19 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Es Boba Paling Enak di Dunia – Es Boba Dalgona Jatimulya Bekasi

Digitren.id – Kalau mengamati kilas balik tahun ini dari segi minuman paling favorit, mungkin minuman es boba akan menjadi juaranya. Pasalnya, minuman es boba, es bubble tea atau pearl milk, sudah menjadi minuman yang benar-benar hits dan populer di sepanjang tahun 2020 ini. Nah, dari banyaknya brand minuman es boba yang ada, kalian juga bisa lo, menciptakan minuman boba sendiri di rumah. Untuk resep membuat minuman boba sendiri, sangatlah gampang dan murah, malahan kwalitas rasanya bisa hampir sama dengan minuman boba hits seperti Kokumi, KOI, dan brand lainnya.

Es Boba Dalgona

Es Boba Dalgona

Dibalik rasanya yang lezat, segar, nikmat, sedap dan enak, minuman yang berasal dari Negara Taiwan ini memiliki sensasi yang berbeda dengan minuman yang lainnya. Yakni terdapat bubble atau pearl yang kenyal dan bisa memberikan rasa unik di mulut. Bubble berwarna hitam ini juga rupanya benar-benar gampang, kalau kalian mau membuatnya sendiri.

Pasalnya, minuman es boba tanpa bubble memang terasa kurang komplit. Sehingga, selain tahu resep membuat minuman boba, kalian juga mesti mengetahui resep membuat bubble, yang nikmat dan kenyal. Selain memberikan informasi tentang es boba yang paling enak, Digitren akan mengupas tuntas resep bagaimana cara membuat Boba yang pastinya enak dijadikan campuran es Dalgona.

Asal-usul Terciptanya Minuman Boba

Tapi, sebelum tahu resep membuat minuman es boba beserta bubble-nya, apakah kalian mengetahui bahwa ada sejarah unik dibalik tenarnya minuman es boba ini, khususnya di Indonesia? Pasalnya, bubble tea atau minuman boba milk tea terbukti sudah ada semenjak tahun 1987 loh.

Dihimpun dari website food.detik.com, sejarah minuman boba ini pernah ada dalam tulisan “History of bubble tea: how boba, born of a staff competition in Taiwan, became a global phenomenon”, di South Cina Morning Post.

Dimana tulisan itu berisi seputar tea house pertama yang memberi tahu tentang bubble tea, di Negara Taiwan. Tea house itu bernama Chen Shui Tang, dan didirikan oleh Liu Han-chien, berikut pemilik. Lalu Liu berinovasi dengan metode memasarkan teh berkwalitas, serta mau merubah cara orang menikmati teh.

Di dalam inovasinya itu, Liu menguji dengan cara memasukan milk tea tradisional, yang juga menjadi menu yang diandalkan ke dalam gelas pengocok, ditambah es batu. Tetapi, uji coba itu tidak seketika diterima oleh para pelanggannya, malahan Liu sempat dikira sinting, sebab menawarkan sajian yang aneh. Namun, anak remaja benar-benar menyukainya.

Terutama, menu awal milk tea buatan Liu, tidaklah berisi bubble atau boba tea. Tetapi, di tahu 1987, munculah boba sebagai topping milk tea, dan alhasil populer sampai sekarang ini. Munculnya ide boba di dalam milk tea Liu itu pun tanpa disengaja loh, dimana dikala itu Liu menggelar lomba di antara stafnya, untuk menghasilkan inovasi yang kreatif. Sampai akhirnya minuman boba pun dikasih julukan ‘black pearl’ yang mulanya bernama “fen yuan”.

Resep Membuat Minuman Boba

Sangatlah mudah, cara membuat minuman es boba cuma memakai bahan utama yaitu berupa tepung tapioka, dan pastinya harganya murah meriah. Tak cuma itu, dengan menggunakan resep membuat minuman boba sendiri juga, akan membuatmu lebih puas dalam meracik, sesuai dengan porsi yang diharapkan. Yuk segera intip resep membuat minuman boba ala rumahan, yang gampang dan murah, berikut ini.

1. Cara Membuat Boba ‘Black Pearl’

Bahan:

  • 1/2 cup gula merah
  • 2 cup tepung tapioka
  • 2/3 cup air (untuk adonan)
  • 1 liter air (untuk merebus)

Langkah-langkahnya:

  1. Pertama dalam membuat boba yaitu panaskan air dan gula merah, sampai gula mencair seluruhnya.
  2. Sesudah mendidih, kecilkan api kemudian tuangkan tepung tapioka sedikit demi sedikit.
  3. Aduk sampai rata, kemudian pindahkan adonan ke atas permukaan datar.
  4. Uleni sampai tekstur menjadi lembut dan sedikit lengket.
  5. Potong adonan menjadi 9 komponen.
  6. Kamu bisa segera membentuk adonan bulat-bulat kecil seperti mutiara, kemudian sisihkan dalam mangkok yang telah berisi air dalam panci.
  7. Masak 1 liter air di dalam panci, kemudian masukan boba-boba yang telah di bentuk tadi ke dalamnya sembari diaduk.
  8. Kecilkan api, kemudian masak selama +- 30 menit, sampai seluruh pearl matang.
  9. Kalau tekstur pearl sudah mulai kenyal, matikan api, biarkan selama 15 menit, kemudian saring dan bersihkan dengan air mengalir.

2. Cara serta Resep Membuat Minuman Es Boba “Boba Milk Tea” Original

Bahan (untuk 2 gelas):

  • 2 gelas es batu
  • 2 sdm gula merah
  • 1 gelas air panas
  • 2 kantong teh celup
  • 200 ml susu UHT plain

Langkah-langkahnya:

  1. Seduh teh celup dengan air panas
  2. Masukan gula merah dan aduk sampai larut
  3. Tuang larutan teh ke dalam gelas yang berisi es batu
  4. Tambahkan susu UHT plain
  5. Masukan boba atau black pearl yang sudahtelah jadi (ada di resep sebelumnya)
  6. Boba Milk Tea siap dihidangkan siang-siang.

Sekedar info, Anda juga bisa mengolah minuman es boba milk tea dengan rasa yang bervariasi. Contohnya boba milk tea rasa green tea, rasa kopi, rasa coklat, dan lain-lain. Caranya sangat mudah, tinggal tambahkan penambah rasa di dalam resep minuman boba tadi.

Rekomendasi Minuman Es Boba Paling Hits dan Enak di Sepanjang Tahun 2020

Itulah resep membuat minuman es boba ala rumahan yang gampang dan murah. Rasanya pun tak kalah nikmat dan segar daripada minuman boba yang biasa kalian beli di mall. Tetapi, kalau kalian rindu akan rasa minuman boba yang biasa kamu beli, berikut saran minuman boba paling hits di tahun 2020.

Baca juga: Resep Masakan Ayam Sop Ceker Pepes Tahu Lezat Mudah Dibuat

Es Boba Dalgona
Lokasi: Kp Jati RT 06 RW 07 No. 57 Jl. Bambu Gg. Mandiri Kel. Jatimulya Kec. Tambun Selatan Kab. Bekasi
Harga: Mulai dari Rp9.900 saja. Ini merupakan harga yang paling murah diantara harga yang lain, Anda bisa langsung datang ke lokasi Resto yang dilengkapi dengan WI-FI gratis. Atau kamu bisa order secara online melalui Grab Food atau Go Food, atau kunjungi lokasi es boba terdekat.

Heycha
Lokasi: AKR Tower, PIK Avenue
Harga: Mulai dari Rp15.000

Family Mart
Lokasi: Tersebar dibeberapa minimarket Family Mart
Harga: Mulai dari Rp12.000

Gulu-Gulu
Lokasi: Tersebar di beberapa tempat
Harga: Mulai dari Rp25.000

KOI
Lokasi: Tersebar di beberapa lokasi
Harga: Mulai dari Rp14.000

Chattime
Lokasi: Tersebar di beberapa tempat
Harga: Mulai dari Rp18.000

Ban Ban
Lokasi: Lippo Mall Puri, West Mall Grand Indonesia
Harga: Mulai dari Rp22.000

Xing Fu Tang
Lokasi: Lippo Mall Puri, Lippo Mall Kemang
Harga: Mulai dari Rp20.000

Tiger Sugar
Tempat: Mall Kelapa Gading, Plaza Indonesia, Emporium Pluit Mall
Harga: Mulai dari Rp22.000

Diagon Alley
Tempat: Central Park Mall
Harga: Mulai dari Rp14.000

OneZo
Tempat: Puri Indah Mall, Ketapang Business Center, AEON Mall BSD, Mall of Indonesia
Harga: Mulai dari Rp20.000

Kokumi
Lokasi: Senayan City, Mayapada Tower, Mall Kelapa Gading, PIK Avenue Mall, Puri Indah Mall, Kembangan, Jakarta Barat, Jakarta, Indonesia
Harga: Mulai dari Rp25.000

Nah, tak cuma dapat dirasakan kesegaran dan kenikmatannya saja, karena dengan mengetahui resep cara membuat minuman es boba, kalian juga bisa memanfaatkan kesempatan bisnis yang benar-benar bagus saat ini. Hanya dengan niat yang kuat, lokasi usaha yang strategis dan memadai, target market yang pas, dan modal usaha, kalian sudah bisa berbisnis minuman es boba. Namun, saat ini tempat yang strategis bukanlah menjadi pilihan utama. Anda bisa langsung jualan es Boba dari rumah dengan memanfaatkan teknologi berbasis transportasi seperti Grab Food dan Goo Food.