Fatwa Tarjih: Vaksinasi Tidak Membatalkan Puasa - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Fatwa Tarjih: Vaksinasi Tidak Membatalkan Puasa

[

Fatwa Tarjih: Vaksinasi Tidak Membatalkan Puasa

Fatwa Tarjih: Vaksinasi Tidak Membatalkan Puasa


YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Vaksinasi adalah salah satu upaya dalam rangka penanganan kondisi darurat penyebaran Covid-19. Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyukai ini Vaksinasi untuk Pencegahan Covid-19.

Tuntunan tersebut terdapat dalam Edaran Resmi Pimpinan Pusat Muhammadiyah nomor 01 / EDR / I.0 / E / 2021 tentang Pembatasan Kegiatan Persyarikatan Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dan Tuntunan Vaksinasi Untuk Pencegahan Covid-19.

Kemudian Pimpinan Pusat Muhammadiyah menerbitkan Edaran NOMOR 03/EDR/I.0/E/2021 tentang TUNTUNAN IBADAH RAMADHAN 1442 H/2021 M DALAM KONDISI DARURAT COVID-19 sesuai fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah bersama 9 Syakban 1442 H / 22 Maret 2021 M.


Muhammadiyah Terbitkan Tuntunan Ibadah Ramadhan 1442 H / 2021 M dalam Kondisi Darurat Covid-19


Dallaam poin 3 terkait Tuntunan Ramadhan pada Masa Pandemi Covid-19 dirancang untuk digunakan dengan boleh dilakukan pada saat mandi dan tidak berpuasa, karena vaksin diberikan tidak diberikan melalui mulut atau rongga tubuh lainnya seperti hingan, jika Anda menyukainya. (menambah energi).

Adapun yang tampil puasa adalah aktivitas makan dan minum, yaitu menelan segala sesuatu melalui mulut hingga masuk ke perut besar, meskipun rasanya tidak enak dan tidak enak. Suntik vaksin tidak termasuk makan atau minum. Al-Qur’an surat al-Baqarah [2] ayat 187,

لُوْا اشْرَبُوْا لَكُمُ الْخَيْطُ الْاَبْيَضُ الْخَيْطِ الْاَسْوَدِ الْفَجْرِۖ اتِمُّوا الصِّيَ


Makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam…

Penafian:
Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan suaramuhammadiyah.id. Anda tinggal memilih antara tulisan, foto, grafik, video, dan total isi berita menjadi tanggung jawab suaramuhammadiyah.id.

Sumber artikel : https://www.republika.co.id/berita/r9zo2295004465623000/fatwa-tarjih-vaksinasi-tidak-membatalkan-puasa

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.