12 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Cara Membuat Website Toko Online Dengan Memanfaatkan CMS

Digitren.id – Saat ini, pemasaran produk melalui online kelihatannya jauh lebih menjanjikan bagi para pebisnis. Kenapa demikian? Sebab audience yang lebih luas, perubahan gaya hidup masyarakat juga membuat mereka lebih tertarik belanja online daripada belanja secara langsung ke tempat lokasi fisiknya. Untuk itu, bagi Kamu yang mau terjun di dunia bisnis online ada baiknya memahami tentang cara membuat website toko online untuk menunjang bisnis Kamu agar sukses.

cara membuat website toko online

cara membuat website toko online

Produk yang dipasarkan secara online pun bermacam-macam, mulai dari produk makanan, produk digital, fashion dll. Berbagai macam produk itu dapat dijual lewat marketplace, media social atau yang paling menjanjikan adalah membangun toko online sendiri.

Ya, Kamu bisa membangun situs toko online untuk menggiring kepercayaan lebih dari para calon customer kepada toko ataupun produk Kamu. Jadi bagi Kamu yang mau bergelut atau sedang terjun ke dunia pemasaran online, tak ada salahnya langsung membangun website toko online.

Adapun cara membuat website toko online dengan WordPress sangat gampang. Selain itu platform yang menawarkan layanan ini juga benar-benar banyak dengan bermacam-macam kelebihannya masing-masing.

Cuma yang jadi masalah, untuk pembuatan website toko online dari awal, Anda harus faham bahasa pemrograman dulu seperti PHP, HTML, Javascript Python dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga harus faham seputar domain dan hosting, security site dan beberapa keahlian khusus yang lain.

Sementara, untuk Kamu yang tidak mau ribet dan mau langsung mempunyai website toko online, Kamu bisa menggunakan CMS. Tidak harus faham bahasa pemrograman dan tidak memerlukan waktu yang lama, Kamu sudah bisa membuat website toko online.

Cara membuat website toko online gratis via CMS atau Content Management System ini adalah cara paling gampang dan memungkinkan Kamu untuk mengerjakan perubahan manajemen konten yang cocok dengan harapan.

Jadi kesimpulannya, CMS adalah situs yang sudah jadi, sehingga Kamu tinggal menyesuaikan saja sesuai dengan kemauan. CMS yang bisa digunakan juga ada bermacam-macam jenis, seperti WordPress, Drupal dan Joomla. Sementara untuk pembuatan situs toko online ada OpenCart, Prestashop dan lain sebagainya. Kemudian untuk pembuatan e-learning pada Moodle.

Penerapan CMS ini menjadi trobosan yang terbaik bagi para pemula yang baru terjun di dunia bisnis online. Menariknya lagi, sebagian dari CMS itu dapat dipakai secara cuma-cuma, tidak dipungut biaya dan telah dilengkapi dengan keamanan tingkat tinggi.

Cara Membuat Website Toko Online Melalui Prestashop

Prestashop adalah salah satu CMS yang tersedia khusus buat Kamu yang mau membuat toko online. Prestashop itu sendiri dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Sama seperti CMS yang berbasis WordPress, disini Anda juga bisa membangun situs yang sesuai dengan yang Kamu inginkan, sebab fiturnya yang memungkinkan Kamu mengerjakan pengaturan dengan mudah dan bebas.

Dari sini, Kamu juga akan memperoleh bermacam-macam fitur penunjang seperti menu keranjang, menu tambah orderan, menu sistem pembayaran, menu katalog produk, fitur pengiriman dan lain sebagainya. Dengan berbagai fitur yang telah tersedia, Kamu tidak perlu lagi membuat website toko online dari nol.

Cara membuat website toko online via Prestashop ini benar-benar gampang, cukup sesuaikan lokasi, sistem pembayaran, mata uang serta segudang fitur yang diperlukan pada toko online Anda.

Lalu, bagaimana dari sisi tampilannya? Untuk tampilan, Anda tidak perlu cemas, sebab disini tersedia banyak pilihan tema yang menarik. Konsep tema yang beranekaragam membuat Kamu bebas memilih mana yang paling cocok dengan produk dagangan Anda.

Kemudian dari sisi security atau keamanan, Kamu juga sudah tidak usah repot lagi untuk mengerjakan pengaturan secara manual, karena team Prestashop telah menjamin keamanan website. Yang menarik lagi, Kamu bisa memperoleh seluruh layanan tersebut dengan gratis!

cara membuat website toko online

cara membuat website toko online

Kelebihan Prestashop Untuk Pembuatan Website Toko Online

Kenapa CMS Prestashop benar-benar direkomendasikan untuk Kamu yang mau membuat website toko online dengan gampang dan cepat? Berikut sebagian kelebihan yang ditawarkan Prestashop untuk Kalian:

  • Mudah digunakan
  • Tidak harus mengerti bahasa pemrograman
  • Bisa dikelola dengan bahasa Indonesia
  • Bisa dimanfaatkan secara gratis
  • Pengguna bisa mengembangkan module sendiri
  • Banyak pilihan tema dna module yang dapat digunakan
  • Pengguna bisa melakukan perubahan sesuai keinginan
  • Menawarkan layanan seperti toko online professional
  • Memiliki berbagai fitur (pesanan, pembayaran, customer, pengiriman, statistic penjualan dan lain sebagainya)

Langkah Membuat Website Toko Online

Ada banyak sekali pilihan cara yang dapat Kamu pakai untuk membuat toko online lewat Prestashop, mulai dari install manual, memakai Softaculous dan lain sebagainya. Berikut tutorial lengkapnya:

1. Instalasi Manual
Langkah awal dan yang paling gampang untuk dikerjakan yaitu langsung unduh file zip Prestashop. Berikutnya langsung lakukan kustomisasi pada localhost atau langsung pada hosting.

Anda bebas mengisi konten, memilih tema, memasang produk, menuliskan harga produk dan spesifikasi lengkapnya via localhost. Sesudah itu segera lakukan unggah ke hosting via File Manager atau langsung unggah via FileZilla.

2. ViaSoftaculous Apps Installer
Apabila sebelumnya Kamu sudah punya domain dan hosting, Kamu bisa membuat toko online dengan CMS Prestashop via Softaculous App Installer. Softaculous Apps Installer sendiri adalah auto installer yang ada di Hosting dan mempunyai fungsi untuk memudahkan instalasi bermacam-macam CMS serta bermacam-macam jenis aplikasi website yang sifatnya open source.

Kamu bisa segera masuk ke cPanel Hosting, lalu lakukan instalasi via Softaculous Apps Installer.

Setelah menerapkan cara membuat website toko online WordPress dan Prestashop di atas, berikutnya Kamu tinggal mengerjakan kustomisasi atau penyesuaian website toko online dengan keperluan dan keinginan Kamu. Banyak sekali manfaat memiliki website toko online, salah satunya untuk keperluan bisnis produk kecantikan.

Lalu, bagaimana dengan pengembangan website toko online itu? Nyaris sama dengan Blog, sebagai tolok ukur keberhasilan website toko online yaitu seberapa banyak pengunjung di website tersebut dan seberapa besar CTA yang masuk.

Untuk memperoleh peningkatan yang semakin baik dari waktu ke waktu, Anda bisa menggunakan beberapa tips berikut ini:

1. Perbaiki Tampilan Website
Penting untuk di ingat, first impression adalah yang paling utama. Apakah Kamu percaya kalau cinta pada pandangan pertama itu juga berlaku pada situs? Yes, situs yang mempunyai tampilan menarik, akan lebih gampang menarik perhatian calon pembeli.

Bayangkan, bagaimana calon pembeli minat pada produk Anda kalau tampilan websitenya saja kurang menarik? Untuk itulah, cara pertama yang dapat Kamu kerjakan untuk menarik perhatian calon pembeli adalah memperbaiki tampilan situs.

Kamu bisa memilih tema dan plugin yang menarik yang cocok dengan konsep ataupun jenis produk yang Anda jual.

2. Optimasi SEO
Optimasi SEO atau Search Engine Optimization ini sangat pengaruh untuk menaikkan pengunjung dan membuat situs Anda berada di peringkat pertama halaman Google. Selain dengan mempercantik tampilan situs, Anda juga harus memperbaiki struktur SEO.

Walaupun secara umum optimasi SEO ini hanya diperlukan untuk blog atau situs pribadi, tapi kalau Anda menanamkan Backlink pada blog tersebut ke toko online Anda, bukankah ini juga akan memberikan pengaruh yang sangat besar? Teknik pemasaran double action ini dapat memberikan grafik peningkatan yang lumayan besar.

Jadi, cara membuat website toko online sendiri menggunakan WordPress dan Prestashop sebetulnya dapat dikerjakan baik secara manual ataupun dengan menggunakan CMS. Tentunya penggunaan CMS jauh lebih praktis dan cepat.

Untuk masalah kwalitas dan keamanan, CMS malah sudah menjanjikan lebih buat Kamu. Jadi selain simpel, cepat, dan gratis, Anda juga bisa mempunyai website toko online dengan keamanan yang baik.