Jumat Hari Ini Bertambah Kestimewaannya Bertepatan dengan Nisfu Syaban - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Jumat Hari Ini Bertambah Kestimewaannya Bertepatan dengan Nisfu Syaban

[

Nisfu Syaban bertepatan dengan hari Jumat.

digitren.id, JAKARTA – Allah SWT ada Jumat sebagai waktu istimewa dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Jumat kali ini bertambah keistimewannya karen bertepatan dengan malam Nisfu Syaban.

Abu Hurairah, semoga Allah memberkati dia dan memberinya kedamaian, berkata pada hari Jumat, “Wahai sekalian kaum muslimin! Sesungguhnya ada hari ini dan dijadikan oleh Allah sebagai hari raya bagi kalian. Oleh karena itu, hendaklah kalian mandi, dan jangan lupa bersiwak.” (Hr. Thabarani dalam kitab Al-Mujamul-Ausath dan Al-Mu’jamush-Shaghîr, Majma’uz-Zawâ`id 2/388)

Dari Abu Umamah, dari Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) mengatakan: Majma’uz-Zawa id jil.2, hal.177).

Dari Salman Al-Farisi, ia berkata: Nabi bersabda. “Apabila seseorang mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, meminyaki rambut dan jenggotnya, atau memakai minyak wangi yang ada di rumahnya, kemudian berangkat (ke masjid), tanpa memisahkan antara dua orang, dan mengerjakan shalat nafil sebanyak-banyaknya sebelum memutuskan saat imam berkhutbah, maka ia pasti akan diampuni atas dosanya yang terjadi antara Jumat itu dengan Jumat lain (sebelumnya). ” (HR.Bukhori)

Syekh Maulana Muhammad Yusuf Al-Kandahlawi dalam kitabnya Muntakhab Hadits merangkan tentang tanpa memisahkan antara dua orang. Me memisahkan dua orang meliputi duduk di antara dua orang atau menyuruh salah seorang dari keduanya agar pindah ke tempat lain, lalu ia sendiri duduk di tempat itu. Melangkahi bahu di antara dua orang juga bisa dikatakan sebisai memisahkan antara dua orang ‘. (Fathul-Bari vol. 3, hal.43)

Dari Abu Hurairah, ia berkata: Nabi bersabda, “Apabila hari Jumat tiba, para malaikat berdiri di pintu masjid, untuk menjangkau orang-orang yang merupakan satu-satunya dan orang-orang yang ada di dunia. Menemukannya. Kemudian setelahnya , seperti orang yang mengurbankan seekor sapi, lalu seperti orang yang mengurbankan seekor kambing, lalu seperti orang yang mengurbankan seekor ayam, lalu seperti orang yang mengurbankan sebutir telur. khutbah.”(HR Bukhari)

Dari Yazid bin Abu Maryam ra ia berkata: Abayah bin Rifa’ah bin Rafi ‘menyusulku ketika aku berjalan kaki menuju shalat Jumat. Lalu ia berkata: Bergembiralah kamu, karena langkah-langkahmu ini termasuk fi sabilillah. Aku telah mendengarnya oleh Abu Abas berkata: Rasulullah bersabda, “Barang siapa kedua telapak tangan itu terkena debu di jalan Allah, maka kedua telapak kaki itu diharamkan atas api neraka.” (Hr. Tirmidzi, ia berkata: Ini adalah hadits hasan shahih, bab hadits mengenai keutamaan orang yang kedua telapak tangan terkena debu di jalan Allah, no. 1632).

Dari Aus bin Aus Ats-Tsagafi, ia berkata: Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda maka setiap langkahnya ia mendapatkan pahala puasa dan salat malam selama setahun. “




Sumber artikel : https://www.republika.co.id/berita/r8xn9o430/jumat-hari-ini-bertambah-kestimewaannya-bertepatan-dengan-nisfu-syaban

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.