Imam Teringat Belum Mandi Junub, Apakah Sholat Para Jamaahnya Batal?    - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Imam Teringat Belum Mandi Junub, Apakah Sholat Para Jamaahnya Batal?   

[

Imam yang masih dalam kondisi junub wajib mengulang sholatnya

digitren.id, JAKARTA – Darul Ifta Mesir atau otoritas utama Mesir tentang fatwa agama Islam baru-baru kini tersedia di Facebook.

Si penanya mengatakan bahwa ketika menjadi imam sholat Baru ingat bahwa dia dalam keadaan junub, lalu batalkah sholat dari jamaahnya?

Sekretaris Fatwa di Darul Ifta Mesir, Syekh Muhammad Wissam menjelaskan, sholat dari jamaahnya sah. Sedangkan shalatnya imam tidak sah.

Sholat jamaah sah, tapi sholatnya tidak sah, maka sang imam wajib mengqadha sholatnya, tapi sholat berjamaah itu sah, ujar Syekh Wissam seperti dikutip dari laman masrawy, Jumat (25/2/2022).

Sebelumnya, Imam Besar Al Azhar Syekh Ahmed Al Tayeb juga telah mengeluarkan fatwa tentang huk orang yang lupa mandi dari najis, dan sholat tanpa mengetahui bahwa dia junub.

Menurut Syekh Ahmed Al Tayeb, jika Anda ingin menyingkirkan sedan sholat dan kemudian ingat masih dalam keadaan tidak suci, maka Anda harus pergi ke masjid dan meminta semua sholatnya yang dilaksanakan pada saat hadats (keadaan tidak suci) , baik itu hadats kecil maupun besar.

Syekh Ahmed Al Tayeb menjelaskan bahwa hal itu dijelaskan dalam Kitab al-Mudawwanah al-Kubra Imam Malik Bin Anas. Dijelaskan bahwa ada seseorang yang bertanya kepada Imam Malik tentang seorang pria yang berada dalam keadaan najis dan tidak mengetahuinya sampai dia pergi ke pasar dan melihat najis di pakainnya, dan dia telah sholat sebelum itu.

Maka, Imam Malik, dia harus meninggalkan tempat, mencuci pakaiannya, melakukan sholatnya lagi, baru pergi melaksanakan keinginannya lagi.

Karena itu, dalam konteks pertanyaan di atas, si penanya harus berulang-ulang sholatnya setelah mandi besar dan cuci pakaian dari najis.

n / Muhyiddin

Sumber artikel : https://www.republika.co.id/berita/r7wsma320/imam-teringat-belum-mandi-junub-apakah-sholat-para-jamaahnya-batal

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.