Kekuatan Niat | Republika Online - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Kekuatan Niat | Republika Online

[

Ulama fikih menganggap sia-sia amal perbuatan tanpa niat.

digitren.id, Oleh: Prof KH Nasaruddin Umar, Masjid Istiqlal Imam Besar

sesungguhnya niat Disebut juga dengan perbuatan manusia dan perbuatan binatang.

Menurut Ibn Arabi, Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) mengatakan:

`’Innam al-a’mal bi al-niyat (sungguhnya nilai amal ditentukan oleh niat).’ ‘Demikian bunyi hadis mutawatir tersebut. Ini mengingatkan kepada kita, apa pun yang dilakukan diawali niat.

Ulama fikih menganggap sia-sia amal perbuatan tanpa niat. Karena itu, Imam Syafii, pendiri Mazhab Syafii yang dianut di Asia Tenggara, mewajibkan adanya niat untuk berbuat jika perbuatan sebagai ibadah.

Niat sebenarnya adalah konsep matang dari dalam diri tentang perbuatan yang dilakukan. Dalam bahasa manajemen, niat disepadankan dengan programmingatau perencanaan yang baik.

Tanpa perencanaan, sulit mengharapkan hasil yang baik. Dalam hal ini, Anda tidak memerlukan manajer modern, bahkan jika Anda memiliki banyak perangkat lunak pemrograman.

Dalam bahasa agama, niat adalah ciptaan pertamadan implementasinya adalah ciptaan kedua. Seorang muslim ideal menaljakan amal pervuatannya dua kali. Sekali dalam niat atau program dan sekali dalam tindakan.Tuhan pun menginginkannya dua kali.


Sekali dalam konsep, yaitu di Lauh Mahfuzh, dan selanjutnya dalam implementasi. Tidak gugur selembar melainkan tercatat di Lauh Mahfuzh, kata Nabi Muhammad.


Niat yang baik, tulus, dan ikhlas melahirkan energi dahsyat. Seseorang yang bekerja dengan niat ikhlas tidak akan merasa lelah, kecewa, dan frustrasi. Bahkan, mati pun akan tersenyum selama ia mempertahankan niat.


Niat yang baik melahirkan pekerja keras mental dan kinerja yang baik yang merupakan prasyarat masyarakat profesional. Niat yang baik yang dijanjikan keluaran dan hasil yang baik dan besar.

Ini perintah agama dan juga tuntutan hidup. Orang-orang yang memiliki niat luhur dan baik akan mengadopsi kekuatan batin dalam dirinya sendiri sehingga seberat apa pun tugas dan pekerjaan, rasanya lebih mudah.

Sebaliknya, niat buruk dan tidak ikhlas akan menyedot energi dan memancarkan fibrasi negatif sehingga orang lain juga merasakannya. Karena itu, perlu mengingatkan pada diri sendiri, segalanya berangkat dari niat baik.

Ramadhan adalah cara yang sangat istimewa untuk mendapatkan hasil maksimal dari hidup Anda, terutama jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari ulasan dan ulasan Anda. Semoga kita memperoleh berkah besar Ramadhan kali ini.

Sumber artikel : https://www.republika.co.id/berita/r9bvm9313/kekuatan-niat

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.