Beranda » News » Business » Ini Dia Contoh CV Lamaran Kerja Tulis Tangan Terbaru Paling Mudah Diterima

Digitren.id – Sebagian orang masih bingung bagaimana cara membuat CV yang baik dan akurat. Termasuk contoh CV lamaran kerja tulis tangan yang benar. Karena tentu perlu perhatian khusus tidak hanya sekedar copy paste semata.

Contoh CV Lamaran Kerja Tulis Tangan

Contoh CV Lamaran Kerja Tulis Tangan

Curikulum vitae sendiri adalah salah satu dokumen lamaran kerja yang perlu disiapkan saat melamar pekerjaan di perusahaan target. Pencari kerja sering bingung mengapa surat lamaran mereka tidak mendapat tanggapan dari perusahaan padahal mereka sudah memiliki keterampilan dan kemampuan yang diinginkan perusahaan.

Mereka mungkin telah membuat resume CV yang salah. Jadi potensinya tidak dapat secara akurat tercermin dalam resume CV. Makanya perlu banyak mencari referensi contoh CV lamaran kerja tulis tangan yang benar dan tepat dari berbagai sumber.

Sebab CV sendiri merupakan dokumen yang sangat penting dalam dunia kerja. Lamaran kerja dan CV biasanya dibuat dengan mengetik di komputer. Hal ini untuk memastikan kebersihan dan kerapihannya. Tetapi tidak menutup kemungkinan beberapa perusahaan menerima CV tulisan tangan.

Salah satu alasan bukan karena ketinggalan zaman melainkan untuk mengidentifikasi kepribadian calon pelamar pekerjaan dari tulisannya. Jika kita berencana melamar pekerjaan dan salah satu persyaratannya adalah CV tulis tangan maka segera cari contoh CV lamaran kerja tulis tangan yang banyak sebagai pertimbangan.

CV lamaran kerja adalah dokumen yang menjelaskan informasi tentang resume atau informasi latar belakang dan identitas pribadi. CV merupakan bagian penting dalam melamar pekerjaan karena merupakan langkah awal dalam tim HRD untuk memilih pelamar yang sesuai kriteria.

Baca juga: Teknik Membacakan Buku Anak dan Tips Memilih Buku Anak

Kelebihan CV Lamaran Kerja Tulis Tangan

Selain mengetik kita juga dapat menulis CV lamaran kerja dengan tulis tangan. CV tulisan tangan adalah dokumen yang ditulis dalam format folio atau A4 dengan tulisan tangan kita sendiri. Banyak orang berpikir bahwa CV tulisan tangan sudah ketinggalan zaman.

Tidak sepenuhnya salah namun setiap perusahaan memiliki penilaian tersendiri untuk menyeleksi calon karyawan. Salah satu ide bagi perusahaan adalah melalui Cv tulisan tangan yang baik. Ini bisa mengidentifikasi sifat pelamar potensial.

Percaya atau tidak sebagian tim HRD dengan CV tulisan tangan juga bisa melihat seberapa serius pelamar kerja tentang keinginan mereka melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Beberapa kelebihan CV tulisan tangan yang jadi pertimbangan suatu perusahaan :

  • Mengetahui kepribadian pelamar dari tulisan tangan karena dengan syarat CV ditulis dengan tangan menandakan keseriusan si pelamar kerja.
  • Termasuk bisa melihat kejujuran calon pelamar dari tulisan tangan yang elegan dan bersih akan mengesankan HRD
  • Bisa juga untuk mengemmbangkan kepercayaan diri bagi pelamar pekerjaan melalui tulisan tangan mereka.

Jadi kalau ada contoh CV lamaran kerja tulis tangan masih banyak beredar menunjukkan bahwa masih banyak perusahaan menerapkan syarat melamar kerja dengan CV tulis tangan. Semua tergantung dari kebijakan tiap perusahaan.

Baca juga: Isi UU Omnibus Law Pdf – Tetap Disahkan Meskipun Ditolak Buruh

Cara Menulis CV Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Benar

Menulis biodata (CV) sebenarnya tidak sulit, namun kita perlu memperhatikan poin-poin berikut untuk menjelaskan identitas kita yang sebenarnya. Dan pembuatan CV yang akurat sebenarnya tidak ada standar praktis untuk membuat struktur atau klasifikasi CV. Namun HRD lebih memilih urutan berikut:

  • Dalam contoh CV lamaran kerja tulis tangan kita juga perlu perbaiki tata letak CV Meskipun tidak ada pedoman baku untuk menerapkan struktur CV. Namun HRD lebih menyukai pengaturan berikut: Informasi pribadi (juga letakkan foto di sebelah kanan informasi pribadi) Riwayat Pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, Pengalaman organisasi pelatihan tambahan (misalnya pelatihan sertifikasi dll.).
  • Jika kita melamar perusahaan yang berbasis di Indonesia HRD biasanya akan meminta kita untuk memasukkan informasi pribadi kita di CV seperti: Nama, Jenis Kelamin, lokasi, Tanggal Lahir, Kewarganegaraan, Agama, Status Perkawinan, tinggi Badan dan Berat Badan Penuh Alamat Telp/HP bahkan email.

Umumnya jika kita melamar ke perusahaan di luar negeri mereka tidak terlalu membutuhkan nama lahir dan agama juga status pernikahan. Yang paling penting adalah memasukkan email dan nomor telepon yang benar. Ini karena tim HRD biasanya akan menghubungi kita melalui ini.

Baca juga: Cara iklan di pinterest untuk optimasi SEO dan bisnis di internet

  • Berhubungan dengan poin diatas jika kita pernah memiliki email alay seperti: akuchayankdia@gmail.com akukeren@yahoo.com dll, segera buat email baru dan lebih baik. Alamat email profesional yang terlihat bagus menggunakan nama Anda secara default. Misalnya jika namany Putri Mayang Sari maka dapat membuat alamat email seperti Putrimayangsari@gmail.com
  • Tidak perlu menulis nama taman kanak-kanak, SD dan SMP tempat kita lulus. Karena tim HRD tidak memperhatikan hal ini dan tidak mempengaruhi hasil seleksi. Menulis TK, SD dan SMP hanya memakan tempat di CV kita.

Jadi yang terbaik adalah memulai daftar pendidikan formal kita dengan SMA / SMK. Selain pendidikan formal kita mungkin memiliki riwayat pendidikan nonformal seperti kursus bahasa Inggris. Yang ini bisa menjadi nilai plus.

  • Bisa juga menuliskan keterampilan kita bagian ini hanya mencantumkan keterampilan yang dapat mendukung pekerjaan yang kita lamar. Kita tidak perlu menyertakan keterampilan yang tidak terkait dengan pekerjaan.

Misalnya jika kita melamar di bidang desain kreatif kita tidak perlu menulis di CV bahwa kita memiliki keterampilan berenang yang baik. Dan keterampilan yang ditulis tersebut kita memang memiliki keterampilan ini.

  • Pada bagian pengalaman kerja ada banyak hal yang perlu ada di bagian pengalaman kerja di CV kita. Diantaranya: nama perusahaan, lamanya bekerja dan jabatan yang pernah dijalani selama dulu bekerja.
  • Bila memang perlu bisa menuliskan pengalaman organisasi sebenarnya sama dengan menulis pengalaman kerja. Untuk organisasi ini lebih fokus pada pengalaman organisasi yang dapat mendukung pekerjaan yang kita lamar.
  • Yang menjadi perhatian juga adalah desain CV kita karena Tim HRD memiliki setumpuk CV dengan materi yang hampir sama. Secarik kertas berisi sebaris kalimat tentang kisah hidup seseorang.

Tentu saja jika CV kita muncul dalam format yang berbeda akan membuat perekrut atau staf tertarik untuk melihatnya. Kita dapat menemukan contoh CV lamaran kerja tulis tangan kreatif di Internet agar sesuai dengan kebutuhan kita.

Baca juga: Cara Membuat Website Gratis di Internet Melalui WordPress

  • Membuat CV yang menarik tidak hanya desain yang bagus tetapi juga bahasa yang kita gunakan. Gunakan tanda baca yang benar dan kombinasi kata yang singkat namun jelas. Penting untuk diingat bahwa pemberi kerja ingin membaca lebih cepat dan padat.

Karena sering ada banyak CV perekrutan yang diterima oleh HRD. Maka kita perlu memastikan pengalaman kerja kita mudah dipahami bahkan jika kita meninjaunya dengan cepat.

  • Tidak hanya desain yang bagus tetapi juga bahasa yang kita gunakan berdampak besar dalam membuat resume (CV) yang terlihat bagus. Gunakan kombinasi tanda baca yang benar dan kata-kata yang singkat namun jelas.

Penting untuk diingat bahwa HRD banyak membaca resume kita dengan cepat dan tidak berulang karena HRD menerima banyak daftar CV yang banyak. Maka CV harus dibuat dengan cara yang mudah dibaca dan dipahami.

  • Poin terpenting adalah kejujuran karena tidak ada gunanya memanipulasi CV kita agar terlihat lebih bagus. Cepat atau lambat semua kebohongan di resume (CV) pasti akan tertangkap oleh HRD.

Daripada mempermalukan diri sendiri lebih baik tidak memanipulasi data. Jujurlah dengan keterampilan kita dan apa yang memang kita miliki. Jika kita merasa bahwa keterampilan kita tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan pelamar maka kembalilah dan belajar lagi.

Satu-satunya cara untuk mengubah isi resume kita adalah dengan belajar dan terus belajar. Kejujuran merupakan salah satu syarat bagi calon yang potensial sekalipun tidak tercantum dalam syarat pelamar.

Itulah format contoh CV lamaran kerja tulis tangan yang benar. Yang jelas asalkan kita berikan yang terbaik saat membuat CV, surat lamaran kerja, maupun syarat lainnya dalam perusahaan yang kita lamar. Sehingga impian kita bekerja di suatu perusahaan lebih mudah diterima

Demikian tadi informasi tentang contoh CV lamaran kerja tulis tangan. Semoga bisa bermanfaat. Terimakasih.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda*

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.