Beranda » Travel News » Bule-Bule Ini Mengajari Anak-Anak Arborek Bahasa Inggris dan Indonesia

Digitren.id – Pemandangan menarik terjadi saat detikcom mengunjungi desa Arborek, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Mereka melihat turis asing mengajari anak-anak bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Mereka adalah turis asing Iris Wijtal Joyce dari Belanda. Dengan menggunakan alat seperti papan tulis kecil, spidol, dan buku catatan, mereka aktif mengajar anak-anak Kampung Arborek.

raja-ampat-papua-barat-indones

raja-ampat-papua-barat-indonesia

“Saya sudah di Indonesia sejak 2014, saya sudah beberapa kali bolak-balik ke Indonesia,” kata Iris yang fasih berbahasa Indonesia dengan logat Papua.

Iris dan Joyce sangat mencintai Indonesia, mereka ingin memberikan sesuatu kepada penduduk setempat dengan mengajari mereka bahasa. Iris sebelumnya tinggal, mengajar menyelam di Komodo, lalu pindah ke Raja Ampat.

Pelajaran terbuka bagi wisatawan asing dan lokal melalui Yayasan Bobik, seperti kursus bahasa Indonesia, kursus bahasa asing, terumbu karang, pelajaran ekosistem laut, pelajaran menyelam dan berenang profesional sebagai alternatif pariwisata berkelanjutan.

Selain itu, Barefoot Foundation juga telah membuka akomodasi dan wisata bahari yang indah di Desa Arborek.

Baca juga:

Tentang desa Arborek

Arborek merupakan salah satu dari 10 desa wisata terbaik dalam Penghargaan Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Dibutuhkan 1,5-2 jam dengan mobil untuk mencapai desa wisata Arborek dari pelabuhan Sorong dengan speedboat. Meski menempuh perjalanan jauh, namun terbayar dengan panorama alamnya yang menawan.

Desa wisata Arborek yang didiami sekitar 48 KK dan terdiri dari 217 jiwa ini memiliki komitmen tinggi untuk mengembangkan berbagai potensi desa berbasis masyarakat. Salah satunya adalah potensi wisata bawah laut yang banyak diminati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara, karena terdapat berbagai jenis biota laut.

Saat menginjakkan kaki di desa seluas 7,2 hektar ini, pengunjung langsung disambut hamparan pasir putih yang mengelilingi desa, deretan pohon kelapa, dan pohon bakau di sepanjang pantai barat daya.

Bagi pengunjung yang ingin bermalam, ada sembilan penginapan yang terletak langsung di atas laut. Sehingga pengunjung Desa Wisata Arborek dapat menikmati momen sunrise dan sunset. Jika beruntung, pengunjung juga bisa melihat ikan-ikan kecil, hiu berjalan, dan lain-lain di rumahnya.

Tonton video “Topi Durian, Tugu Peringatan Khusus dari Pulau Arbor, Raja Amp
[Gambas:Video 20detik]
(DN/DNA)

Sumber artikel : detik/travel-news

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.