Kawah Gunung Kelud Berubah Warna, Wisatawan Dilarang Mendekat - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Kawah Gunung Kelud Berubah Warna, Wisatawan Dilarang Mendekat

[

digitren.id – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) diharapkan tetap beroperasi di wilayah Gunung Kelud, Jawa Timur yang saat ini bergerak di bidang produksi gas bumi, Jumat (1/4/2022).

Informasi lebih lanjut terkait fenomena ini dijelaskan oleh Koordinator Mitigasi Gunung Api PVMBG, Kristianto, kepada Kompas.comSabtu (2/4/2022).

“Gas-gas sebate itu selalu ada di kawah, namun konsentrasinya rendah dan info ini untuk mengantisipasi pengunjung agar tidak mendekat ke kawah. Jadi pada saat tidak ada perubahan pun sama saja, potensi gas di kawah selalu diwaspadai,” jelas Kristianto.

Baca juga:

Imbuan tersebut disonpaikan karena sejumlah penilaian mendekati bagian kawah danau Gunung Kelud, yang dianggap indah akibat perubahan warna tersebut.

“Namanya tempat-tempat yang indah, pengunjung senang mendekat, makanya ini disampaikan jika di kawah aktif ada gas-gas tertentu keluar. Apalagi dengan adanya perubahan ini mohon diwaspadai,” jelasnya.

Sampel danau kawah Gunung Kelud harus diteliti lebih lanjut

Diposting oleh Gunung Kelud pada Agustus 2021.digitren.id/M.AGUS FAUZUL HAKIM Diposting oleh Gunung Kelud pada Agustus 2021.

Setelah posting ini, PVMBG dapat mengunduh sampel udara untuk melihat detail kartu.

“Saya ucapkan terima kasih atas visinya pada Maret 2022 untuk AC dan AC. Ini contoh AC di Laboratorium BPPTKG Yogyakarta,” ujar Kristianto.

Unsur-unsur gas terlarut atau kadar unsur lainnya harus dicek secara kuantitatif, guna mengetahui seperti apa kondisi saat ini.

Baca juga:

Sementara itu, dari hasil pemantauan instrumental, Kristianto menyebut bahwa Gunung Kelud belum menunjukkan peningkatan aktivitas. Sehingga wisatawan boleh berkunjung, karena belum ada larangan masuk dari pemerintah setempat.

“Wisatawan masih bisa datang, kan belum ada informasi penutupan dari pemerintah dan pengelolanya, namun dilarang mendekat ke area kawah,” kata Kristianto.

Seperti yang Anda lihat, ada banyak informasi di area ini tentang aktivasi selulit.

Dapatkan pembaruan berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Untuk mengunduh Grup Telegram “Pembaruan Berita Kompas.com”, klik tautan https://t.me/kompascomupdate, kemudian bergabung. Anda juga sudah menginstal aplikasi Telegram di ponsel.

Sumber artikel : https://travel.kompas.com/read/2022/04/02/210500127/kawah-gunung-kelud-berubah-warna-wisatawan-dilarang-mendekat

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.