Beranda » Otomotif » Daftar Harga Mobil Dump Truck Berbagai Merk Terkenal Terbaru Paling Lengkap

Digitren.id – Bagi Anda para pengusaha di bidang pertambangan dan konsutruksi, tentu tidak asing lagi dengan salah satu jenis alat berat yang bernama Dump Truck. Lalu berapa kisaran harga mobil dump truck yang memiliki kemampuannya multiguna ini ?

Bagi Anda yang sedang memulai bisnis tersebut dan sedang membutuhkan informasi alat ini mulai dari jenis Dump Truck, ukuran Dump Truck dan harga dump truck, ada baiknya baca ulasan ini sampai tuntas.

Harga Dump Truck Berbagai Merk Terkenal

Dump Truck

Apa itu Mobil Dump Truck?

Mobil Dump truck atau truk jungkit atau truk pembuang adalah salah satu jenis truk dimana muatan atau isinya dapat dikosongkan secara otomatis tanpa penanganan manusia untuk mengosokan material atau muatan tersebut.

Sedangkan fungsi utama dari Dump Truck ini adalah untuk mengangkut berbagai material seperti tanah, pasir, kerikil, hasil tambang untuk dipindahkan dari satu tempat seperti area pertambangan ke area lainnya.

Karena kemampuannya ini, tidak heran, armada ini selalu berseliweran pada setiap aktivitas pertambagan maupun konstruksi. Alat berat ini paling banyak dibutuhkan meski harga mobil Dump Truck ini tidak tergolong murah apalagi untuk yang berukuran jumbo.

Baca juga: Layanan Rental Mobil Jakarta Selatan Stepdant Rent Car

Jenis-jenis dump truck

Para produsen mobil Dump Truck mendesain alat berat disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan. Mereka memproduksi berbagai jenis Dump Truck yang memiliki fungsi yang spesifik juga.

Oleh karena itu, sebelum Anda membeli Dump Truck, Anda harus tentukan dulu harga mobil Dump Truck serta apa saja kebutuhannya? Dump Truck seperti apa yang Anda inginkan. Jangan sampai ketika sudah membeli Dump Truck ternyata fungsinya tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Ada baiknya sebelum membeli, Anda konsultasi dan survey terlebih dahulu untuk mengetahui secara persis fungsinya selain mendapatkan informasi harga mobil Dump Truck.

Ada beberapa jenis dump truck yang dapat kita jumpai di lapangan antara lain:

  1. Rear Dump

Rear Dump Truck sendiri masih dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu rear dan tractor wagon. Jika kita perhatikan dipasaran, tipe rear ini lebih banyak digunakan daripada tipe tractor wagon.

Hal ini dapat dipahami karena secara kekuatan, tipe rear memiliki kekuatasn yang jauh lebih besar dan lebih barik jika dibandingkan dengan tipe tractor wagon.

Yang masih menjadi catatan pada tipe rear ini adalah terkait dengan pemakaiannya dimana pemakaian tipe ini masih sangat dipengaruhi dengan kondisi lapangan dan juga kebutuhan Dump Truck itu sendiri.

Jenis Dump Truck rear ini mampu untuk mengangkut material hingga 250 ton. Dengan kapasitas pengangkutan yang semakin besar tentu harga mobil Dump Truck tersebut akan semakin mahal dibandigkan dengan yang berkapasitas kecil.

Mulai dari material pasir, tanah, batu dan hasil tambang lainnya. Untuk mengurangi potensi kerusakan pada bak truck, biasanya pada bak truck tersebut dilapisi dengan alas baja yang kuat.

Baca juga: Mobil Bekas Seva id Dijual Dengan Harga Terjangkau Dengan Fitur Pilihan Expert

  1. Side Dump

Dalam desain Dump Truck yang menjadi faktor utama dari desain tersebut adalah bagaimana material tersebut akan diangkut dan diturunkan  dari truck. Konsep pengangkutan material inilah yang akhirnya melahirkan desain Dump Truck yang bermacam-macam.

Harga mobil Dump Truck juga salah satunya tergantung dari bagaimana desain konsep pengakutan material tersebut, sehingga bisa menjadi mobil yang multiguna untuk dipakai.

Side Dump Truck adalah Dump Truck yang didesain dengan konsep pengangkutan material dari samping truck. Material yang akan diangkut ke dalam tersebut dimuat lewat samping truk, begitu juga ketika material tersebut akan diturunkan ketika sudah sampai lokasi, ia akan diturunkan lewat samping truk.

Jenis side Dump Truck ini paling banyak digunakan untuk kebutuhan bidang konstruksi, baik konsutruksi jalan maupun gedung.

Dengan desain pengangkutan seperti ini, jenis Dump Truck ini sangat efisien digunakan untuk bidang konstruksi, namun perlu diperhatikan saat pengoperasionalannya terutama saat bongkar muatan.

Saat pembongkaran perlu diperhatikan distribusi material yang di dalam bak agar tidak berakibat fatal, sehingga semuanya bisa berjalan dengan lancar.

  1. Bottom Dump

Berikutnya adalah Dump Truck jenis Bottom Dump Truck. Jenis Dump Truck ini didesain dimana material dapat dibongkar lewat bagian bawah bak. Dengan konsep pengangkutan material seperti ini, bagian bak bawah dapat dibuka dan ditutup dengan mesin hidrolik.

Kelebihan dari desain pengangkutan material seperti ini adalah, material dapat dilakukan pembongkaran meski truk tersebut sedang bergerak. Berapa harga mobil Dump Truck model seperti ini? Nanti akan kita infokan lebih lanjut. Jenis Dump Truck seperti ini pada umumnya untuk mengangkut materil keras seperti tanah, bebatuan, pasir, kerikil dan lain-lain.

  1. On Highway

Jenis Dump Truck berikutnya adalah on highway, dimana tipe Dump Truck ini memiliki roda penggerak dibagian depan yang dikenal dengan four wheel drive.

Versi lain dari jenis Dump Truck on highway memiliki roda penggerak yang posisinya ada di bagian belakang atau yang disebut dengan rear wheel drive. Untuk harga mobil Dump Truck jenis ini relatif sama hanya fungsinya saja yang membedakan keduanya.

  1. Off Highway

Sedangkan tipe Dump Truck yang memiliki tingkat kekokohan yang jauh lebih baik dari Dump Truck on higway adalah Dump Truck off highway.

Jenis Dump Truck ini dapat mengangkut material yang jauh lebih besar daripada Dump Truck on highway. Selain itu off highway juga dapat bermanuver lebih baik.

Karena keunggulan-keunggulan ini, maka harga mobil Dump Truck off highway lebih mahal dibandingkan dengan jenis on highway.

Produsen dump truck

Di Indonesia, ada beberapa merk Dump Truck yang sudah banyak dipakai untuk berbagai operasional di lapangan. Umumnya untuk industri bidang pertambangan, konstruksi dan perkebunan.

Dengan banyaknya pilihan ini, bagi Anda yang akan membeli armada truk ini akan dengan mudah untuk mendapatkan jenis Dump Truck sesuai dengan kebutuhann Anda.

Beberapa merk Dump Truck yang sudah banyak digunakan itu antara lain Hino, Mitsubishi, Isuzu, Scania dan FAW (First Automobile Works).

Hino menjadi merk Dump Truck yang paling banyak digunakan di Indonesia. Selain karena harga Dump Truck Hino yang cukup kompetitif dikelasnya, Hino memiliki pengalaman panjang di Indonesia dan sudah cukup dikenal secara luas oleh masyarakat terutama para pengusaha.

Mitsubishi tidak jauh berbeda dengan Hino yang cukup lama berada di pasar Indonesia. Seperti halnya merk lain, Mitsubishi juga memproduksi berbagai jenis Dump Truck untuk memenuhi kebutuhan pasar di tanah air.

Isuzu menempati posisi berikutnya dari segi popularitas Dump Truck yang digunakan di Indonesia. Scania relatif baru di Indonesia untuk pasar Dump Truck. Sedangkan FAW sama dengan Scania yang masih relatif baru di pasar dump truck di tanah air.

Harga dump truck

Secara jenis dan ukuran, setiap merk Dump Truck tersebut memiliki ukuran di masing-masing kelas dan memiliki kisaran harga Dump Truck yang tidak jauh berbeda untuk masing-masing kelasnya.

Karena itu selain harga, faktor berikutnya yang harus diperhatikan benar-benar oleh para produsen atau distributor Dump Truck adalah layanan purna jual.

Hal ini untuk memastikan bahwa konsumen akan mendapatkan solusi ketika masalah timbul setelah pembelian Dump Truck, dengan kata lain ada tim penanganan khusus perawatan mesin.

Harga Dump Truck sendiri berkisar mulai dari 300 juta hingga 1 M lebih. Rentang harga Dump Truck yang cukup jauh ini ditentukan oleh ukuran Dump Truck serta fitur-fitur tambahan yang ada pada Dump Truck tersebut

Demikian ulasan tentang harga mobil Dump Truck, jika Anda ingin mendapatkan proposal penawaran harga dump truck Hino, Mitsubishi, Isuzu, Scania dan FAW, segera hubungi tim sale jual alat berat dot net.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda*

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.