12 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

9 CARA MENGATASI JERAWAT DI DADA DENGAN CEPAT

Digitren.id – Cara Mengatasi Jerawat di Dada, Gangguan kulit ada berbagai macam, seperti panu, jerawat, bruntusan dan lain-lain. Hal itu tentu saja menjijikan bukan? Seperti halnya jerawat yang ada di dada, hal seperti ini pastinya akan menurunkan kepercayaan diri di dalam diri kita. Contohnya jika ingin memakai baju renang, pakaian sedada, ataupun gaun yang berukuran rendah di bagian dada, kalian mungkin akan segera mengurungkan keinginannya karena terdapat jerawat didada, dan pasti kalian tidak ingin mempermalukan diri di khalayak orang banyak.

cara mengatasi jerawat

cara mengatasi jerawat

Mengapa jerawat bisa tumbuh di dada? Hal ini dikarenakan komedo yang terbuka, luka yang ada pada dada, jerawat kering yang meradang, dan juga terdapat kelenjar minyak pada bagian tersebut. Tapi jangan khawatir, kamu bisa mengetahui cara mengatasi jerawat di dada tersebut dengan benar dan tepat.

Cara Mengatasi Jerawat Di Dada

Mengatasi jerawat di dada adalah sebuah tindakan yang paling baik dan cerdas, daripada membiarkan jerawat bersarang selamanya di dada kamu dan menurunkan kepercayaan diri. Bukan itu saja, bisa juga menyerang kesehatan kulit kalian loh, maka dari itu lebih dijaga dengan baik.

Agar kalian tidak semakin penasaran, dibawah ini ada beberapa cara agar jerawat di dada bisa teratasi dengan baik.

  1. Menggunakan Garam Laut

Garam laut bisa menyembuhkan jerawat di dada? Yakin? Tentu saja dong, karena di dalam garam laut ini mengandung zat yang bisa membersihkan, menghilangkan dan juga mensterilkan jerawat yang ada pada dada kita dan tentu saja sampai bekas-bekas jerawatnya. Agar tidak bingung, berikut cara penggunaannya dengan benar:

  • Pertama siapkan dahulu 1 liter air dan tuangkan pada mangkuk kecil atau besar, lalu beri 1 cangkir garam laut tersebut.
  • Ambil kain putih lalu rendam kedalam mangkuknya.
  • Lalu, kemudian air garam diperas tapi ingat jangan sampai kering.
  • Tahap akhir, usapkan kain tersebut ke dada kamu yang berjerawat, bukan hanya ke dada saja ya, kebagian leher, pundak dan bisa juga lengan atas. Dan bersihkan sekitar 2-3 menit, kemudian ulangi proses tersebut sebanyak 4-5 kali, agar lebih cepat bekerja.
  1. Manfaatkan Putih Telur

Putih telur memang banyak sekali kegunaannya, bagi kaum hawa putih telur sering digunakan sebagai masker agar wajah menjadi lebih kencang. Tapi tidak hanya itu saja kok, putih telur ini bisa juga digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat ataupun jerawat yang membandel, karena di dalam putih telur ini mengandung nutrisi dan mineral yang sangat baik bagi kulit. Caranya membuatnya:

  • Awalnya pisahkan saja dulu putih telur dan kuningnya, karena memang hanya putih telurnya saja yang dipakai.
  • Kemudian kocok putih telur secara merata dan hingga mengeluarkan busa.
  • Lalu, langsung saja usap dan oleskan pada area jerawat di dada kamu.
  • Jika sudah, tunggu hingga menyerap. Bisa kamu tambahkan setiap lapisannya, tergantung selera.
  • Membilasnya jangan menggunakan air dingin melainkan dengan air hangat, mengeringankannya dengan handuk yang bersih agar kuman tidak mampir ke dada kamu lagi.

Baca juga: Cara Membuat Masker Dengan Putih Telur

  1. Gunakan Lidah Buaya

Tidak ada habisnya lidah buaya membantu dalam kesehatan kulit tubuh, dan berbagai macam kegunaannya. Lalu mengapa lidah buaya mampu membersihkan jerawat? Hal ini dikarenakan lidah buaya mengandung cairan yang mampu membuat luka menjadi rileks, dan efek dari gatal-gatal jerawat pun bisa ditangani dengan lidah buaya ini. Cara meraciknya:

  • Pertama, potong lidah buaya menjadi beberapa bagian bentuk (terserah bentuknya).
  • Kemudian, comot cairan yang ada di dalam lidah buayanya, lalu oleskan perlahan pada jerawat yang ada di dada kamu.
  • Tunggu dan diamkan 10 menit lamanya hingga terlihat kering.
  • Bilas dengan air biasa secara merata dan bersih.

Cara Mengatasi Jerawat Batu

Kalian pasti tahu kan kalau jerawat bisa datang kapan saja dan tidak mengenal tempat. Namun, pernahkah kalian sadari bahwa ada beberapa jerawat yang sangat membahayakan kulit jika terus dibiarkan, contohnya seperti jerawat batu. Jerawat Batu sangat mencolok diwajah, bahkan lebih mencolok dari jerawat biasa. Yuk kita pelajari jenis jerawat batu agar kita tahu dan bisa antisipasi jika wajah terserang jerawat yang sangat mengganggu ini!

Sebenarnya, Apa sih Jerawat Batu itu ?
Jerawat Batu sebetulnya hampir sama seperti jerawat-jerawat pada umumnya, yang terjadi karena penyumbatan di pori-pori kulit. Tapi bedanya, jerawat batu memilki ukuran yang sangat besar daripada jerawat biasa. Terjadi peradangan yang sangat besar di bawah kulit. Hal ini benar-benar sangat bahaya karena mungkin jerawat batu tersebut ada kista di dalamnya. Di bawah ini ada beberapa ciri-ciri jerawat batu :

Cir-ciri Jerawat Batu

  1. Mempunyai ukuran yang lebih besar daripada jerawat biasa, bahkan bisa sampai diameter 0.5 cm
  2. Terdapat di dalam kulit
  3. Di luar sangat lembut namun di dalam terdapat benjolan
  4. Bila disentuh sangat menyakitkan
  5. Benjolan di dalamnya berisi cairan

Penyebab Jerawat Batu
Setelah mengetahui apa itu jerawat batu dan apa saja ciri-cirinya, sekarang kita harus mengetahui beberapa hal yang menjadi penyebab jerawat batu.

  • Stres yang berlebihan
  • Sel kulit mati yang berlebihan pada pori-pori kukit
  • Wajah yang berminyak secara berlebih akibat kelenjar minyak
  • Penyebab terbesar adalah bakteri yang menyerang jerawat, sehingga terjadi peradangan yang luar biasa.

Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Disini terdapat beberapa obat jerawat batu tradisional yang biasa digunakan oleh nenek moyang kita. Lebih baik mengobati sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Tips Mengobati Jerawat Batu :

cara mengatasi jerawat

cara mengatasi jerawat

Akupuntur
Mungkin yang satu ini kalian membutuhkan sedikit biaya tambahan, namun Akupuntur dari jaman dulu memang sudah terkenal bisa mengobati berbagai macam penyakit, termasuk cara mengatasi jerawat meradang bisa dengan menjalankan terapi Akupuntur ini. Dengan terapi Akupuntur ini jerawat batu akan berkurang dan lenyap.

Masker Jahe
Jahe mempunyai sifat anti-inflamasi yang sangat kuat, Jahe bisa menghambat Inflamasi zat kimia dalam tubuh yang biasa disebut Leukotrien. Karena jerawat batu juga menjadi masalah inflamasi, maka jahe bisa dijadikan alternatif untuk mengobati jerawat batu kalian. Tidak hanya jerawat batu, menggunakan masker Jahe secara rutin dan teratur juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi jerawat pasir yang sangat menyakitkan.

Baca juga: Masker Terbaik di Dunia

Campuran Kayu Manis dan Pala
Masker Kayu manis Pala ditambah sedikit campuran madu ternyata bisa mengobati jerawat batu. Caranya sangat mudah, yaitu hanya dengan memarut kayu manis dan pala ditambah sedikit madu kemudian oleskan ke wajah dan diamkan selama beberapa saat dan bersihkan dengan menggunakan air hangat. Racikan kayu manis dan biji Pala ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi jerawat di punggung.

Cuka Sari Apel
Setiap pagi dan sore usahakan semprot dengan menggunakan sari cuka apel yang mentah. Sari Cuka apel ini mempunyai kandungan asam yang ampuh dalam pengelupasan kulit. Cuka Sari Apel ini juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi jerawat di hidung dan bisa melembutkan serta menyeimbangkan pH kulit.

Bersihkan Wajah dengan Madu di Pagi Hari
Setiap pagi hari cucilah wajah Anda dengan madu, caranya cukup oleskan pada wajah sambil pijat secara halus dan perlahan. Madu juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi jerawat bernanah, sebab dalam Madu ada kandungan anti bakteri sehingga bisa membantu membunuh bakteri yang menjadi penyebab timbulnya jerawat batu dan jerawat bernanah.

Membersihkan dengan Minyak Zaitun di Sore Hari
Cobalah bersihkan wajah kalian dengan menggunakan minyak Zaitun pada sore hari dan diamkan sekitar 1/2 jam kemudian bilas dengan pencuci wajah sampai bersih. Pastinya wajah kalian akan menjadi lebih baik dan lembih lembut, penggunaan minyak Zaitun juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi jerawat di dagu.

Cara Mencegah Jerawat Batu

  • Perbanyak minum Air Putih
  • Hati-hati dalam menggunakan produk
  • Rutin melakukan kegiatan olah raga
  • Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan
  • Cuci muka paling tidak 2 kali dalam sehari
  • Jauhi kebiasaan mengorek-ngorek jerawat dengan tangan

Baca juga: Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat

Itulah beberapa cara mengatasi jerawat yang ada di dada, bahannya mudah dicari dan gampang dipraktekan. Tapi, jika kamu alergi dengan salah satu bahan diatas bisa mencoba cara yang lainnya ya!