oleh bakteri dan virus yang menyerang ke dalam tubuh kita. Penyebab kelenjar getah bening membengkak dan mengalami gangguan adalah disebabkan oleh bakteri dan virus.

Kelenjar bening terdekat di bagian yang terserang bakteri dan virus akan mengalami pembengkakan karena memproduksi sel darah putih sebagai antibodi. Beberapa virus diantaranya seperti HIV, campak, cacar air, influenza, dll.

  • Penyebab yang kedua adalah bila kita terkena infeksi, bisa juga disebabkan karena luka dari bagian tubuh kita yang terbuka, bisa juga infeksi pada kulit kita, infeksi pada telinga, dll. Ini juga bisa menjadi penyebab kelenjar getah bening bekerja ekstra.

Apalagi infeksi yang sampai parah, sampai mengeluarkan nanah. Yang mana nanah tersebut menunjukkan sel darah putih kita yang mati karena kalah dengan infeksi yang menyerang pada tubuh kita.

  • Bisa juga penyebab kelenjar getah bening mengalami gangguan karena beberapa faktor obat-obatan. Ada beberapa obat-obatan yang bila dikonsumsi menjadi penyebab kelenjar getah bening membengkak. Contohnya seperti obat malaria, obat dilantin, dll.
  • Bisa juga disebabkan karena penyakit autoimun yang dialami tubuh. Seperti contohnya penyakit rematik yaitu sistem kekebalan tubuh yang menyerang tubuh kita sendiri khususnya di bangian persendian.

Atau ada juga penyakit lupus, yaitu kondisi dimana tubuh kita memproduksi antibodi yang berlebihan yang justru menyerang sel-sel pada organ tubuh kita. Ada juga sarcodiosis yaitu pertumbuhan sel radang pada tubuh kita yang berlebihan yang bisa menjadi bibit tumor.

Baca juga: Alga Spirulina Adalah Produk Neoalgae Asli Indonesia Pertama

  • Penyebab kelenjar getah bening mengalami gangguan yang terakhir adalah karena kanker. Kanker akan mempengaruhi pertumbuhan antibodi kita terutama kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening membengkak bisa menjadi tanda bahwa kanker dalam tubuh kita ganas.

Atau bisa juga justru dari bengkaknya kelenjar getah bening itulah kanker tumbuh pada tubuh kita. Bila sel kanker tumbuh pada kelenjar getah bening ini bisa sebagai pertanda bahwa sel kanker telah menyebar pada tubuh kita dan harus segera ditangani.

Itulah beberapa penyebab kelenjar getah bening mengalami masalah atau gangguan. Dari semua penyebab masalah pada kelenjar getah bening tersebut yang paling urgent untuk segera di tangani adalah bila disebabkan oleh kanker.

Penanganan Pertama Pada Kelenjar Getah Bening yang Bermasalah

Secara umum bila tubuh kita sedang terganggu terutama bagian kelenjar getah beningnya, maka akan ada tonjolan pada bagian kelenjar getah bening. Bila memang disebabkan infeksi biasa sebenarnya ini normal, hanya perlu beristirahat yang cukup nanti akan kempes sendiri.

Beda halnya bila bagian tonjolan kelenjar getah bening mengalami pembengkakan selama beberapa minggu. Dan tonjolan tersebut tidak segera hilang bahkan semakin besar dan terasa nyeri. Maka bila hal ini terjadi perlu di kenali lebih lanjut apakah serius atau masih tahap normal.

Jika masih tahap normal kita bisa melakukan perawatan pertama pada penyebab kelenjar getah bening yang bermasalah. Diantaranya kita bisa mengompres bagian tonjolan dengan handuk yang telah di celupkan pada air hangat, atau bisa juga dengan cool kompres.

Seperti namanya cool kompres adalah kompres dengan media air dingin sehingga tidak menyebabkan iritasi kulit. Selain itu kita bisa memperbanyak istirahat untuk mengembalikan kondisi tubuh agar normal kembali dan daya tahan tubuh meningkat.

Selain itu kita bisa membantu kinerja kelenjar getah bening dengan cara mengkonsumsi antibiotik. Sehingga bisa meringankan kinerja kelenjar getah bening. Bila memang perlu kita juga bisa mengkonsumsi obat anti nyeri. Untuk meredam rasa nyeri di bagian tonjolan.

Baca juga: Cara Mengatasi Migrain Dengan Cepat dan Aman Tanpa Efek Samping

Gejala dan Penanganan Kelenjar Getah Bening

Beberapa gejala yang timbul saat kelenjar getah bening kita bermasalah, yang mana perlu untuk segera diperiksakan ke dokter agar bisa di diagnosa lebih dini. Gejala-gejala tersebut diantaranya :

  1. Ada tonjolan di bagian kelenjar getah bening yang bisa diraba, bisa di bagian leher, ketiak atau bagaian otot selangkangan kita.
  2. Tonjolan tersebut tidak mengecil dalam beberapa minggu, bahkan membesar dan terasa semakin sakit.
  3. Kita mengalami gangguan pernafasan.
  4. Di waktu malam hari tiba tubuh kita berkeringat.
  5. Mengalami penurunan berat badan secara drastis meskipun tidak sedang diet.
  6. Kehilangan rasa di bagian sekitar tonjolan kelenjar getah bening.

Bila tubuh kita mengalami hal tersebut maka segera diperiksakan ke dokter, agar bisa segera diketahui penyebabnya. Takutnya tonjolan tersebut sebagai pertanda bahwa ada bibit kanker atau tumor dalam tubuh kita.

Maka kita oleh dokter akan diperiksa tes darah kita, apakah memang ada sesuatu yang berbahaya dalam tubuh kita. Ini sebagai langkah awal pemeriksaan dan menguatkan dugaan dokter. Bila memang diperlukan maka akan dilakukan scaning untuk mencari pusat infeksi atau bibit kanker.

Langkah terakhir adalah dilakukan biopsi pada kelenjar getah bening. Yaitu mengambil sampel kelenjar getah bening yang ada dalam tubuh kita untuk uji laboratorium. Bila memang dinyatakan ada bibit tumor dan kanker maka akan dilakukan tindakan medis.

Bisa dilakukan dengan cara teraphy, kemoteraphy bahkan sampai dilakukan tindakan operasi, tergantung dari stadium penyakit tersebut. Yang terpenting jangan sepelekan gejala awal masalah pada kelenjar getah bening. Lakukan pemeriksaan sedini mungkin agar segera teratasi.

Baca juga: Wajib Ketahui Cara Mengobati Kelenjar Getah Bening Sesuai Penyebabnya

Demikian tadi artikel dari kami. Semoga bisa bermanfaat dan Terimakasih.

Kelenjar Getah Bening Di Payudara Tuntas Dengan Produk Prima Propolis