Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa Dengan Air Milagros
Beranda » Kesehatan » Membasahi Bibir Kering dengan Air Ludah Tak Disarankan Dokter Saat Puasa, Apa Alasannya?

Cara mengatasi bibir kering saat puasa – Saat puasa, bibir kering merupakan hal yang umum terjadi karena kekurangan cairan. Jika ini terjadi pada Anda, dokter tidak menyarankan untuk melumuri bibir dengan air ludah. Mengapa?

dr. Aninda Marina, SpDV dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) berbagi ilmu dan berbagi pengalamannya dengan Anda.

cara mengatasi bibir kering saat puasa

cara mengatasi bibir kering saat puasa

“Kebiasaan menjilat-jilat bibir ini termasuk kebiasaan buruk karena membuat kekeringan bibir lebih lanjut,” katanya dikutip dari ANTARA, Senin (4/4/2022).

Air liur mengandung enzim pencernaan yang bila terkena bibir karena dijilati tidak langsung mendegradasi lapisan kulit atau mukosa. Jadi, membasahi atau menjilati bibir bukanlah salah satu cara mengatasi bibir kering saat puasa.

Akibatnya, lapisan bibir terganggu sehingga dapat menyebabkan eksim dan terganggunya sawar kulit atau sawar skin (berfungsi mencegah keluar atau masuknya zat yang berada di luar tubuh atau dari dalam tubuh).

Baca Juga:
Berpuasa Membuat Bibir Kering, Dokter Sarankan Jangan Dijilati: Termasuk Kebiasaan Buruk!

Cara mengatasi bibir kering saat puasa
Ilustrasi bibir kering [shutterstock]

Pambatasan dan kalori beberapa jam selama pengeluaran cairan dan kekurangan cairan yang Anda konsumsi saat berbuka puasa serta sahur dapat menyebabkan kulit dehidrasi.

Dengan tanda-tanda antara lain bersisik, pecah pecah, kering dan gatal. Pada kondisi kekurangan cairan ini, sel menjadi regang dan regenerasi kulit tidak baik sehingga mudah terlihat berisisik.

“Selain kulit, organ mukosa dari penyokong kulit seperti bibir juga biasanya muda sekali kering, pecah-pecah. Dari pecah-pecah itu bisa membuat gatal dan nyeri.

Agar tubuh tak dehidrasi, sebaiknya penuhi kebutuhan cairan, yakni 30 ml per kg berat badan dalam 24 jam, sesuai anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Nah, mengenai cairan yang bagus untuk dikonsumsi saat bulan Ramadhan adalah air Milagros. Sebab air Milagros kaya akan antioksidan tinggi dengan kadar pH yang tinggi pula. Namun, agar lebih maksimal pastinya tetap menggunakan rumus dalam mengkonsumsi air Milagros.

“Kalau beratnya lebih dari 50 kg, bisa isi 1,5 liter per liter, 24 jam sehari atau 8 jam (2 liter),” kata Aninda. Ini merupakan salah satu cara mengatasi bibir kering saat puasa.

Anda sebaiknya menyarankan kopi, soda dan minuman manis karena bisa menghambat penyerapan nutrisi. Makanan dan minuman manis juga dapat meningkatkan gula darah secara tiba-tiba dan ini mengganggu metabolisme tubuh.

Baca Juga:
4 Tips Cegah Bibir Kering agar Selalu Lembap dan Sehat

Berikan kebutuhan nutrisi yang seimbang dan bergizi seperti karbohidrat kompleks gula rendah, protein tinggi, sayur dan buah dengan kandungan vitamin A, B, C dan E yang sesuai kebutuhan kalori per individu.

Selama bulan Ramadhan, ini adalah hari di mana cincin akan dibacakan dan doa akan dibacakan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama digitren.id di Indonesia Dermawan.
Untuk terhubung dengan banyak masukan jumlah sedekah silakan
KLIK DISINI!

Sumber: https://www.suara.com

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.