18 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Cara Membuat Sabun Sendiri di Rumah Dengan Mudah

Digitren.id – Hari ini kami akan mengupas tentang cara membuat sabun sendiri, sabun asli sabun yang akan kita buat bukan tanpa bahan kimia. Karena air juga merupakan bahan kimia, ia memiliki rumus kimia; H2O. Minyak juga memiliki rumus kimia. Hampir semua yang ada di bumi memiliki rumus kimianya, apakah itu karbon, dll.

Cara Membuat Sabun

Cara Membuat Sabun

Tapi ada bahan kimia alami, bahan kimia keras, jadi sabun yang akan kita buat ini dibuat bukan tanpa bahan kimia, tapi hasilnya tidak akan membahayakan kulit Anda. Padahal, bagus untuk kulit dan juga ramah lingkungan. Sebelum kita membuat sabun mari kita kenali terlebih dahulu alat dan bahan yang akan kita pakai.

Karena ini sabun “buatan sendiri”, kita bisa mendapatkan sebagian besar bahan dan peralatan di rumah kita. Tetapi Anda mungkin harus membeli barang-barang ini, yang pertama adalah tongkat blender. Jika tidak ingin membelinya tidak apa-apa, Anda bisa mencampur adonan dengan sendok dengan tangan Anda.

Cara Membuat Sabun Sendiri

Tapi aduk selama dua jam, btw harganya Rp130.000 di Tokopedia dan yang kedua adalah cetakan silikon. Harganya 110.000 IDR di shopee. Dan kita juga butuh timbangan, harganya sekitar 80.000 di Tokopedia. Mungkin ada yang lebih murah, cari saja secara online.

Dan alat lain yang mungkin Anda temukan di rumah, untuk yang lain jangan yang terbuat dari kaca, bisa pakai baskom plastik atau apapun. Kami juga membutuhkan spatula, sendok, dan beberapa wadah (bisa menggunakan gelas plastik), talenan, pisau, dan itu saja.

Sekarang bahannya, Kami sebenarnya hanya membutuhkan 3 bahan utama, yaitu Minyak, alkali, dan air. Jadi sebenarnya sabun adalah garam asam lemak, yang merupakan campuran asam lemak dan larutan alkali. Asam lemak adalah komponen utama minyak, mentega, dan lemak hewani.

Baca juga: Manfaat Sabun Citronella

Jadi kita bisa menggunakan ketiganya (minyak, mentega, dan lemak hewani) untuk membuat sabun. Tapi mentega dan lemak hewani itu padat, jadi kita perlu mengencerkannya terlebih dahulu dan kemudian mencampurnya dengan larutan alkali. Sekarang Lye, adalah basa kuat yang korosif.

Lye itu sendiri berbahaya untuk dimandikan; dalam bentuk aslinya. Dapat mengiritasi kulit dan mata jadi jangan menyentuhnya dengan tangan kosong, tetapi Anda harus memakai sarung tangan untuk melindungi kulit Anda dan juga kacamata untuk melindungi mata kamu.

Lye saja sudah berbahaya, tapi tidak ada ley yang tertinggal di produk, jadi jika kita membuat sabun dengan benar (dengan resep yang benar) Anda bisa mendapatkannya di toko bahan kimia, namanya NaOH Natrium hidroksida atau disebut juga alkali.

Ada alkali dalam bentuk bubuk, tetapi milik saya berbentuk serpihan. Oke sekarang untuk airnya, harus air suling atau air demineralisasi. Di Indonesia bisa ditemukan air minum merk Amidis yaitu aquades. sangat penting bahwa tidak ada mineral di dalam air.

Baca juga: Produk Air Alkali Senza G

Jadi jangan gunakan air mineral atau air ledeng dalam cara membuat sabun, karena mineral dalam air bisa bereaksi buruk dengan alkali. Saat mencampurkan asam lemak dan larutan basa, kami telah memulai proses saponifikasi yang akan menghasilkan garam asam lemak, yaitu sabun dan gliserin.

Cara Membuat Sabun Cair dari Sabun Batang

Selain minyak, alkali, dan air, kita juga bisa menggunakan aditif seperti pewarna dan pewangi, tapi ini saya ingin sabunnya sangat lembut, tidak ada pewarna dan pewangi dan jika Anda mencoba tutorial ini di rumah, akan lebih mudah untuk menggunakan lebih sedikit bahan.

Oke langsung saja mulai bikin sabunnya, pertama kita timbang alkali dan airnya, timbang alkali 122 gram. Jika Anda terkena alkali di kulit Anda, menurut alkali MSDS (Material Safety Data Sheet), segera siram dengan banyak air. Sekarang menimbang air 250 ml.

Baca juga: Sabun Kolagen Merk Bidoyi Citronella

Lalu mencampurnya, ingatlah untuk memasukkan alkali ke dalam air, bukan air ke alkali. Karena mereka bilang itu bisa menyebabkan ledakan. Saya tidak pernah melakukan itu, tetapi semua pembuat sabun mengatakan itu jadi saya ikut saja perlahan-lahan masukkan.

Belum diaduk, kalau diaduk larutan akan mengeluarkan asap yang berbahaya bagi paru-paru jadi kenakan masker dan aduk di luar sehingga asapnya kemana-mana. Oke sekarang kita aduk di luar, ini telah diaduk. Setelah beberapa saat, solusi ini akan menjadi jelas jernih seperti air pada umumnya.

Dan saat Anda mencampur alkali dengan air, larutan menjadi sangat panas. Jadi kamu harus menunggu sampai suhu sama dengan suhu minyak. Perbedaan suhu maksimum adalah 10°. Oke kita sisihkan ini, dan sekarang kita timbang minyak zaitunnya 450 gr, biasanya tara saja timbangannya, lalu timbang kelapa sawitnya 450 gr.

Sekarang masukkan blender, lalu tap tap memastikan tidak ada gelembung udara, jika ada gelembung udara di dalam adonan, sabun yang sudah jadi juga tidak akan mulus, akan ada lubang kecil di sabun. Setelah itu, tuangkan alkali ke dalam minyak, tuangkan melalui tongkat agar tidak terciprat.

Cara Mengaduk Sabun Buatan Sendiri

Lalu aduk, saat kita mulai mengaduk, konsistensi dan warna adonan akan berubah, aduk adonan hingga kekentalannya seperti sari buah alpukat. Lihat bahwa adonan belum mencapai jejaknya, sekarang sabun telah mencapai jejaknya, saatnya menuangkannya ke dalam cetakan lalu tap-tap cetakannya (untuk menghilangkan gelembung udara).

Terakhir, beri tekstur pada bagian atas sabun, tidak ada cara yang benar atau salah untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan alat apa pun. Tapi saya sering menggunakan sendok, beri tekstur pada bagian atas dan sisi lainnya.

Setelah selesai, tutupi cetakan dengan karton atau apapun dan biarkan selama 24 jam. Jangan heran jika di jam-jam pertama sabun akan menjadi panas, itu bagian dari proses. Setelah 24 jam akan keras dan siap dipotong, oke saya buat sabun seperti ini 2 hari yang lalu.

Mari kita buka cetakan ini, pertama membuka kunci udara, jadi kami mendorong dengan lembut dan sisi lainnya juga, bolak-balik. Sekarang saatnya memotong sabun !!! : Ada pemotong sabun, tetapi menggunakan pisau dapur sama sekali tidak masalah jika untuk penggunaan pribadi.

Menggunakan Pemotong Adonan Pada Sabun Buatan Sendiri

Saya menggunakan pemotong adonan, Anda dapat memotongnya sesuai ketebalan yang Anda inginkan. Mudah dipotong karena sabun masih lembut, tapi beberapa hari ke depan sabun akan semakin keras. Anda tidak bisa langsung menggunakan sabun ini, teksturnya akan sangat lembek.

Jadi Anda harus membiarkannya selama tiga sampai enam minggu sebelum sabun siap digunakan. Selama proses pengeringan 3-6 minggu, air menguap sehingga sabun menjadi lebih keras. Anda juga bisa menggunakan pemotong kerut, mana yang lebih kamu suka jika Anda ingin membaginya dengan banyak orang.

Anda juga dapat memotongnya menjadi dua, terserah kamu. Tapi saya ingin menggunakan pemotong sabun agar potongannya rapi. Saya membelinya di Tokopedia seharga Rp 250.000! Sabun palmolive. Saya dengar sabun palmolive dulu memiliki komposisi minyak zaitun 50% dan sawit 50%.

Meski tanpa pengharum, ada aroma sabun tanpa pengharum, terutama saat baru dipotong. Saya suka aroma sabun tanpa pewangi. Saya harap Anda menikmati artikel ini, dan sekarang Anda dapat membuat sabun sendiri di rumah.