Jelang Liburan Nataru, Hotel Sekitar Jakarta Belum Bisa Dipastikan Bakal Penuh - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Jelang Liburan Nataru, Hotel Sekitar Jakarta Belum Bisa Dipastikan Bakal Penuh

Wartawan Tribunnews.com Isaiah Nursiamsi

Digitren, Jakarta – Menyambut liburan Natal dan Tahun Baru, pemerintah telah memberlakukan sejumlah aturan, seperti mengunjungi tempat wisata untuk melengkapi perayaan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Sutrisno Iwantono, Ketua BPD Perhimpunan Hotel dan Restoran Jakarta (PHRI) mengatakan, persiapan telah dilakukan untuk industri perhotelan Jakarta.

“Aturannya sudah ada. Semua hotel dan restoran sudah tahu, tinggal penerapannya saja,” ujarnya di Jakarta, Selasa (21/12/2021).

Menurut Ewantono, hotel di Jakarta tidak terlalu padat. Dia tidak yakin apakah semua hotel di Nataru akan terisi penuh.

Baca juga: Harga hotel di Jakarta diproyeksikan meningkat selama liburan Natal dan Tahun Baru

“Hotel saya tidak terlalu optimis. Karena hotel kecil seperti bintang satu, bintang dua dan non bintang biasanya bukan untuk wisatawan. Tapi biasanya untuk keperluan bisnis,” tambahnya.

Baca juga: Nikmati keseruan akhir tahun dengan program Hotel Santiago Premier Bintaro Ni Bash 2022

Sementara itu, aktivitas tenaga kerja sangat rendah. Jadi pengunjung hotel kecil dibatasi. Namun, nasib hotel besar seperti bintang tiga, empat, dan lima berbeda.

Baca juga: Biaya karantina Quvidin $ 19 juta untuk hotel mahal sebagai tanggapan atas video viral

“Bintang tiga, empat, lima bisa dibuat. Orang berpenghasilan menengah bosan di rumah, mencari suasana baru di hotel,” tegasnya.

Tapi situasinya tidak terbagi rata. Tidak semua hotel memiliki jumlah pengunjung yang sama. Meski banyak hotel di Jakarta yang penuh, itu bukan karena pengunjung liburan, menurut Ewantono.

Tapi karena menampung orang-orang yang pulang kampung atau mereka yang baru saja bepergian ke luar negeri. Seperti orang yang bepergian untuk bekerja atau untuk pelancong.

“Mereka penuh dengan migran yang kembali. Dan yang ada hanya hotel bintang tiga, empat, dan lima. Ini jumlah migran yang terbatas. Misalnya sekitar 70 hotel,” tegas Ivanto.

Sedangkan menurut Ewantono, hotel kecil tidak termasuk dalam proses pemulangan. Dari hampir 990 hotel di Jakarta, sekitar 70 persennya adalah hotel kecil.

“Tidak ada kegiatan di luar sana karena tidak ada sambungan balik. Karena ada beberapa hotel. Jumlahnya terbatas. Kalau sudah penuh,” tutupnya.


Sumber artikel : https://www.tribunnews.com/travel/2021/12/21/jelang-liburan-nataru-hotel-sekitar-jakarta-belum-bisa-dipastikan-bakal-penuh

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.