Beranda » Travel News » Hamtramk, 5 kilometer persegi, kota Muslim pertama di AS


Hamtramk

Kota Hamtramk Tiba-tiba, itu menarik perhatian dunia. Kota multikultural Michigan menjadi kota pertama yang dipimpin Muslim.

Berjalan di Hamtramk Highway terasa seperti tur dunia. Toko sosis Polandia dan toko roti Eropa Timur terletak di sebelah department store Yaman dan toko pakaian Bengali.

Perbedaannya terlihat jelas ketika ada sekitar 30 bahasa berbeda di area seluas lima kilometer persegi.

Suasana itu disorot di kota di bawah slogan “Dunia adalah 2 mil persegi (5 km)”.

Bulan ini, itu membuat sejarah di Midwest dengan populasi 28.000. Hamtramk memilih dewan kota, yang anggotanya Muslim dan walikotanya Muslim. Hamtramk menjadi kota Amerika pertama yang memiliki negara Muslim-Amerika.

Setelah didiskriminasi, mayoritas Muslim di Hamtramk sekarang menjadi setengah dari populasi. Penduduk Muslim juga merupakan bagian integral dari kota multikultural ini.

Saat ini adalah umum untuk melihat jendela toko dihiasi dengan tanda-tanda Arab dan Bengali, pakaian Bangladesh bordir dan pisau cukur melengkung pendek dari Yaman atau Yaman.

Zlatan Sadikovich, seorang pengungsi Bosnia di sebuah kafe di pusat kota, mengatakan: Semuanya milik kita.” Hamtramk

Kota yang dinamis

Terlepas dari tantangan ekonomi dan ketegangan budaya, warga Hamtrank hidup berdampingan dengan latar belakang agama dan budaya yang berbeda.

Kota ini merupakan sumber informasi penting bagi semakin banyak orang Amerika masa depan. Hamtramck juga sangat fleksibel. Suasana di kota berubah.

Ya, Hamtrak tidak selalu memiliki mayoritas Muslim. Kota ini pernah menjadi pemukiman Jerman.

Kota pertama yang dipimpin Muslim di Amerika Serikat, Azan dan lonceng gereja berbunyi bersamaan.Kota pertama yang didominasi Muslim di Amerika Serikat, ‘panggilan untuk sholat dan lonceng gereja berdering’.

Di luar Detroit, Stone Throwing Hamtrank pernah menjadi pusat industri mobil Amerika, yang dioperasikan oleh General Motors Factory di perbatasan dengan Motor City.

Kota ini dikenal sebagai “Warsawa Kecil” ketika imigran Polandia memasuki dunia biru pada abad ke-20.

Kota ini menjadi salah satu perhentian pada tahun 1987 ketika Paus Yohanes Paulus II mengunjungi Amerika Serikat. Pada tahun 1970, 90% dari kota adalah Polandia.

Namun, penurunan produksi mobil di Amerika Serikat telah menurun selama beberapa dekade, dan orang Amerika Polandia yang muda dan kaya pindah ke pinggiran kota.

Perubahan tersebut telah membuat Hamtramk menjadi salah satu kota termiskin di Michigan, tetapi proporsinya menarik para imigran.

Selama 30 tahun terakhir, Hamtramk telah menjelma menjadi pusat pengungsi Arab dan Asia, terutama dari Yaman dan Bangladesh.

Hingga 42% dari populasi perkotaan saat ini lahir di luar negeri. Diyakini bahwa lebih dari setengahnya adalah Muslim.

Struktur pemerintahan yang baru terpilih mencerminkan perubahan demografi di Hamtramck.

Dewan kota akan menerima dua Bengali Amerika, tiga Yaman Amerika dan satu Polandia-Amerika Muslim.

Dengan lebih dari 68% suara, Amer Galib menjadi walikota Amerika pertama Yaman.

“Saya merasa terhormat dan bangga, tetapi saya tahu ini adalah tanggung jawab besar,” kata Gallib, 41.

Lahir di sebuah desa di Yaman, ia pindah ke Amerika Serikat pada usia 17 tahun dan bekerja di pabrik suku cadang mobil plastik di dekat Hamtramk.

Hamtramk adalah kota Muslim pertama di Amerika SerikatKota Amerika pertama yang dipimpin Muslim di Gereja Hamtramk. (Getty Images via BBC)

Dia kemudian belajar bahasa Inggris dan menerima pelatihan medis, sekarang bekerja sebagai profesional kesehatan.

Alih-alih menjadi “melting pot” atau “salad campur”, Hamdaramk dijanjikan akan melelehkan orang dari berbagai negara. Sementara budaya yang berbeda masih hidup berdampingan satu sama lain.

“Orang-orang masih bangga dengan budaya mereka, tetapi jika kita bersatu, kita akan kehilangan perbedaan. Ketika Anda tinggal berdekatan, Anda harus mengatasi perbedaan ini,” kata Jackovsky, 29.

Tapi Hamtramk berkata, “Ini bukan Disneyland.”

“Itu hanya ruang kecil. Dan kami memiliki konflik,” tambahnya.

IKLAN. Pada tahun 2004, perselisihan muncul, dan dengan suara pengeras suara azan.
Beberapa warga berpendapat bahwa bar di sekitar masjid merugikan ekonomi lokal.

Enam tahun lalu, kota Muslim pertama di Amerika Serikat yang memilih pemerintahan mayoritas Muslim dikunjungi oleh jurnalis dari seluruh dunia. Beberapa laporan media pada saat itu menunjukkan bahwa kota itu “di bawah tekanan” oleh masuknya umat Islam.

Presenter TV nasional Majewski bertanya apakah dia takut menjadi walikota. Bahkan, ada spekulasi bahwa dewan kota mayoritas Muslim dapat mengesahkan hukum Syariah.

“Orang-orang di Hamtramk terkejut dengan pembicaraan semacam ini,” kata Majewski.

Hamtrank bersyukur bahwa ini adalah komunitas yang ramah dan merupakan tempat “alami” bagi pendatang baru untuk memilih pengalaman dan bahasa mereka.

Halaman berikutnya >>> Bukti Hamtramck tidak diperlukan





Sumber artikel : https://travel.detik.com/international-destination/d-5817729/hamtramck-dunia-dalam-5-km-persegi-kota-pertama-di-as-yang-dipimpin-muslim

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.