14 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Rahasia Cara Optimasi Pinterest dan Iklan Serta Cara Promosinya

Digitren.id – Bisnis di era sekarang ini tersedia banyak sekali fasilitas tools yang membantu mengembangkan bisnis kita. Kita bisa menggunakan google, facebook, instagram, tiktok termasuk memakai pinterest. Bila bisa tahu cara iklan di pinterest maka juga akan bermanfaat buat bisnis kita.

Karena dengan optimasi pinterest ini kita akan mempunyai katalog dengan kapasitas yang sangat besar. Tentu akan sangat bermanfaat buat kita untuk membuat katalog bisnis kita. Terutama bagi para desainer bisa sangat membantu menyimpan inspirasi maupun hasil karyanya di Pinterest.

cara iklan di pinterest

cara iklan di pinterest

PInterest sendiri sekarang sudah banyak digunakan oleh para pengguna internet. Ada yang hanya sebagai hiburan untuk mencari konten-konten kesukaan, atau bisa juga sekedar hobi saja. Bahkan ada yang memanfaatkan untuk bisnis tentunya harus tau cara optimasi pinterest.

Sebelum mengetahui pinterest lebih lanjut kita perlu mengenal dulu dua istilah penting dalam pinterest. Yaitu Pin dan Board, pin bisa diartikan sebagai post yang diunggah oleh para pengguna pinterest baik berupa gif, foto maupun video yang bisa diberi judul, deskripsi maupun tautan link.

Adapun Board bisa diartikan sebagai folder yang mana sangat berguna untuk menyimpan beberapa pin kita. Sehingga bila bisa kita tata dengan dengan rapi maka akan menjadi katalog yang tak terbatas penyimpanannya. Kita bisa menghemat penyimpanan internal laptop dll.

Selain membantu kita dalam penyimpanan beberapa pin dan board yang tak terbatas, Pinterest juga bisa membantu meningkatkan visitor blog kita. Apalagi kita bisa membuat akun pinterest kita menjadi akun bisnis, sehingga akan lebih maksimal hasilnya. Karena kita bisa tahu insight nya setelah akun kita menjadi akun bisnis.

Karena pinterest bisnis memiliki fitur analytic yang bisa membantu kita mengetahui performa dari akun pinterest bisnis kita. Melalui pin yang paling baik, engagement atau interaksi dll. Apalagi bila ingin bisa menjangkau lebih luas lagi maka bisa memanfaatkan fitur ads yang berbayar.

Baca juga: Tips Sukses Jualan Online Bagi Pemula Bisa Tanpa Modal

Tak perlu diragukan lagi dengan pinterest bisa membantu bisnis kita, walaupun mungkin tak se simpel twitter, instagram dan facebook. Tapi raksasa bisnis sekelas apple dan walmart mereka memanfaatkan pinterest untuk marketing bisnis mereka.

Cara Optimasi Pinterest

  1. Buat Akun Pinterest, caranya cukup gampang kita bisa membuka websitenya pinterest lalu kita pilih request and invite. Maka kita akan memasukkan email aktif kita lalu, akan dikirimkan aktivasi ke email kita.

Silahkan bisa di cek di pesan atau spam, lalu klik aktivasi dan mengisi biodata diri. Maka akun Pinterest kita sudah bisa digunakan. Kita bisa beralih ke akun bisnis agar bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan visitor atau traffik.

  1. Menghubungkan blog atau website kita ke akun pinterest kita. Ini agar kita lebih mudah kita mengetahui performa, repin, trafik dan perkembangan akun pinterest kita. Bisa kita lihat dibagian setting, setting dan verifikasi, lengkapi semua data diri.

Buatlah bio yang menarik dan mewakili diri kita cantumkan juga link blog kita, agar orang bisa mengunjunginya, tambahkan foto profil yang menarik bila perlu konsisten antara foto profil FB, IG, WA, dll. Ini sangat berpengaruh nantinya untuk keprofesionalan bisnis kita kedepannya.

  1. Setelah semua selesai dan beres, Blog kita sudah terhubung dengan akun Pinterest. Akun pinterest kita juga sudah akun bisnis. Maka langkah selanjutnya adalah kita berfokus pada kualitas gambar kita. Karena di pinterest kualitas foto dan video sangat berpengaruh pada visitor dan repins yang kita dapatkan.

Kita usahakan menggunakan foto atau video dengan kualitas terbaik. Foto dengan latar yang cerah memiliki peluang lebih besar untuk di repins selain itu juga memiliki perpaduan warna warni yang bagus dan unik. Bukan foto yang gelap dan kualitas rendah.

  1. Setelah fokus pada foto dan video maka selanjutnya kita fokus pada deskripsi gambar. Setiap kita akan membuat pin pastinya ada deskripsi gambar termasuk judul dll. Pastikan buat judul menarik, deskripsi yang menjelaskan maksud gambar tersebut, dan buat para visitor tertarik dengan bisa menambahkan kata “ cek di sini” dll.

Selain deskripsi yang jelas kita juga perlu memilih jenis font yang digunakan. Kita pilih yang bisa disesuaikan dengan blog kita, font yang jelas. Ini juga berpengaruh pada jumlah visitor kita nantinya.

Baca juga: Cara Membuat Website Toko Online

  1. Kita usahakan bisa menemukan audience yang luas dan tertarget. Karena untuk sebuah marketing apapun termasuk blog pun audience menjadi hal penting yang diperhatikan. Bila kita bisa mengumpulkan audience yang banyak dan tertarget tentu akan sangat mempengaruhi visitor atau trafik blog kita.

Audience juga bisa merekomendasikan pada temannya untuk berkunjung pada blog yang kita miliki.

  1. Yang terakhir adalah kita supaya ikut berfabung dengan grup board pinterest. Dengan bergabung pada grup board pinterest yang sesuai niche kita maka kita akan bertemu para konten kreator lain. Yang akhirnya bisa saling mendukung untuk meningkatkan otoritas akun Sosial Media kita.

Kita akan saling mensupport dan saling menginspirasi ini juga akan mengembangkan kemampuan kita juga akan memperluas jaringan kita sehingga visitor kita pun juga akan meningkat.

Itulah beberapa cara iklan di pinterest yang bisa kita lakukan, khususnya untuk meningkatkan trafik blog kita. Bisa juga bila memiliki modal lebih kita memanfaatkan fitur ads nya agar bisa lebih tertarget dan bisa menjangkau lebih banyak calon audience potensial.

Manfaat dari Pinterest

Makanya tak ada ruginya kita mempelajari cara iklan di Pinterest. Mungkin kita bertanya bagaimana bisa Pinterest bisa meningkatkan visitor atau traffik ke blog kita. Biar lebih jelas ada beberapa manfaat utama Pinterest diantaranya adalah :

  • Pin yang kita buat akan tersebar jauh lebih luas daripada sebuah tweet. Sehingga kemungkinan jangkauan kita akan sangat luas. Sehingga mempunyai kesempatan besar untuk viral dan menjangkau banyak audience potensial.
  • Pin yang kita buat pun bisa meningkatkan trafik website kita jauh lebih banyak karena satu pin saja mempunyai 100 lebih mudah untuk disebarluaskan dari tweet. Satu pin juga rata-rata bisa menghasilkan dua kunjungan website dan enam pageviews.
  • Apalagi kalau kita mau memanfaatkan pin promote dan video promote, maka kita akan menjangkau audience potensial yang lebih tertarget sesuai dengan website kita. Termasuk memanfaatkan pinterest tag untuk mengetahui apa yang dilakukan audience setelah melihat iklan di website kita.
  • Termasuk pinterest bisa membantu menginformasikan pada para visitor kita melalui email tentang karya atau produk terbaru kita. Sehingga bisa lebih jitu untuk mengingatkan visitor kita tentang karya kita.
  • Yang terakhir adalah pinterest sendiri akan selalu memberikan kita inspirasi ide yang bisa kita kembangkan. Termasuk kita bisa selalu update tentang perkembangan tren terbaru, hal-hal yang sedang viral. Mengingat banyak sekali pengguna pinterest bahkan brand ternama yang inspiratif.

Itulah beberapa manfaat pinterest yang bisa kita optimalkan untuk meningkatkan visitor website kita. Di zaman sekarang ini kita memang harus bisa selalu berkolaborasi dengan perkembangan teknologi, perkembangan sosial media dll bila ingin tetap eksis dan maju.

Demikian tadi sedikit ulasatn tentang cara iklan di pinterest. Semoga bisa bermanfaat dan terimakasih.