13 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Ini Dia Rahasia Mempercepat Windows 10 yang Lemot Terbukti Ampuh

Digitren.id – Tuntutan zaman menjadikan sekarang orang akan berkolaborasi dengan teknologi. Terutama di bidang komunikasi khususnya penggunaan windows. Sekarang ini windows 10 telah banyak digunakan. Makanya saat berjalan lambat kita perlu mempercepat windows 10 kita.

Tidak menutup kemungkinan windows 10 ibarat otak kita juga. Saat telah overload dan banyak beban lainnya maka perlu untuk di percepat, agar kinerjanya bisa lebih maksimal. Tentunya kita tidak mau kan saat sudah fokus bekerja ternyata alat yang kita andalkan berjalan lambat.

mempercepat Windows 10

mempercepat Windows 10

Ini akan membuang waktu dan yang jelas biasanya sangat menurunkan mood yang telah menggebu. Kinerja kita akan cukup terganggu akan hal itu. Proses mengembalikan mood terkadang butuh waktu yang cukup lama untuk bisa pulih kembali.

Sehingga windows 10 yang cepat dan tidak berat saat digunakan merupakan suatu hal yang penting. Baik kita sebagai konten creator, desainer, development, dll yang itu berhubungan dengan windows. Agar bisa mempercepat pekerjaan kita biar bisa lebih maksimal dalam mengerjakan tugas atau kegiatan kerja.

Apalagi zaman sekarang komputer merupakan hal yang mendukung segala sektor. Belum lagi kita diajari adanya wabah Covid 19. Menjadikan pekerjaan tertuntut lebih banyak dilakukan secara online, tentunya melalui laptop atau komputer kita.

Hal yang Membuat Windows 10 Lemot

Windows 10 menjadi lambat karena ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi kinerjanya. Salah satunya adalah kapasitas penyimpanan yang terlalu penuh. Seperti yang telah kita bahas tadi windows seperti kinerja otak kita.

Ketika telah penuh dengan beban maka akan semakin lemot. Penyimpanan memori ini juga perlu kita perhatikan. Sering kita cek secara berkala, terutama penyimpanan local disk C kita perlu di cek apakah penuh dengan cache dll.

Selain karena penyimpanan memori, lemotnya windows 10 bisa juga karena dipengaruhi oleh virus komputer yang menyerang laptop atau PC kita. Virus ini bisa berupa malware, ransomware dll. Penyebaran virus sendiri bisa disebabkan oleh update software, tukar menukar data, dll.

Makanya perlu untuk selalu mendeteksi virus pada Laptop kita agar bisa segera teratasi. Termasuk lagi hal yang mempengaruhi lemotnya windows 10 kita adalah kita belum update software yang terbaru. Karena versi yang kita gunakan telah kadaluarsa biasanya akan membuat lemot.

Itulah beberapa hal yang membuat windows 10 kita lemot dan kurang maksimal. Selain 3 hal tersebut juga ada hal lain yang bisa mempengaruhi kinerja windows kita. Yang jelas perlu kita cek secara berkala agar bisa mendapatkan performa terbaik.

Baca juga: Cara Mempercepat Loading Windows 10 yang Lemot

Cara Mempercepat Windows 10

Ada beberapa hal yang bisa mempercepat windows 10 yang bisa kita lakukan dari hal yang paling sederhana tanpa mengeluarkan biaya sampai hal yang perlu untuk merogoh uang untuk membiayai. Beberapa cara mempercepat windows 10 diantaranya :

  • Untuk cara yang pertama adalah dengan restart komputer,  merestart yaitu mematikan operasi laptop atau PC kita lalu dinyalakan ulang. Hal ini cukup bisa mempercepat windows 10 yang lemot. Karena akan secara otomatis membersihkan cache atau memori yang tidak perlu, termasuk menghentikan sejenak sistem di background yang sedang berjalan. Ini akan membuat sistem pada komputer kita istirahat sejenak, sehingga bisa membantu mempercepat kinerja Windows. Yang sebagai catatan restart dan shut down berbeda, shut down tetap akan menjalankan sistem yang bekerja secara otomatis saat dihidupkan. Makanya lebih tepatnya adalah restart bukan shut down untuk mempercepat windows 10.
  • Salah satu cara yang cukup efektif untuk mempercepat windows 10 adalah menambah memorinya. Agar lebih longgar dan tidak terlalu terbebani oleh penyimpanan. Makanya kita bisa dengan cara mengganti ram laptop atau PC kita. Gunakanlah ram original, adapun pemasangannya bisa dilakukan sendiri atau dibawa ke tempat service.
  • Bila dirasa penambahan kapasitas ram masih belum cukup dan kita masih ada dana lebih maka sekalian laptop kita dipasangkan SSD, memang harganya mahal tapi terbukti meningkatkan respon, booting dan saat mengakses file. SSD / Solid State Drive menggunakan sistem flash memory sehingga sangat teruji. Yang sebagai catatan adalah kita perlu untuk menyesuaikan SSD yang kita beli dengan laptop atau komputer kita. Jangan sampai salah, bila ragu bisa dibawa ke tempat service agar sekalian dicarikan yang cocok dan dipasangkan sekalian.
  • Termasuk cara yang bisa mempercepat windows 10 adalah dengan mematikan beberapa efek yang tidak kita perlukan. Seperti smartphone laptop atau komputer kita pun pastinya ada sistem yang otomatis aktif. Yang bisa kita setting untuk dimatikan atau dinyalakan. Bila memang dirasa tidak perlu maka bisa kita matikan saja. Ini cukup membantu mempercepat kinerja windows kita. Kita bisa setting di bagian personalization, pilih yang perlu saja.
  • Termasuk lagi adalah dengan mematikan program starup yang juga tidak diperlukan. Karena berpengaruh pada booting komputer kita. Karena program bawaan laptop tentunya ada yang otomatis berjalan saat komputer dinyalakan. Bila memang tidak terlalu dibutuhkan mending dimatikan saja. Bisa kita pilih dibagian task manager lalu matikan program yang kurang dibutuhkan. Hitung-hitung untuk mempercepat proses booting.
  • Cara mempercepat windows 10 berikutnya adalah bersih-bersih Chace atau sampah akan selalu ada saat kita mengoperaksikan laptop. Baik dari unduhan, file, foto, dll. Yang mana walaupun kecil tapi lama-lama akan menumpuk juga. Yang akan sangat berpengaruh pada kinerja windows kita.makanya bisa kita manfaatkan sistem disk cleanup. Hal ini bisa dilakukan setidaknya seminggu sekali atau beberapa periode sekali, agar bisa bersih dari sampah.
  • Jangan lupakan juga kita untuk bisa update software terbaru windows 10. Hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi bug yang timbul dari software versi lama, agar performanya meningkat.
  • Selain itu juga perlu kita instal antivirus yang terpercaya untuk mendeteksi virus yang menyerang laptop atau komputer kita. Bahkan antivirus yang memang ampuh membersihkan virus dari laptop atau komputer kita. Karena virus baik berupa malware, spyware dll. Bisa mengganggu pekerjaan yang kita lakukan.

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mempercepat windows 10 kita, agar memiliki performa terbaik. Bisa kita lakukan dengan cara yang paling simpel sampai cara yang perlu mengeluarkan biaya seperti beli RAM atau SSD.

Semua usaha tersebut tentunya agar mendukung pekerjaan yang kita lakukan. Bila sampai mengeluarkan biaya anggap saja sebagai investasi kita untuk mendukung pekerjaan yang kita lakukan. Terutama bagi kita yang sangat membutuhkan pekerjaan cepat menggunakan komputer.

Baca juga: Aplikasi Editing Video Terpopular Di Smartphone

Yang terpenting adalah kita bisa selalu mengecek secara rutin komputer kita, kita lakukan perawatan rutin. Hal yang bisa kita lakukan seperti mengecek malware, defragmenting harddisk, memindai dan melakukan update baru.

Bisa juga dianggarkan khusus untuk dibawa ke service center secara berkala. Baik perawatan hardware maupun software nya. Agar saat kita gunakan selalu dalam keadaan ready dan berjalan lancar tanpa kendala.

Akhirnya produktifitas pekerjaan kita meningkat, kita tidak membuang waktu dan pastinya tidak menurunkan mood saat fokus kita sedang menggebu. Hal inilah yang terpenting dari tujuan mempercepat windows 10.

Demikian tadi artikel ini kami buat. Semoga bisa bermanfaat dan terimakasih.