Beranda » Travel News » Desa di Sumatera Ini Mirip Jatiluwih Bali, Bikin Sandiaga Takjub

Humbang Hasundutan – Desa Wisata Tipang indah di Kecamatan Baktiraja, Provinsi Humangang Hasundutan, Sumatera Utara, mirip dengan Desa Jatiluwih di Ubud atau Tabanan yang dipimpin oleh Menteri Ekonomi Pariwisata dan Inovasi / Badan Ekonomi Pariwisata dan Inovasi Sandiaga Salahudin Uno, Ia takjub dengan apa yang dilihatnya.

Desa Wisata Tipang menjadi yang terakhir dikunjungi Menteri Pariwisata dan Inovasi Ekonomi Negeri Sumut dalam ajang Indonesian Tourism Village Award (ADWI) 2021.

Desa Wisata Tipang Foto Kemenparekraf

Desa Wisata Tipang Foto Kemenparekraf

Desa Wisata Tipang menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Ada pemandangan persawahan dan perbukitan yang hijau. Dibungkus dalam cuaca cerah dengan angin sepoi-sepoi yang sejuk, dan langit bersinar cerah.

“Saya terharu. Ini desa wisata terakhir di pulau Sumatera (ADWI) dan memiliki keindahan yang tidak biasa. (Desa ini lebih dari kayak di Ubud, di sini seperti Tabanan Jatiluwih. Ini luar biasa,” katanya. Dikatakan, Menparekraf, usai mengunjungi Desa Wisata Tipang, Selasa (9/11/2021), demikian siaran persnya.

Baca juga: Kue Taripang Makassar Memang Cocok dengan Secangkir Kopi

Desa Wisata Tipang yakin akan meraih penghargaan Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Sebab, menurutnya, keindahan panorama alam Desa Wisata Tipang tidak terlihat di media sosial seperti YouTube, Instagram, Tiktok dan lain-lain.

“Makanya kami mendatangkan tim untuk mempromosikan keindahan Desa Wisata Tipang,” kata Sandiga Uno.

“Kami juga ingin membuat konten-konten seru di Desa Wisata Tipang untuk merangsang perekonomian dan menciptakan lapangan kerja,” ujarnya.

Desa Wisata Tipang masuk dalam Penghargaan Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.Desa Wisata Tipang masuk dalam nominasi Indonesian Tourism Village Award (ADWI) 2021. Foto die Kemenparekraf

Secara geografis, Desa Wisata Tipang berada pada ketinggian 900-1200 meter di atas permukaan laut. Desa wisata perintis ini memiliki berbagai macam tempat wisata alam. Ini termasuk Danau Toba, Sigotta-Gota Pute, Pulau Jinkak Gönting Tipang Simamora, Teras Sawah Sibara-Bara dan Pulau Sirindungon.

Salah satu objek wisata tersebut adalah Pulau Simamora. Pulau kecil di tengah Danau Toba ini tidak berpenghuni dan berbentuk seperti penyu yang sedang berenang. Ciri utama Pulau Simamora, kita bisa melihat bukit hijau yang indah. Kehadiran pulau ini menambah keindahan alam Desa Wisata Tipang.

Selain wisata alam, Desa Wisata Tipang tentunya memiliki wisata budaya dan sejarah dari suku Batak, seperti Batu Marbongar, rumah adat Batak di kampung lama, dan Sarkofagus yang sering dianggap penduduk setempat sebagai “perahu roh”. mereka membawa roh menavigasi dunia roh.

Sarkofagus ini untuk melindungi jenazah orang yang sudah meninggal dari gangguan supranatural. Topeng dengan ekspresi berbeda sering diukir di sarkofagus.

Baca juga:

Potensi yang beragam ini dilengkapi dengan kuliner Batak yang khas. Ini termasuk Naniura, kuliner yang nikmat seperti sashimi. Daging ikan segar dibumbui dengan asam Batak.

Awalnya, bahan utama di Naniura adalah ikan endemik dari Danau Toba bernama Ihan. Namun, karena Ikan Batak semakin sulit ditemukan, masyarakat menggantinya dengan jenis ikan lain, seperti gurame, remis, atau cod.

Hasil ekonomi kreatif desa wisata Tipang juga memiliki kelebihan. Misalnya, produk UMKM antara lain kopi, keripik diva, beras merah, yang merupakan beras merah kualitas terbaik di Sumatera Utara. Sementara itu, ada kerajinan tangan dari panda master yang membuat permadani, keranjang, dan lain sebagainya.

“Saya melihat ini potensi yang sangat besar, saya berharap bisa menjadi penggerak lokomotif ekonomi, untuk menciptakan lapangan kerja yang seluas-luasnya,” kata Sandiaga.

Dalam kesempatan ini Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor mengucapkan terima kasih kepada Menparekraf atas kesediaannya berkunjung ke Desa Wisata Tipang, Humbang Hasundut.

“Seperti yang kita lihat, kearifan lokal desa Tipang sangat kental, dari Batak murni sampai yang modern, semuanya ada. Dan desa wisata Tipang ini sebenarnya seperti lukisan miniatur Bali Ubud yang sangat indah dengan balkonnya. “Mudah-mudahan dengan kehadiran Pak Menteri bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.


Tonton video “Konten inovatif bantu promosikan desa wisata, Sandiga sesuaikan jaringan internet
[Gambas:Video 20detik]




Sumber artikel : detik/travel-news

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.