12 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

CARA MENGATASI KULIT WAJAH KERING DENGAN BAHAN ALAMI

Digitren.id – Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering, Kulit adalah pondasi awal dari bagian tubuh kita yang sangat bepengaruh dalam kehidupan kita sehari-hari. Ada sebagian dari masyarakat yang mengeluhkan keadaan kulit wajah mereka yang sangat kering dan tidak mudah diatur, tentu saja bagi sebagian masyarakat kulit wajah yang kering merupakan masalah yang cukup serius, karena bisa menimbulkan kerutan, jerawat yang berlebih, kulit menjadi lebih kusam, dan lebih parahnya bisa gatal-gatal yang sangat mengganggu.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering

Untuk kamu pengidap kulit wajah yang kering, cara mengatasinya cukup mudah dan gampang dilakukan kok. Semua tergantung dari kalian dalam langkah perawatannya, berikut ini ada beberapa cara mengatasi kulit wajah kering yang ampuh agar lenyap dalam beberapa hari, yuk kita simak.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering

Semua bagian dari tubuh kita adalah mahkota, apalagi jika berurusan dengan kulit, semua manusia pasti ingin memiliki kulit yang lembab, tidak nampak pori-pori dan juga cerah. Sama halnya dengan urusan kulit wajah, kulit wajah merupakan aset penting bagi pria atau pun wanita, karena dari situlah kepercayaan diri muncul.

Biasanya kulit kering ini disebabkan karena salah penggunaan sabun mandi, sabun muka dan alat make up yang lainnya. Hal-hal itulah yang umumnya menjadi faktor terjadinya kulit kering pada tubuh kita. Eitss, tapi jangan khawatir! Berikut ada beberapa cara mengatasi kulit wajah kering secara efektif dan mudah dilakukan sehari-hari. Penasaran? Kepoin aja yuk, berikut ini cara mengatasi kulit wajah kering secara alami:

  1. Konsumsi Banyak Sayuran, Buah-Buahan Dan Perbanyak Minum Air Putih

Faktor dari makanan juga bisa mempengaruhi kulit kering kita bisa menjadi lebih sehat, contohnya seperti mengkonsumsi banyak sayuran, buah-buahan dan berbagai makanan bergizi terpercaya lainnya, dan yang paling utama adalah banyak-banyak minum air putih. Mengapa? Karena air putih mengandung banyak mineral baik bagi kesehatan tubuh kita agar terhindar dari dehidrasi, entah itu dehidrasi tenggorokan ataupun kulit kita. Selain untuk kesehatan, air putih juga sangat segar jika dikonsumsi sehari-sehari.

  1. Mengonsumsi Ikan

Siapa sangka bahwa mengkonsumsi ikan bisa membuat kulit kita terlepas dari kulit kering. Anjuran mengonsumsi ikan untuk kulit kering juga tidak asal bicara ya, hal ini sudah banyak diutarakan oleh para ahli kulit. Dengan catatan bisa menyeimbangkan dengan makan sayuran agar kulit lebih terisi oleh vitamin dan asam lemak baik, selain itu juga bisa membuat kulit kita terhindar dari dehidrasi, lembab dan kenyal.

  1. Manfaatkan Lidah Buaya

Yang saya maksud bukan lidah buaya yang ada pada hewan buaya loh ya. Lidah buaya yang saya maksud adalah salah satu jenis tumbuhan atau tanaman yang sangat terkenal, karena memang banyak sekali kegunaan di dalamnya.

Tumbuhan lidah buaya ini juga sangat manjur karena memiliki nutrisi guna untuk menjaga kulit kering kita agar terlepas dari kekeringan, lidah buaya ini juga sangat baik melawan pantulan sinar cahaya matahari yang menyerang kulit. Selain untuk mengatasi kulit wajah yang kering, ternyata manfaat lidah buaya juga bisa untuk mengatasi masalah kerutan di bawah mata. Cara alami menghilangkan kerutan dengan lidah buaya dan juga bisa menggunakan ekstrak biji Anggur, Minyak Zaitun, dan Lemon.

  1. Sering Berolahraga

Merawat kulit kering yang kita miliki tidak hanya dibantu dengan berbagai jenis tumbuhan dan makanan, namun harus diseimbangkan dengan olahraga yang teratur. Karena ketika berolahraga, kardio akan meningkat dan memompa jantung sehingga peredaran darah lebih lancar, dengan begitu kulit menjadi lebih kencang dan segar.

  1. Perawatan Muka Dengan Masker Alpukat

Biasanya alpukat kita jadikan sebagai jus atau santapan buah yang lezat, tapi untuk perawatan kulit kering juga bisa menggunakan alpukat sebagai obatnya. Caranya mudah, dengan menjadikan alpukat sebagai masker wajah dan tempelkan pada muka beberapa menit hingga kering, masker ini bisa kamu tambahkan madu agar lebih ampuh.

Cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas secara alami dengan mudah

Kulit mengelupas merupakan hal yang sudah biasa pada jenis kulit kering sehingga kulit akan kelihatan bersisik, iritasi, kusam, terjadi radang dan gatal. Pemicu kulit kering dan mengelupas diantaranya adalah karena paparan cahaya matahari yang berlebih, cuaca ekstrim, infeksi, kurap, ruam kulit, dermatitis, eksim, alergi dan efek samping dari pemakaian obat-obatan maupun alat kecantikan yang berbahan kimia. Agar keadaan kulit tidak bertambah parah, beberapa metode untuk mengobatinya dengan menggunakan bahan alami seperti di bawah ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk membantu menyelesaikan dan mempercepat penyembuhan kulit kering, berikut cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas secara alami.

cara mengatasi kulit wajah kering secara alami

cara mengatasi kulit kering secara alami

Minyak zaitun: Asam lemak yang terkandung dalam minyak Zaitun bisa menjadi pelembab alami yang sungguh bagus dan cocok untuk merawat kulit kering. Ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi kulit wajah kering mengelupas agar kulit kembali normal seperti semula. Selain bisa melembabkan kulit, vitamin E yang terkandung dalam minyak Zaitun juga bisa melawan radikal bebas yang menjadi pemicu penuaan dini pada kulit.
Caranya:

  • Hangatkan minyak Zaitun di atas api
  • Lalu usapkan dengan lembut ke bagian kulit yang kering dan mengelupas sampai meresap
  • Lakukan paling tidak tiga kali dalam sehari sampai kulit kembali membaik.

Baca juga: Cara Membuat Masker Spirulina Dengan Minyak Zaitun

Lidah buaya: Lidah buaya memiliki sifat penyembuhan dan bisa menjadi pelembab alami untuk menyelesaikan masalah kulit kering dan mengelupas serta mengurangi iritasi, gatal-gatal dan peradangan pada kulit. Ini juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi kulit wajah kering dan perih yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Caranya:

  • Ambil daging Lidah buaya
  • Campurkan dengan isi kapsul vitamin E
  • Lalu oleskan pada kulit yang kering
  • Diamkan sampai kering
  • Bersihkan dengan air hangat
  • Lakukan 2 hingga 3 kali dalam sehari sampai kondisi kulit kembali membaik.

Mentimun: Buah Timun mengandung banyak air sehingga bisa menyelesaikan masalah dehidrasi pada kulit dan mengurangi gatal-gatal serta iritasi pada kulit, ini juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi kulit wajah kering dan gatal. Selain itu Mentimun juga mengandung vitamin C yang dapat mengurangi pengaruh buruk terhadap paparan sinar matahari dan memperbaiki keadaan kulit.

Caranya:

  • Parut buah Timun secukupnya
  • Lalu oleskan ke kulit
  • Diamkan selama 20 menit
  • Bersihkan dengan menggunakan air hangat.
  • Anda juga bisa mencampurkan lidah buaya ke dalam parutan buah Timun, lakukan tiap hari untuk menjaga kelembapan kulit sampai kulit kembali membaik.

Madu: Madu benar-benar sangat bagus untuk mengatasi kulit yang kering dan kulit mengelupas, bahkan ini juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi kulit wajah kering bersisik. Kandungan enzim, glukosa, air, lemak dan fruktosa dalam madu bisa menjadi pelembab alami untuk kulit dan mengurangi iritasi serta gatal pada kulit.

Caranya:

  • Oleskan madu secara lembut ke kulit
  • Diamkan selama 15 menit
  • Lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat
  • Lakukan secara rutin dan teratur agar kulit menjadi lebih kenyal dan lembut.

Baca juga: Cara Membuat Masker Spirulina Dengan Madu

Susu: Susu betul-betul sangat bagus untuk mengatasi masalah kulit kering mengelupas, termasuk juga menjadi salah satu cara mengatasi kulit wajah kering dan berjerawat.

Caranya:

  • Siapkan susu cair
  • Campurkan dengan madu secukupnya
  • Lalu oleskan ke kulit dan dipijat dengan lembut
  • Diamkan selama 10 menit
  • Bersihkan dengan menggunakan air hangat, lakukan paling tidak 2 kali dalam sehari.

Yoghurt: Yoghurt mempunyai kandungan yang bisa membantu mengobati masalah kulit mengelupas dan sebagai pelembab alami untuk kulit kering. Ini juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi kulit wajah kering dan berminyak yang sangat mengganggu penampilan Anda.

Caranya:

  • Siapkan satu sendok makan Yoghurt dan satu sendok teh madu
  • Kemudian campurkan dan aduk jadi satu sampai rata
  • Lalu oleskan pada kulit
  • Diamkan sampai kering sendiri
  • Terakhir bersihkan dengan menggunakan air hangat.

Itulah beberapa cara mengatasi kulit wajah kering gatal dan mengelupas secara alami gaes, mudah dan bahan-bahannya gampang ditemukan bukan? Kesehatan muka memang prioritas utama dalam berpenampilan, maka dari itu jangan sungkan mengikuti cara di atas agar kulit kering kita menjadi lebih sehat.