Cruise Control: Teknologi Kelola Kecepatan Jadi Fitur Standar Mobil Anyar - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Cruise Control: Teknologi Kelola Kecepatan Jadi Fitur Standar Mobil Anyar

[

digitren.id, JakartaSalah satu teknologi yang mewakili zamannya yang kini banyak hadir pada mobil-mobil keluaran terbaru adalah fitur kendali pelayaran untuk mengelola kecepatan.

apa itu kendali pelayaran yang utamanya terdapat pada mobil, secara bahasa Tempo menelisik ke kamus.cambridge.org.

Kontrol pelayaran merupakan sistem dalam kendaraan yang mendukung pengaturan kecepatan oleh pengemudi secara konstan. Terkecuali ketika pengemudi mengubahnya dengan menekan rem atau pedal gas.

Sehingga fungsi utama dari teknologi ini adalah mempertahankan kecepatan yang dipilih oleh pengemudi tanpa perlu menginjak pedal gas. Karena hampir semua mobil keluaran masa ini mengandalkan modul kontrol elektronik di komputer untuk menyatukan kecepatan.

Melansir dari laman Car and Driver, pengoperasian kendali pelayaran biasanya dilakukan dengan tombol di roda kemudi, termasuk juga saklar hidup-mati; tombol “set” untuk memorih kecepatan.

Penting untuk dicatat bahwa fitur ini tampaknya tidak berkonotasi negatif yang dianggap sebagai nilai maksimum yang mungkin. Di Indonesia, mobil jenis ini memiliki kecepatan maksimum 60 hingga 80 km/jam, dogna, yang memiliki kecepatan angin minimum yang dapat digunakan untuk mempertahankan kecepatan maksimum.

Karena akan berbahaya ketika bertabrakan dan tidak dapat digunakan pada kondisi jalan yang ramai. Salah satu perusahaan produsen mobil, Nissan, pada laman resminya menjelaskan bahwa fitur kendali pelayaran juga dilengkapi dengan sensor tertentu yang menggunakan teknologi laser. Fungsinya untuk mendeteksi jarak dengan kendaraan lain yang berada di depan.

Dengan sensor ini merupakan perangkat mobile untuk mengingat kecepatan ketika jarak mobil sudah terlalu dekat. Begitu pula sebaliknya. Mobil akan menambah kecepatan bila jarak antar mobil sudah terlalu jauh.

Namun teknologi manajemen kecepatan bukan harus tanpa pengawasan bila diaktifkan. Kebiasaan dan gaya berkendara pengemudi lain bisa membuat celaka. Tidak ada kekurangan ide tentang apa yang harus dicari dan apa yang harus dicari dalam diri pasangan. Sehingga pengendalian pedal yang sudah otomatis dari fitur kendali pelayaran ini pun mengharuskan pengemudi untuk tetap waspada.

RAHMAT AMIN SIREGAR
Baca: Power Steering Membuat Putaran Kemudi Lebih Halus, Seperti Apa Kinerjanya?

selalu perbarui info terkini. Simak berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install Telegram terlebih dahulu aplikasinya.

Sumber artikel : https://otomotif.tempo.co/read/1556559/cruise-control-teknologi-kelola-kecepatan-jadi-fitur-standar-mobil-anyar

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.