12 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Cara Membuat Website Gratis di Internet Melalui WordPress

Digitren.id – Pernahkah Kamu mendambakan mempunyai website pribadi yang bisa mendapatkan banyak uang? Mengapa cuma dibiarkan menjadi sebuah mimpi saja, sedangkan sekarang ini Kamu sudah bisa mempunyai website dengan gampang dan cepat serta pastinya gratis tidak dipungut biaya. Cara Membuat Website Gratis di Internet Melalui WordPress sudah banyak dilakukan oleh para pemula seperti Anda.

cara membuat website gratis

cara membuat website gratis

Tepat sekali sekarang ini sudah banyak platform yang menawarkan cara pembuatan website gratis, tidak dipungut biaya. Cara membuat website gratis di google juga benar-benar mudah dan cepat. Dimana sekarang ini sudah ada teknologi CMS atau Content Management System. Memakai CSM inilah Kamu bisa membangun website gratis dan mudah.

Cara Membuat Website Gratis dan Mudah untuk Pemula

Tentukan Website yang Ingin Dibuat

Sebelum memulai membuat website yang Kamu harapkan, pastikan dulu kalau Kamu sudah memutuskan jenis website yang mau Kamu bangun. Perlu diketahui sebelumnya, bahwa jenis situs yang dapat dibangun sangatlah bervariasi, mulai dari website toko online, website untuk perusahaan, website pribadi, website portofolio atau bahkan hanya landing page.

Tentunya tiap-tiap jenis situs tersebut mempunyai fungsi, kelebihan dan kekurangan yang berbeda, sehingga Kamu perlu memutuskan sesuai dengan keperluan atau harapan Kamu.

Memilih CMS yang Tepat

Bila sudah memastikan website yang mau dibangun, berikutnya pilih CMS yang pas. Ada banyak sekali CMS yang dapat Kamu pilih. Untuk itu banyaknya CMS yang ada, WordPress merupakan salah satu yang paling disarankan untuk Kamu.

WordPress benar-benar ramah terhadap pemula yang mau membuat website secara mudah dan gratis tidak dipungut biaya.

Selain itu, apa yang mewajibkan Kamu memilih WordPress? Ada banyak kelebihan lain yang dapat Kamu temukan disini. Pertama adalah cara membuat website gratis dengan WordPress sangatlah gampang. Kamu sama sekali tak diwajibkan mempelajari atau memahami bahasa pemrograman dulu.

Kalau diamati dari segi pengelolaannya juga sangat mudah. Kamu bisa melakukan penyesuaian tema yang cocok untuk keperluan dan harapan, dan pastinya berbagai jenis tema disini tersedia gratis tidak dipungut biaya.

Sementara dari segi keamanan, Kamu tidak usah repot atau cemas sebab WordPress sudah menjamin keamanan situs Kamu dengan baik dan tanpa dikenakan biaya pula.

Secara umum, WordPress menyediakan beberapa kelebihan, yakni:

  • Gratis
  • SEO friendly
  • Mudah dan cepat
  • Cocok untuk pemula
  • Mudah dikustomisasi
  • Mempunyai halaman admin
  • Mempunyai performa tinggi
  • Responsive untuk tampilan mobile
  • Tidak harus mengurus keamanan web
  • Banyak plugin dan template (tema)
  • Tidak harus mengerti bahasa pemrograman web

Cara Membuat Website Gratis di Internet Melalui WordPress

Bagaimana, sudah jatuh cinta dengan WordPress? Yuk segera belajar bagaimana cara membuat website toko online gratis tidak dipungut biaya via WordPress.

1. Instalasi Manual
Langkah awal untuk membuat sebuah website gratis adalah dengan menjalankan instalasi WordPress secara manual. Bagi Kamu yang sudah terbiasa dengan bahasa pemrograman atau hosting web, tentunya ini bukanlah langkah yang susah.

Kamu juga bisa segera unduh file zip pada WordPress, kemudian kustomisasi pada localhost atau langsung di hosting. Disini Kamu bebas memasang plugin, mengganti tema maupun mengisinya dengan bermacam-macam konten via localhost.

Berikutnya baru lakukan unggah ke hosting via FileZilla ataup File Manager.

2. Melalui Sofaculous App Installer

cara membuat website gratis

cara membuat website gratis

Sudah punya domain dan hosting? Kamu bisa segera membuat website gratis dengan WordPress via Softaculous App Installer. Aplikasi ini adalah auto installer yang ada di hosting dan mempunyai fungsi untuk memudahkan instalasi beragam CMS serta bermacam-macam aplikasi website yang sifatnya open source.

Kamu bisa langsung login ke cPanel Hosting, berikutnya lakukan instalasi via Softaculous App Installer.

Dua opsi cara membuat website gratis dan mudah di internet ini dapat Kamu coba salah satu. Tentunya cara pertama jauh lebih gampang bagi Kamu yang telah terbiasa dengan bahasa pemrograman.

Lalu, bagaimana dengan Kamu yang masih baru dan belum mengerti dengan bahasa pemrograman? Tidak perlu cemas, sebab WordPress memberikan pelayanan yang sangat gampang dan tak merepotkan sama sekali.

Baca juga: Tips dan Trik Ampuh Mendapatkan Domain Gratis Selamanya

Disini Kamu bisa segera membuat website via WordPress.com langsung. Berikut tutorial lengkapnya:

1. Masuk ke WordPress.com
Langkah awal adalah ketik WordPress.com pada kolom pencarian sampai Kamu masuk ke halaman utama WordPress. Sesudah itu klik “Buat Website Web Baru”. Disini Kamu juga dianjurkan untuk mengisi alamat website yang belum dipakai oleh orang lain sebelumnya.

2. Isi Informasi Secara Lengkap
Setelah masuk ke bagian pembuatan website baru, Kamu wajib mengisi beberapa informasi data. Pastikan data yang Kamu isi adalah data valid serta unik. Beberapa data yang haru diisi antara lain ialah alamat atau domisili, e-mail , nama pengguna atau username dan password website.

Untuk pengisian e-mail, pastikan Kamu memakai e-mail yang masih valid dan kerap dibuka, karena WordPress nantinya akan mengirim konfirmasi ke e-mail tersebut untuk pendaftaran e-mail.

Lalu untuk nama pengguna bisa diisi dengan nama yang antik dan cocok untuk keperluan Kamu. Nama inilah yang nantinya akan dipakai pengguna lain saat mencari website Kamu. Untuk nama pengguna juga wajib unik sebab hanya dapat dipakai oleh satu pengguna.

Dengan kata lain, nama pengguna yang telah dipakai oleh orang lain sebelumnya tidak dapat Kamu pakai lagi. Kemudian yang terakhir password website. Kamu bisa mengisinya dengan kombinasi huruf dan angka. Pemakaian huruf kapital juga sangat dianjurkan supaya keamanan lebih terjamin. Hindari juga pemakaian kata sandi yang gampang ditebak.

Apabila seluruh data sudah terisi dengan benar dan komplit. Berikutnya WordPress akan menunjukkan alamat e-mail Kamu. Kalau alamat website belum dipakai pengguna lain, akan ada ceklist warna hijau. Sementara kalau alamat website telah dipakai pengguna lain, maka ceklist akan berwarna merah dan Kamu wajib mengganti nama pengguna.

3. Sesuaikan Website
Tiba pada tahap selanjutnya, disini Kamu dapat menyesuaikan website yang cocok dengan yang Kamu kehendaki. Seperti pengaturan tema situs. WordPress sendiri telah menyediakan bermacam-macam banyak opsi tema yang dapat Kamu pakai secara gratis tanpa dipungut biaya. Selain itu Kamu juga bisa menyesuaikan pengaturan bahasa, motto website dan judul website tersebut.

4. Registrasi Email
Tahap berikutnya pada cara membuat website gratis yang menghasilkan uang di internet yaitu masuk ke e-mail yang Kamu pakai untuk mendaftar tadi. Cek apakah sudah ada e-mail masuk dari WordPress atau belum. Kalau sudah, langsung lakukan pendaftaran atau aktivasi e-mail via tautan yang tersedia.

Apabila pada kotak masuk belum ada e-mail, mungkin Kamu bisa mengeceknya di folder sampah maupun spam, karena umumnya WordPress akan segera mengirimkan e-mail konfirmasi sesaat sesudah Kamu lakukan registrasi.

Sangat gampang dan simpel kan? cara membuat website gratis dan menghasilkan uang di internet itu dapat Kamu kerjakan kurang dari 1 jam. Khusus untuk registrasi via WordPress.com, situs yang Kamu miliki adalah website tanpa domain berbayar.

Dengan kata lain, jikalau Kamu mau lebih mengembangkannya, Kamu mesti membeli Domain dan Hosting dulu. Jika belum punya, silahkan beli di Niagahoster untuk mendapatkan diskon pakai kupon a-DIGITREN, pastinya dengan modal pribadi. Eits namun tidak perlu cemas, sebab harga hosting dan domain yang tersedia sekarang ini sangat bermacam-macam, sehingga dapat disesuaikan dengan budget Kamu.

Yuk coba langsung praktikkan cara membuat website gratis lewat HP dan jangan malu untuk selalu mengawalinya dari nol sampai membuahkan hasil yang berharga nantinya.