15 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Bagaimana Cara Mengatasi dan Menghilangkan Capek, Lelah serta Pegal yang Berlebihan di Badan

Digitren.id – Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara untuk mengatasi dan menghilangkan capek, lelah serta pegal yang berlebihan di badan, ada baiknya kita mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, sebab hal ini tentunya akan sangat berguna sehingga kita bisa menghindari gejala yang diakibatkan oleh penyebab yang sama.

cara menghilangkan capek

cara menghilangkan capek

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan capek, lelah serta pegal yang berlebihan, diantaranya:

  1. Kurang tidur

Orang dewasa biasanya akan membutuhkan waktu istirahat minimal diatas 5 jam, atau efektifnya 7 jam waktu istirahat. Kelelahan yang timbul akibat kurang tidur biasanya di tandai dengan rasa kantuk saat beraktifitas dan di teruskan dengan lemas serta lelah dan pegal.

  1. Terlalu banyak mengkonsumsi Cafein

Penyebab yang satu ini sebenarnya masih satu bagian dengan yang no 1, sebab menkonsumsi terlalu banyak Cafein akan menyebabkan rasa kantuk hilang. Biasanya orang mengkonsumsi Cafein (kopi, dan minuman berenergi) untuk menghilangkan rasa kantuk dan menambah semangat saat beraktifitas, baik kerja atau berolah raga, namun jika mengkonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan efek yang berkepanjangan, dan akibatnya Anda akan kehilangan rasa ngantuk saat malam hari dan mengakibatkan waktu istirahat Anda berkurang.

  1. Depresi

Jika Anda terlalu banyak mengalami masalah dan menjadi beban pikiran Anda, ini bisa jadi penyebab Anda merasa lelah, sebab saat Anda mengalami depresi banyak gangguan pada pikiran yang berpengaruh terhadap fisik Anda, salah satunya menyebabkan nafsu makan berkurang yang otomatis akan membuat asupan energi yang dibutuhkan tubuh berkurang dan menyebabkan kelelahan.

Selain ketiga penyebab diatas, masih banyak penyebab lain yang bisa menimbulkan gejala kelelahan pada tubuh Anda, diantaranya penyakit Diabetes, Anemia, Hypothyroidism, Infeksi Saluran Kemih, Penyakit Jantung Dll.

Cara mengatasinya akan sangat mudah jika Anda tahu salah satu penyebab yang mengakibatkan Anda mengalami kelelahan tubuh. Beberapa hal yang dapat menghindarkan Anda dari rasa kelelahan yang berlanjut ialah:

  1. Penuhi kebutuhan makan Anda, biasakan makan teratur dan sarapan pagi dengan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, makan makanan yang mengandung serat, serta hindari minuman yang mengandung cafein. Biasakan tidur cukup setiap malam, beri waktu cukup pada tubuh Anda untuk memulihkan energi yang terkuras saat beraktifitas siang hari tadi.
  2. Jika Anda mempunyai beberapa penyakit yang tertera diatas, lebih baik Anda konsultasi dengan dokter ahli untuk membantu Anda menyelesaikan masalah kelelahan yang berlebih.
  3. Kurangi makan makanan yang diolah atau junk food seperti Burger, permen, makanan kemasan. Karena makanan ini mengandung bahan pengawet dan garam yang menjadikan tubuh akan bekerja lebih lambat.
  4. Pilihlah makanan yang segar dengan kandungan yang lebih banyak nutrisi. Ini bisa dipraktikkan misalnya dengan makan buah-buahan yang lagi musim, sehingga buahnya matang secara alami.
  5. Makan ikan yang memiliki kandungan minyak omega-3 seperti ikan Salmon ternyata bisa membuat semangat dan mengurangi kelelahan.
  6. Makan dengan intensitas yang sering dalam porsi sedikit bisa membuat stabil kadar gula darah. Ini bisa dijalankan dengan mengkonsumsi camilan sehat tiap 3 sampai 4 jam sekali.
  7. Konsumsi karbohidrat kompleks guna mencegah peningkatan dan penurunan kadar gula darah dalam waktu yang singkat.
  8. Hindari minuman keras, walaupun minuman keras bisa membuat Anda tertidur lebih nyenyak, pada kenyataannya mengkonsumsi minuman alkohol bisa membuat tidur Anda tidak nyenyak. Dan keesokan harinya, tubuh Anda akan terasa lebih lelah daripada sebelumnya.
  9. Sempatkan untuk beristirahat di tengah kesibukan Anda agar bisa lebih produktif lagi saat kembali bekerja. Kesenangan dan kegembiraan menjadi pemacu energi yang baik untuk meredakan kelelahan.

Demikianlah tadi beberapa tips tentang cara mengatasi dan menghilangkan capek, lelah serta pegal yang berlebihan. Semoga ulasan diatas dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan bisa membantu untuk mengatasi masalah kelelahan yang berlebih pada tubuh anda. Salam sehat selalu !