Beranda » Tech » Contoh Undangan Online Serta Tips Cara Penulisan yang Tepat dan Benar

Digitren.id – Surat undangan merupakan suatu bentuk surat baik cetak maupun digital yang ditulis untuk mengundang orang ke acara tertentu. Undangan dapat ditulis oleh individu atau organisasi. Undangan bisa berupa cetak di selembar kertas bahkan sekarang berkembang ada berupa undangan online.

Semua bentuk undangan tersebut bertujuan mengatur tempat untuk tamu kita beberapa hari sebelum tanggal acara. Surat undangan adalah surat yang mengundang pihak lain untuk tiba di tempat yang telah ditentukan jam dan lokasinya.

Undangan Online

Undangan Online

Surat undangan biasanya dalam jumlah banyak. Proses pembuatan dapat dilakukan melalui stensil. Oleh karena itu yang mengundang hanya menuliskan alamat dan jam acara tersebut. Biasanya karena jumlah undangn banyak biasanya hanya diberi stempel. Ini mempercepat pembuatan undangan.

Jenis Undangan

Baik undangan cetak maupun undangan online semua terbagi menjadi tiga jenis surat undangan berdasarkan fungsinya diantaranya:

  1. Surat undangan pribadi (tidak resmi): Undangan pribadi adalah undangan baik cetak maupun undangan online untuk menghadiri acara kerabat atau acara keluarga. Ada beberapa contoh undangan pribadi seperti acara sunatan, acara trah, ulang tahun, nikahan, dll. Undangan ini biasanya dikirimkan kepada perorangan untuk keperluan pribadi.
  2. Surat undangan setengah resmi: Surat undangan semi formal adalah undangan yang ditujukan kepada individu atau instansi atau organisasi atas nama individu. Contoh undangan semi formal seperti undangan reuni keluarga, acara syukuran, rapat RT atau arisan pemuda dan lainnya.
  3. Surat undangan resmi: Undangan formal adalah undangan yang diadakan antar lembaga atau organisasi untuk mendapatkan manfaat dari suatu layanan. Sifat undangan formal adalah untuk hubungan formal seperti bisnis atau perdagangan.

Contoh undangan formal antara lain rapat pemegang saham, undangan bisnis dan undangan kepada orang lain. Berbeda dengan undangan pribadi undangan formal harus menyertakan surat. Nomor surat dan tujuan undangan. Nama organisasi atau orang yang menerima undangan juga harus disebutkan.

Surat undangan resmi harus mencantumkan nama penanggung jawab surat undangan resmi beserta lokasinya. Hal ini dimungkinkan karena nama dan jabatan menunjukkan betapa pentingnya pertemuan itu. Surat harus ditambah dengan stempel instansi sesuai dengan jabatan kewenangan di instansi masing-masing.

Tips Menulis Undangan

Secara umum baik itu undangan cetak maupun undangan onlene perlu di menampilkan informasi atau isi undangan secara jelas agar penerima undangan bisa langsung tahu maksut dari undangan tersebut. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kita menulis undangan yang tepat :

  • Tanggal dan waktu alamat acara harus dicantumkan di sisi kiri surat. Undangan online pun juga sangat perlu mencantumkan tanggal dan waktu serta lokasi acara yang kita adakan.
  • Tambahkan salam di awal surat dan tanda tangan di akhir surat. Adapun untuk undangan online kita bisa mencantumkan nama kita sebagai pengundang dalam acara yang akan dilaksanakan.
  • Tulis surat yang secara tata bahasa benar dan terperinci sehingga penerima undangan bisa mudah memahami isinya.
  • Kita perlu membedakan apakah undangan itu formal atau informal. Bisa dari segi bahasa, acara, ataupun penanggung jawab.
  • Bahasa yang digunakan sopan Tujuan undangan jugabharus jelas termasuk waktu dan format acara. Identitas tamu disebutkan dengan jelas.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat undangan baik itu undangan cetak maupun undangan online. Di zaman sekarang undangan online sudah sangat banyak digunakan. Terutama penggunaan undangan online pernikahan yang akhir-akhir ini banyak kita jumpai.

Undangan pernikahan adalah bagian penting dari pernikahan yang sukses. Karena jelas undangan pernikahan digunakan untuk menyebarkan kabar baik kepada kerabat rekan kerja dan teman. Sekarang tidak perlu lagi mencetak undangan pernikahan di atas kertas. Tren undangan online pernikahan dalah solusinya.

Baca juga: Mengintip Sejarah Sistem Operasi Mobile Terbaik yang Dulu dan Sekarang

Tren undangan online pernikahan ini baru saja dimulai pada tahun 2019. Namun popularitasnya terus meningkat. Apalagi undangan semacam itu lebih praktis daripada undangan versi cetak. Selain itu kita dapat menambahkan berbagai video atau animasi ke dalamnya.

Inilah yang bisa disebut sebagai langkah maju baru dalam penyelenggaraan acara pernikahan. Undangan online pernikahan menjadikan kita lebih praktis memasukkan semua informasi maupun custom sesuai keinginan kita dengan biaya yang lebih rendah.

Jika kita mau memanfaatkan tren positif ini maka kita akan mendapatkan banyak keuntungan lho dari penggunaan undangan online pernikahan, diantaranya :

  • Yang paling pertama dan paling menarik adalah Penghematan biaya yang sangat rendah adalah keuntungan tak tergantikan dari undangan digital. Jenis undangan ini bisa menjadi pilihan kita jika kita ingin memotong anggaran pernikahan kita.

Mengapa undangan online murah? Berikut adalah beberapa alasannya.

  1. Karena jelas tanpa biaya kertas dan amplop
  2. Tanpa biaya cetak
  3. Tanpa biaya pengiriman
  4. Kita tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memperbaikinya jika terjadi kesalahan. Karena proses revisi nya lebih mudah dan murah.
  • Undangan online pasti akan lebih cepat terkirim ke tamu pernikahan kita bila dibandingkan dengan undangan versi cetak. Bagaimana itu bisa terjadi? Kita dapat mengirim undangan hanya dengan satu klik tanpa penundaan waktu.

Cara sederhana ini sangat berguna untuk menghindari kesalahan dalam pengiriman. Kita tahu sendiri lah kalau menggunakan kurir kadang terjadi keterlambatan bahkan kadang undangan tidak bisa sampai ke tujuan. Jadi undangan digital adalah solusi untuk masalah ini.

  • Termasuk lagi jika ada informasi yang salah dalam isi undangan maka pada undangan online sangat mudah untuk memperbaikinya. Kita dapat memberi tahu tamu tentang perubahan atau revisi dengan satu klik. Bukankah itu praktis?
  • Ada juga kelebihan undangan digital lainnya yaitu kalau pernikahan dulu tamu terlebih dahulu harus mengisi buku tamu untuk mencatat siapa saja yang datang ke acara kita. Tentu cara ini tidak terlalu efektif.

Pasalnya kita hanya bisa mengetahui nama tamu yang datang setelah acara selesai. Undangan pernikahan online bisa mengatasi masalah ini. Cukup gunakan perangkat pintar kita maka kita dapat langsung mengetahui siapa yang telah dikonfirmasi bisa datang dan siapa yang tidak dapat hadir. Jadi kita dapat mengelola tamu secara langsung.

  • Pernahkan kita kesulitan menemukan tempat untuk pernikahan teman kita. Apalagi jika peta lokasi hanya fotokopi lembaran putih. Apakah kita ingin itu terjadi dengan tamu kita? Sama sekali tidak.

Maka dengan undangan digital kita dapat menambahkan peta digital agar tamu tidak tersesat. Peta yang terintegrasi dengan Google Maps dapat memberikan arah yang benar kepada tamu undangan. Jika kita memilih untuk mencetak surat undangan kita tidak akan dapat melakukannya.

  • Dengan undangan digital tentu kita dapat mengkustom semau kita mau ditambahkan animasi, gmaps, barcode, dan tauyan yang diperlukan. Jenis undangan ini memungkinkan kita mengirim tautan untuk para tamu sehingga para tamu bisa langsung mengunggah ucapan selamat mereka.

Tidak hanya itu undangan pernikahan digital juga bisa kita manfaatkan untuk mengundang tamu yang berhalangan hadir di pesta pernikahan. Cukup posting tautan maka para tamu dapat mengaksesnya dari sana.

Jadi orang yang tidak bisa hadir mereka tetap bisa menyaksikan pernikahan kita secara virtual.

Banyak bukan kelebihan undangan pernikahan online. Makanya tanpa ragu lagi kita memanfaatkan kemajuan teknologi ini untuk memudahkan bahkan menyukseskan setiap acara kita. Demikian tadi ulasan dari kami. Semoga bisa bermanfaat. Terimakasih.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda*

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.