15 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Penjelasan Lengkap Tentang Sistem Kelenjar Endokrin Pada Tubuh

Digitren.id – Di dalam tubuh kita terdapat sistem indikator tubuh yang saling memberi sinyal berupa hormon. Yang mana hormon ini dihasilkan oleh sistem kelenjar endokrin. Sehingga tubuh kita bisa saling berkoordinasi, lalu apa itu sistem endokrin ? Endokrin adalah sistem kontrol kelenjar tanpa saluran yang menciptakan hormon tersirkulasi di dalam tubuh melewati aliran darah untuk mempengaruhi organ lainnya.

Sistem endokrin adalah gabungan dari beberapa kelenjar dalam tubuh dan organ tubuh tertentu yang menghasilkan hormon. Yang mana hormon ini merupakan senyawa kimiawi yang menjadi sinyal atau pesan yang dialirkan melalui darah kita.

endokrin adalah

endokrin adalah

Beberapa organ tubuh kita pun ada yang bekerja dengan dipengaruhi oleh hormon-hormon yang dihasilkan oleh sistem endokrin. Hormon dalam tubuh kita pun memiliki tugas dan kinerja masing-masing. Sistem endokrin adalah sistem yang ada di dalam tubuh kita yang memiliki peranan yang cukup penting.

Di dalam darah kita mengalir beberapa hormon yang memberikan sinyal pada organ target bisa dalam hitungan detik saja ada juga yang dalam beberapa tahun. Meskipun ada beberapa macam jenis hormon dalam tubuh tetapi kinerja setiap hormon berbeda-beda sesuai tugasnya.

Sistem Endokrin Dalam Tubuh

Zat yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar dalam sistem endokrin adalah sekret namanya. Adapun proses dalam pengeluaran nya disebut proses sekresi. Hasil dari sekresi inilah yang menghasilkan hormon. Di dalam tubuh kita ada 7 kelenjar dalam sistem endokrin adalah diantaranya :

  • Yang pertama dan terbesar adalah Kelenjar Hipofisis atau sering disebut juga Pituitari. Kelenjar ini berada di otak kita yang melekat di hipotalamus. Peranan kelenjar ini sangat central sampai disebut master of gland karena kinerjanya mempengaruhi kelenjar lain.

Kelenjar Hipofisis ini terbagi menjadi tiga lobus yang mana semua lobis tersebut akan menghasilkan hormon yang berbeda dan memiliki peranan yang berbeda pula. Mulai dari mengatur pertumbuhan tulang, mempengaruhi hormon reproduksi, dan lain-lain.

  • Yang berikutnya adalah Kelenjar Tiroid atau sering dikenal dengan Kelenjar Gondok. Kelenjar gondok sendiri menghasilkan tiga hormon yaitu hormon kalsitonin yang berperan mengontrol keseimbangan kadar kalsium dalam darah kita.

Termasuk hormon tiroksin dan trildotironin yang keduanya mempunyai peranan yang cukup vital dalam hal metabolisme tubuh, perkembangan mental, seks, pertumbuhan fisik tubuh kita dan mengantrol kadar air dan garam dalam tubuh kita.

Baca juga: Wajib Ketahui Gejala Kelenjar Getah Bening di Leher

  • Termasuk lagi Kelenjar Paratiroid yang mana sering disebut pula kelenjar Anak Gondok. Yang mana kelenjar ini terletak di bawah kelenjar tiroid. Kelenjar paratiroid ini mengasilkan hormon untuk mengontrol kadar kalsium dalam darah kita.
  • Ada lagi Kelenjar Adrenal atau sering pula dinamakan Kelenjar Suprarenalis. Berada di atas ginjal sehingga ada yang menyebut kelenjar anak ginjal. Kelenjar adrenal ini memiliki dua bagian utama yaitu bagian kulit / korteks dan bagian dalam yaitu medula.

Kedua bagian ini memiliki fungsi nya masing-masing. Untuk bagian korteks salah satu fungsinya menyerap natrium dan membentuk sifat kelamin laki-laki, dll. Adapun salah satu fungsi medula mempengaruhi kerja saraf terutama saraf berhubungan dengan jantung, dll.

  • Kemudian ada juga Kelenjar Pankreas yang sering disebut pulaupulau langerhans. Kelenjar pankreas ini berperan penting mengatur kadar gula dalam darah. Kelenjar pankreas ini menghasilkan dua hormon yaitu hormon insulin dan hormon glukogen.

Hormon insulin sendiri bertugas mengubah gula darah yang berupa glukosa diubah menjadi gula otot / glikogen dalam hati. Adapun untuk hormon glukogen sendiri berfungsi sebaliknya. Yaitu mengubah glikogen menjadi glukosa dalam darah.

  • Yang berikutnya adalah Kelenjar Gonad yang sering dinamakan pula Kelenjar Kelamin. Kelenjar gonad ini dibedakan berdasarkan jenis kelamin kita. Adapun kelenjar gonad laki-laki ada di bagian testis sedangkan perempuan ada di bagian ovarium.
  • Adapun sistem endokrin yang terakhir adalah Kelenjar Timus atau sering disebut pula Kelenjar Kacangan. Yang mana hormonnya berfungsi mengubah sel T menjadi sel yang lebih spesifik. Kelenjar ini ketika bayi sangat kecil lalu membesar hingga ketika dewasa. Ketika setelah dewasa kelenjar ini akan menyusut.

Itulah beberapa kelenjar yang menyusun sistem endokrin dalam tubuh kita. Setelah kita mengenal beberapa kelenjar dalam sistem endokrin tersebut setidaknya bisa tahu bahwa dalam tubuh kita memiliki indikator alami yang sangat sempurna dari Sang Pencipta.

Baca juga: Wajib Pelajari Dulu Sebelum Tahu Cara Mengobati Kelenjar Getah Bening

Yang mana dalam tubuh kita terdapat banyak hormon yang mempunyai tugasnya masing-masing. Memberikan sinyal terhadap sel maupun organ tubuh kita. Sehingga sistem dalam tubuh bisa bekerja normal walaupun dalam kondisi apapun.

Ternyata sistem endokrin dalam tubuh kita memiliki peranan sangat penting karena hormon yang dihasilkan sistem endokrin. Hormon ini berpengaruh pada sistem pernafasan, pencernaan, pertumbuhan, berat badan serta kelamin kita, baik feminisasi atau sifat laki-laki.

Sistem endokrin sendiri terkadang mengalami gangguan yang akhirnya bisa menimbulkan penyakit baru untuk tubuh kita. Sebagaimana sebuah alat ketika indikator nya rusak bahkan sistemnya rusak maka akan berpengaruh terhadap kinerja alat tersebut. Termasuk kinerja dalam tubuh kita juga demikian keadaannya.

Penyakit Sistem Endokrin dan Cara Mengatasi

Makanya ada beberapa penyakit yang menyerang tubuh kita akibat dari sistem endokrin yang bermasalah. Adapun beberapa penyakit akibat terganggunya sistem endokrin diantaranya :

  1. Yang paling sering terjadi bila sistem endokrin bermasalah adalah terserang Diabetes Militus. Yang mana kelenjar pankreas kurang dalam menghasilkan hormon insulin. Atau bisa jiga tubuh kita yang tidak bisa menggunakan insulin dengan maksimal. Sehingga kadar gula dalam darah kita terlalu banyak.
  2. Termasuk lagi ada penyakit tiroid, penyakit ini dipengaruhi dari produksi hormon tiroid. Baik itu berlebihan atau hipertiroid dan kekurangan atau hipotiroid. Tanda paling umum terserang hipertiroid adalah penurunan berat badan secara drastis. Untuk hipotiroid tandanya penambahan berat badan.
  3. Ada lagi penyakit addison, penyakit ini disebabkan penurunan produksi hormon kartisol dan aldosteron. Yang disebabkan kerusakan kelenjar adrenal.
  4. Ada juga penyakit akromegali yang mana ketika kelenjar hipofisis menghasilkan hormon pertumbuhan yang berlebihan sehingga menjadikan tubuh kita tumbuh upnormal atau terlalu besar.
  5. Sebenarnya masih ada beberapa penyakit lain diantaranya sindrom chusing, penyakit graves, dll.

Dari beberapa penyakit yang menyerang sistem endokrin tersebut rata-rata terjadi bila hormon yang dihasilkan tiap kelenjar tidak seimbang. Baik itu hormon yang dihasilkan terlalu banyak atau hiper atau sebaliknya karena terlalu sedikit atau hipo.

Baca juga: Ketahui Penyebab Kelenjar Getah Bening dan Cara Mengobatinya

Secara normal dan sehatnya bila dalam tubuh kita tiap hormon yang dihasilkan oleh tiap kelenjar bisa normal dalam kondisi apapun. Bila memang tubuh kita sudah bermasalah dengan sistem endokrin ini bisa diatasi dengan memberikan keseimbangan hormon.

Bisa dilakukan pemberian hormon sintesis untuk menyeimbangkan hormon yang bermasalah. Adapun yang sampai menciptakan bibit tumor ganas atau kanker maka perlu untuk penanganan lebih lanjut seperti kemoterapi, radiasi, dll.

Makanya kita perlu untuk menjaga kesehatan kita sebagai upaya menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh. Seperti teratur berolah raga, makan makanan bergizi, menjaga pola makan, menjaga berat badan, menyertakan garam beryodium dalam makanan, menjaga emosi dll.

Demikian tadi ulasan tentang sistem endokrin. Semoga bisa bermanfaat. Terimakasih.