Beranda » Travel News » Desa Wisata Huta Tinggi, Geosite UNESCO di Danau Toba

Digitren – Desa Wisata Huta Tinggi terletak di Provinsi Pangruran, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Desa ini adalah rumah bagi salah satu suku Batak Toba.

Desa Wisata Huta Tinggi masuk dalam nominasi Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021 dalam Top 50 Desa Wisata Terbaik.

Sebagai desa wisata, Huta Tingi menawarkan banyak atraksi seperti wisata edukasi, wisata alam dan wisata budaya.

Salah Satu Kawasan Geosite UNESCO

Wisata Huta Tingi yang terletak di kawasan Danau Toba merupakan bagian dari Geosite Area UNESCO.

“Selain kerbau, ada kambing putih dan elang. “Inilah yang harus kita harapkan sebagai bagian dari UNESCO Global Geopark,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Keterangan resmi Kementerian Pariwisata dan Kreatif  Ekonomi pada Selasa (9/11/2021) mengunjungi Desa Wisata Huta Tingi.

Kaldera Toba ditunjuk UNESCO Global Geopark Geosite pada tahun 2020. Setidaknya ada 16. Situs geografis Daerah yang diakui UNESCO.

Baca juga: Keajaiban Kota Tua Jakarta yang Mulai Bangkit di Tengah Wabah Covid

Wisata Budaya dan Edukasi Desa Wisata Huta Tinggi

Desa Wisata Huta Tingi, Samosir, DOK Sumatera Barat. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Inovasi Desa Wisata Huta Tingi, Samosir, DOK Sumatera Barat. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Inovasi

Selain menikmati keindahan alam desa Huta Tinggi, wisatawan juga dapat mengikuti wisata edukasi dan budaya di kawasan tersebut.

Wisatawan bisa belajar cara memeras susu kerbau dan mengolahnya secara langsung.

Ada makanan khas yang terbuat dari susu kerbau bernama dali ni horbo, yang biasanya disiapkan oleh penduduk setempat. Olahan susu kerbau biasa disebut keju batak toba.

Sumber artikel : travel.kompas.com

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.