cara-menghilangkan-jerawat
21 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

15 CARA MENGHILANGKAN JERAWAT DENGAN CEPAT DALAM 1 HARI

Digitren.id – Cara Menghilangkan Jerawat dengan cepat dalam 1 hari, Jerawat masih menjadi masalah yang serius bagi kebanyakan pria dan wanita, terlebih lagi bagi kaum hawa. Karena adanya jerawat ini membuat kita tidak percaya diri menghadapi orang-orang di sekeliling kita. Tidak hanya itu saja, jerawat sangat membuat wajah kita menjadi tidak nyaman, perih dan juga pegal jika tersenggol sedikit saja.

cara menghilangkan jerawat

cara menghilangkan jerawat

Bagi generasi jaman sekarang, penampilan adalah hal utama yang harus diprioritaskan. Jika ada jerawat, semua hal yang membuat kamu menarik mungkin akan lenyap hanya karena sebiji jerawat ini, karena membuat kita terlihat kotor dan terkesan tidak merawat diri. Namun, perlu diketahui bahwa ada cara menghilangkan jerawat dalam 1 hari serta cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat dalam 1 hari yang ampuh dan belum banyak orang yang mengetahui akan hal ini.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dalam 1 Hari

Menurut ilmu kimia, jerawat batu bisa diatasi dengan berbagai macam obat merk antibiotik, contohnya seperti doxycycline, minocycline, tetracycline dan terakhir erythromycin. Namun, obat-obat yang sudah saya sebutkan tadi bukanlah obat yang bisa menghilangkan jerawat dalam kurun waktu 1 hari, obat antibiotik tersebut hanya sebagai pondasi awal dan memerlukan waktu dalam proses penyembuhannya.

Mengapa jerawat bisa terjadi di kulit kita? Hal ini dikarenakan kondisi dari kulit pada wajah kita yang diserang oleh infeksi dan juga radang pada jaringan kelenjar minyak kulit, begitu. Nah, sudah selesai mengenal jerawat, tidak usah berlama-lama lagi sebelum kalian tambah penasaran. Ini dia cara-cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dalam 1 hari, simak uraian berikut ini:

  1. Gunakan Bawang Putih

Bawang putih adalah bumbu dasar untuk makanan-makanan yang lezat, namun siapa sangka bahwa bawang putih ini bisa dijadikan sebagai obat untuk menghilangkan jerawat. Bawang putih juga gampang sekali ditemukan di dapur, dan untuk caranya yaitu dibuat sebagai masker bawang putih, caranya bisa dilihat sebagai berikut:

  • Siapkan beberapa biji bawang putih lalu ditumbuk sampai halus.
  • Kemudian, oleskan pada jerawat kamu lalu diamkan beberapa waktu.
  • Bilas menggunakan air bersih dan keringkan dengan handuk yang bersih.
  • Jangan lupa, gunakan pembersih muka atau biasa kita sebut toner atau lainnya agar bau menyengat dari bawang putih lenyap.

Baca juga: Cara Membuat Masker Spirulina

  1. Manfaatkan Buah Pepaya

Siapa yang tidak doyan dengan buah Pepaya? Selain buah yang banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan rasanya yang manis legit, ternyata pepaya juga bisa menyembuhkan peradangan jerawat pada kulit. Berikut cara membuat masker pepaya untuk jerawat:

  • Kupas kulit pepaya semaunya.
  • Blender daging buahnya hingga halus.
  • Langsung saja oleskan buah pepaya tersebut ke bagian jerawat yang akan diobati, dan diamkan hingga 20 menit.
  • Terakhir, bersihkan sisa-sisa kotoran buahnya dengan air bersih dan bilas secara merata.
  1. Gunakan Pasta Gigi

Pasta gigi memiliki fungsi utama untuk membersihkan gigi kita dari berbagai jenis kotoran yang menempel, sekaligus membuat gigi kita lebih harum dan terawat. Namun, pasta gigi ini juga bisa kamu gunakan sebagai media untuk penyembuhan jerawat dalam 1 hari serta sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat dengan cepat.

Tapi dengan catatan, pasta gigi yang digunakan tidak mengandung mint/fluoride dan mentol. Hal ini dikarenakan kandungan pasta gigi tersebut sangat berbahaya jika ditempelkan ke jerawat, bukannya sembuh malah tambah meradang dan parah.

  1. Menggunakan Es Batu

Es batu adalah bongkahan es yang didiamkan di dalam kulkas. Es batu memang pelengkap sebuah minuman agar lebih segar dan menggugah selera, namun es batu ini juga bisa kamu gunakan untuk menyembuhkan jerawat dalam 1 hari dan juga sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami, peradangan akan hilang dan ruam merah akan menghilang secara cepat. Berikut ini penjelasan tentang cara mengatasi jerawat dengan es batu:

  • Bungkus es batu dalam wadah plastik atau bisa juga kain.
  • Lalu, tempelkan pada jerawat yang akan disembuhkan.
  • Tunggu beberapa menit, dan lakukan berulang kali hingga timbul warna merah dan hilang sendirinya.

Dan ingat, jangan sampai gemas dan terlalu kuat menekan jerawatnya, karena bisa membuat tambahan luka pada jerawat dan alhasil tidak bisa disembuhkan.

Cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat

Cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang membandel dengan cepat dan mudah untuk di praktekkan dengan cara yang alami. Jerawat yang sangat membandel memang membuat penampilan kita menjadi kurang percaya diri dalam berpergian kemanapun seperti ke Mall, Hotel dan tempat-tempat keramaian lainnya, apalagi kalau jerawat di wajah kita jumlahnya sangat banyak. Cara mengatasi jerawat secara alami tentunya akan memerlukan beberapa penggunaan bahan alami dan biasanya bisa diracik sendiri sebab tidak memerlukan bahan kimia apapun. Akan tetapi, cara menghilangkan jerawat dengan cepat menggunakan obat kimia tentunya jerawat akan segera hilang, namun biasanya cara ini akan menimbulkan efek samping.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

cara menghilangkan jerawat batu

cara menghilangkan jerawat

Berikut beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami:
  1. Bawang Putih: Zat sulfur membantu proses menghilangkan jerawat secara cepat, antijamur, antioksidan, antivirus dan antiseptik yang terkandung dalam bawang putih dapat menghilangkan peradangan kulit termasuk menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat pasir.
    Caranya:
    Ambil 1 siung bawang putih
    Potong jadi dua
    Langsung gosokkan secara lembut ke jerawat lalu diamkan selama 15 menit
    Kemudian bilas bersih dengan menggunakan air hangat.
  2. Cuka apel: Antiseptik yang terkandung dalam cuka apel mampu membasmi bakteri pemicu munculnya jerawat, ini juga termasuk menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat di hidung.
    Caranya:
    Ambil 2 sendok teh cuka apel, campur dengan air 50 ml
    Siapkan kapas kemudian celupkan pada campuran cuka apel tadi
    Oleskan ke seluruh permukaan wajah
    Oles secara bertahap ke bagian wajah yang berjerawat sekitar 2 menit
    Bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat.
  3. Yoghurt plain (tanpa rasa): Kandungan bakteri yang baik, asam alfa hidroksi dan asam laktat pada Yoghurt plain menjadi salah satu bahan alami penghilang jerawat yang cukup ampuh dan juga menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat di jidat.
    Caranya:
    Siapkan 2 sendok makan Yoghurt dan 1 sendok makan madu, aduk jadi satu sampai rata
    Oleskan secara merata pada wajah
    Biarkan sekitar 10 hingga 15 menit
    Bersihkan wajah dengan air hangat.
  4. Kulit jeruk: Kandungan antioksidan yang tinggi, flavonoid, vitamin A dan vitamin C pada kulit jeruk bisa menjadi alternative sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat batu. Selain itu kulit jeruk juga ampuh untuk membasmi jerawat, mengecilkan pori-pori, mengangkat sel kulit mati bahkan menghilangkan noda bekas jerawat.
    Caranya:
    Jemur kulit jeruk secara langsung di bawah sinar matahari
    Haluskan kulit jeruk
    Tambahkan sedikit air
    Oleskan di bagian wajah, terutama wajah yang berjerawat
    Biarkan selama 15 hingga 30 menit
    Bersihkan wajah dengan air hangat.
  5. Pepaya: Kandungan antioksidan serta enzim papain pada Pepaya berfungsi untuk menghilangkan kulit yang sudah mati dan mampu menghilangkan jerawat sekaligus mencerahkan wajah. Ini termasuk menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat di pipi.
    Caranya:
    Kupas Pepaya matang sesuai kebutuhan
    Haluskan sampai jadi bubur
    Campurkan lemon atau satu sendok madu
    Oleskan ke wajah secara merata
    Biarkan selama 20 sampai 30 menit
    Bersihkan menggunakan air hangat.
  6. Tomat: Kandungan vitamin A dan C pada Tomat ini bisa menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat dan bruntusan di wajah, cara mengaplikasikannya sama dengan Mentimun.
    Caranya:
    Ambil 1 buah tomat yang matang
    Potong tipis atau blender
    Letakkan atau oleskan ke permukaan wajah
    Biarkan sekitar 15 sampai 30 menit
    Bersihkan wajah dengan air hangat.
  7. Mentimun: Kandunga vitamin A, B, dan C serta asam amino dan antioksidan pada Mentimun dapat menghilangkan jerawat sekaligus memberi sensasi segar.
    Caranya:
    Potong mentimun secara tipis-tipis
    Tempelkan ke wajah, terutama yang berjerawat
    Biarkan sekitar 15 sampai 30 menit
    Bersihkan wajah dengan air hangat.
  8. Putih telur: Kandungan enzim lysonzim yang terdapat pada putih telur bisa membunuh bakteri penyebab jerawat.
    Caranya:
    Ambil telur dan pisahkan putihnya saja
    Kocok sampai mengembang
    Bisa dicampur dengan lemon atau perasan jeruk nipis biar tidak bau
    Oles secara merata ke wajah
    Biarkan sekitar 15 sampai 30 menit
    Bersihkan dengan air hangat.
  9. Lidah buaya: Polifenol yang terkandung dalam Lidah buaya merupakan senyawa aktif yang dapat menghilangkan jerawat.
    Caranya:
    Belah lidah buaya sehingga keluar dagingnya
    Haluskan sampai menjadi seperti jelly
    Oleskan ke bagian wajah
    Biarkan sekitar 30 hingga 45 menit
    Bersihkan wajah dengan air hangat.
  10. Madu: Hangatkan Madu lalu oleskan ke wajah secara rutin tiap hari, kandungan antibakterial pada Madu asli dan murni sangat berperan sebagai penyembuhan luka dan penghilang jerawat.
    Caranya:
    Siapkan 1 sampai 2 sendok makan madu asli serta murni
    Hangatkan sekitar 30 detik menggunakan microwave
    Oleskan ke bagian wajah lalu biarkan sekitar 15 menit
    Bersihkan wajah dengan air biasa.
  11. Perasan air lemon: Perasan air lemon dapat menghilangkan jerawat dan noda hitam bekas jerawat, Asam askorbat-L yang terkandung dalam lemon ternyata ampuh untuk mengurangi masalah peradangan di kulit seperti jerawat bahkan bisa menghapus noda hitam bekas jerawat.
    Caranya:
    Ambil 1 buah lemon
    Potong jadi 2
    Peras lemon tersebut
    Oleskan perasan air lemon tersebut ke bagian wajah, khususnya yang berjerawat
    Biarkan selama 15 sampai 20 menit
    Bilas dengan menggunakan air hangat
    Anda juga bisa mencampurkan satu sendok madu ke dalam perasan air lemon tersebut.

Baca juga: Manfaat Spirulina untuk Jerawat

Nah, itu dia cara-cara menyembuhkan jerawat hanya dalam 1 hari. Jika tidak percaya bisa kamu praktekkan langsung saja dirumah, pastinya ampuh banget deh!