Makalah-Digital-Marketing
21 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Contoh Makalah Digital Marketing – Digitren.id

Digitren.id – Untuk beberapa kebutuhan, makalah sangat dibutuhkan agar proses pelaksanaan agenda/rencana yang sudah dibuat berjalan lancar. Termasuk dalam strategi digital marketing. Anda pun perlu membuat makalah digital marketing.

Pada dasarnya sistematika penulisan makalahnya sama dengan tema lain. Untuk lebih jelasnya, berikut contoh makalah digital marketing.

Makalah Digital Marketing

Makalah Digital Marketing

BAB 1 PENDAHULUAN

  • Latar Belakang Digital

Digital Marketing merupakan salah satu media yang saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat serta sebagai pendukung dalam kegiatan sehari hari. Secara perlahan lahan banyak masyarakat yang mulai meninggalkan cara marketing yang konvensional dan beralih kepada Digital Marketing. Digital Marketing itu sendiri mempunyai arti memasarkan atau mempromosikan sebuah brand atau produk melalui dunia digital atau internet. Untuk itu, Digitren.id memuat halaman tentang makalah digital marketing agar kita semua sama-sama belajar akan pentingnya pemasaran secara digital jaman ini.

  • Universal Health Network (UNIHEALTH) merupakan perusahaan yang memproduksi obat-obatan yang sebagian besar Marketing Process nya menggunakan metode Digital marketing untuk meraih pasar yang dituju, meningkatkan sales, mengoptimalkan produktivitas customer dan lain lain. Maka dari itu sangat dibutuhkan tools atau alat yang sesuai untuk mencapai target yang diinginkan.

Dewasa ini, perkembangan teknologi dan komunikasi menjadi sangat pesat, hampir semua orang mengenal Handphone atau Telepon Genggam, sebuah benda yang diciptakan sebagai media komunikasi yang cepat, mudah dan juga praktis. Pada awalnya benda tersebut merupakan benda mewah, yang tidak semua orang dapat miliki tetapi sekarang semua orang sudah pasti mempunyai Handphone sebagai media tukar menukar informasi antara satu individu dengan individu lain nya.

Berdasarkan faktor-faktor yang ada maka PT. UNIHEALTH membuat sebuah web base application bernama UNIBLAST yang merupakan salah satu tools dalam proses digital marketing yang berfungsi sebagai sistem Promo Campaign yang nantinya akan mengirimkan pesan massal kepada member-member yang terdaftar di dalam perusahaan ini yang kemudian pesan tersebut akan langsung diterima ke dalam Handphone para member tersebut melalui sms, WhatsApp atau email. Selain itu aplikasi ini akan mengirimkan pesan massal tersebut sesuai dengan target yang KPI (Key Performance Indicator) diinginkan dan diperlukan. Dikarenakan setiap member yang bergabung di dalam perusahaan ini mempunyai tingkatan yang berbeda-beda.

Aplikasi UNIBLAST dibuat berbasis web sehingga memudahkan user untuk memperoleh informasi yang akurat dan juga dapat diolah sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai pendukung untuk mengukur tingkat keefektifitasan promo campaign yang telah dikirimkan kepada masing masing member maka dibuatlah fitur pendukung berupa Auto Reporting KPI. Sistem Auto Reporting KPI ini akan mengeluarkan data berupa report yang berkaitan dengan setiap promo campaign.

  • Rumusan Masalah

Beberapa masalah penulisan yang dapat dibuat antara lain adalah:

  1. Bagaimana cara membuat sistem yang dapat melakukan pengiriman message blast dari satu web aplikasi
  2. Bagaimana cara merancang sistem yang dapat mengirimkan message blast kepada member sesuai dengan KPI yang telah ditentukan
  3. Bagaimana cara merancang sistem yang dapat mengeluarkan hasil report berkaitan dengan message blast yang telah dikirimkan .

Ruang lingkup Business Booster App

Merupakan aplikasi penunjang bisnis yang nantinya akan dibuat mencangkup tiga bagian, yaitu:

UNICORE merupakan core sistem yang dimiliki oleh PT. UNIHEALTH yang berfungsi sebagai penyedia data-data yang dibutuhkan yang nantinya akan diolah dan juga dikirimkan melalui media atau aplikasi yang dihubungkan didalamnya. 3 Dalam penulisan skripsi ini, ruang lingkup yang akan dibahas oleh penulis adalah sms, email, WhatsApp broadcast yang merupakan salah satu web aplikasi pendukung untuk mengoptimalkan bisnis yang berjalan di dalam perusahaan ini.

  • Tujuan dan Manfaat
  1. Tujuan

Sesuai dengan latar belakang dari pembuatan aplikasi ini sebelumnya, Tujuan yang akan dicapai dari pembuatan web aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  1. Membuat aplikasi web yang dapat mengirimkan message blast baik single blast maupun campaign blast dalam satu aplikasi
  2. Mengirimkan message blast kepada member sesuai dengan target KPI yang ada pada setiap promo yang telah ditentukan
  3. Membuat aplikasi Web yang dapat mengirimkan Message Blast menggunakan SMS, Email, dan Whatsapp dalam satu aplikasi.
  4. Manfaat

Manfaat yang akan didapatkan dari pembuatan web aplikasi ini adalah:

  1. Meningkatnya jumlah Member yang tadinya tidak aktif menjadi aktif di perusahaan sehingga jumlah sales juga akan ikut meningkat.
  2. Menargetkan pengiriman campaign atau pesan sesuai dengan target member yang seharusnya menerima campaign atau pesan tersebut.
  3. Mempermudah Melakukan proses pengiriman Campaign Promo kepada member.

Metode Penelitian

  • Metode Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam skripsi ini antara lain adalah:

  1. Wawancara Wawancara untuk mengumpulkan kebutuhan user kepada IT Manager yang ada di PT. Universal Health Network
  2. Analisis Sistem yang sedang berjalan Melakukan observasi berkaitan dengan kondisi yang ada atau telah berlangsung sebelumnya pada PT. Universal Health Network
  3. Studi pustaka Studi pustaka yang dilakukan dalam pengerjaan skripsi ini adalah mencari teori pendukung dan referensi yang dapat membantu untuk mengembangkan aplikasi ini. Serta mengumpulkan data dan pemikiran yang akan muncul di saat mendatang dari user.
  4. Metode Perancangan

Dari hasil analisis sistem requirement UNIBLAST maka penulis akan menggunakan metodologi Waterfall sebagai Software Development Process.

  1. Requirement Definition

Merupakan tahapan pertama dimana penulis mengumpulkan semua kebutuhan yang nantinya akan dapat diimplementasikan kedalam sistem yang akan dibuat. Selain itu requirement yang sudah didapatkan selain diimplementasikan juga akan didokumentasikan ke dalam requirement specification document

  1. System and Software Design

Requirement specification yang sudah didapatkan pada tahap pertama tersebut akan dipelajari pada tahap ini dan akan dibuat sistem design yang sesuai dengan requirement yang ada. Membuat sistem desain sangat membantu dalam menjabarkan arsitektur sistem secara menyeluruh

  1. Implementation and Unit Testing

Dengan input yang sudah dibuat kedalam sistem design maka pertama-tama sistem ini akan dibuat ke dalam program-program kecil (unit) sesuai dengan requirement nya yang kemudian akan diintegrasikan di dalam tahap berikutnya dalam metodologi ini. Kemudian dilakukan unite testing yaitu melakukan pengecekan apakah ada error yang terjadi di dalam unit-unit tersebut.

  1. Integration and Sistem Testing

Hasil dari unit-unit yang telah dibuat itu kemudian akan diintegrasikan menjadi satu kesatuan dan dilakukan testing untuk menguji fungsionalitas nya apakah sudah sesuai atau melihat adanya kegagalan atau error lain nya pada sistem

  1. Operation and Maintenance

Setelah melakukan deployment, masalah-masalah akan bermunculan pada sistem seiring berjalan nya waktu. Maka dari itu, patch akan di-release untuk memperbaiki masalah-masalah atau error yang muncul tersebut. Proses inilah yang disebut dengan maintenance yang akan dilakukan

  • Sistematika Penulisan

Berikut adalah urutan dari sistematika penulisan skripsi ini dibagi menjadi 5 (lima) bab, dan isi pokok dari masing-masing bab dapat diuraikan sebagai berikut:

BAB 1 PENDAHULUAN

Bab ini menjelaskan latar belakang pengembangan aplikasi, rumusan masalah, ruang lingkup, tujuan dan manfaat penulisan skripsi, serta metodologi yang digunakan dalam penulisan skripsi.

BAB 2 TINJAUAN REFERENSI

Bab ini menjelaskan teori-teori yang digunakan sebagai landasan dasar dalam penyusunan dan penulisan aplikasi skripsi yang berfokus pada pengembangan sistem. Serta teori pendukung lainnya yang digunakan untuk perancangan dan pengembangan sistem ini.

BAB 3 DESKRIPSI UMUM

Bab ini berisi pembahasan mengenai latar belakang perusahaan, keadaan perusahaan saat ini, identifikasi masalah, solusi yang diajukan, ruang lingkup aplikasi, dan peran.

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN

Bab ini menjelaskan analisis terhadap kebutuhan sistem, rancangan sistem, rancangan layar, dan implementasi pengembangan sistem dengan hasil dari percobaan dan evaluasi.

BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN

Bab ini menjelaskan kesimpulan dari pengembangan aplikasi dari perancangan yang telah dilakukan, serta berisi saran dan masukan untuk hasil aplikasi yang lebih baik lagi.

Perkembangan Digital Marketing Indonesia

Sejak tahun 2010 lalu, bisnis digital marketing begitu marak di Indonesia. Banyak agensi atau perusahaan yang menawarkan jasa digital marketing dengan berbagai kelebihan. Dari tahun ke tahun, jumlah agensi atau penyedia layanan digital marketing ini semakin meningkat.

Hal tersebut menunjukkan jika perkembangan digital marketing Indonesia begitu pesat. Ditambah lagi semakin banyaknya pebisnis atau perusahaan yang menggunakan metode digital marketing dalam memasarkan produk atau jasanya.

Digital marketing sendiri adalah sebuah upaya pemasaran atau iklan produk maupun jasa melalui media digital. Metode pemasaran yang banyak mengandalkan internet ini juga berkesinambungan dengan semakin banyaknya jumlah pengguna internet di Indonesia.

Menurut survey yang dilakukan Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII), perilaku pengguna internet di Negara ini meningkat 10% setiap tahunnya.

Perkembangan Digital Marketing di Indonesia

Sebuah layanan content marketplace, GetCraft merilis sebuah laporan terkait perkembangan digital marketing Indonesia. Tren metode pemasaran yang selalu berubah sewaktu-waktu menjadikan pebisnis harus pandai melihat peluang kemudian memanfaatkannya.

Berikut ini adalah laporan GetCraft terkait perkembangan digital marketing di Indonesia;

  • Email Jadi Platform Paling Efektif

Pada tahun 2017, diketahui sebanyak 2,8 miliar orang memakai email sebagai sarana komunikasi secara digital. Secara marketing, email juga begitu efektif karena bisa meningkatkan ROI.

Banyaknya pengguna email di seluruh dunia menjadikan platform ini sebagai sarana pemasaran paling efektif. Kemudian disusul oleh media social, content marketing lalu influencer marketing.

  • Platform Digital Memiliki Peluang Besar

GetCraft juga mengungkapkan jika content marketing, platform mobile dan pengalaman konsumen merupakan tiga kategori paling besar yang masih bisa dieksplorasi lebih dalam lagi.

Bahkan ketiga platform tersebut sangat mungkin untuk bisa dihubungkan satu sama lain sehingga menghasilkan potensi marketing yang tinggi dengan menggunakan proses integritas tepat.

GetCraft juga menyebutkan jika hampir 80 juta orang atau sepertiga dari populasi manusia di Indonesia adalah pengguna aktif media social. Persentase yang begitu besar tersebut menunjukan jika pengguna media social adalah sasaran empuk bagi para pelaku bisnis dalam memasarkan produknya melalui internet, khususnya media sosial.

Media sosial yang termasuk dalam persentase tersebut tentunya mencakup beberapa platform, seperti Instagram, Facebook, YouTube, Twitter dan lain sebagainya. Sehingga sebagai pelaku bisnis yang sudah terjun ke digital marketing, harus mampu memanfaatkan semua akses tersebut demi mendapatkan peningkatan penjualan yang signifikan.

Perkembangan teknologi juga menjadikan kecepatan internet semakin kencang. Banyak pula muncul tools marketing, sehingga tren yang berkembang selalu berubah mengikuti pasar. Disini digital marketing menjadi salah satu metode pemasaran paling efektif dan secara bertahap bisa menggeser metode pemasaran lain seperti metode pemasaran konvensional.

Jadi jangan sampai Anda tertinggal dan tergiling oleh perkembangan zaman yang semakin maju. Anda harus mampu menjadi pebisnis yang mengikuti alur dan seimbang dengannya. Demikian pembahasan tentang makalah digital marketing ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa share atau bagikan info ini ke banyak orang atau ke sosial media Anda.

Orang-orang juga menelusuri:

Belajar Digital Marketing
belajar digital marketing
Digital marketing agency