Bolehkah Ibu Puasa Saat ASI Eksklusif ? Ini 6 Tips Agar Dari Ahli - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Bolehkah Ibu Puasa Saat ASI Eksklusif ? Ini 6 Tips Agar Dari Ahli

[

digitren.id – Banyak persiapan yang sudah dilakukan umat islam untuk menjalani ibadah puasa, khususnya ibu ASI eksklusif ingin tetap bersama, tapi juga ingin ASI tetap lancar untuk si kecil.

Dijelaskan Dokter Umum Konser Laktasi, dr. Nabila Rahmania, IBCLC perswapan puasa untuk ibu menyusui bisa berbeda-beda. Ini pada usia bayi dan kondisi si ibu itu sendiri.

“Ibu yang menyusui bayi kembar dan ibu yang sedang menyusui secara eksklusif akan memiliki kebutuhan nutrisi yang lebih besar, dibandingkan ibu yang menyusui si kecil yang sudah dalam masa MPASI,” ujar dr. Nabila bergabung dengan RS Pondok Indah Group, Sabtu (2/4/2022).

Padahal, RSPI Pondok Indah adalah dokter bersertifikat yang mengkhususkan diri dalam konsultasi dokter atau konsultan. Meskipun dijelaskan dalam penelitian Khodel et.al, bahwa puasa tidak menghambat pertumbuhan bayi yang sedang ASI eksklusif.

Baca Juga:
Anda Hamil Namun Ingin Berpuasa? Ini Lho Persiapan Harus Dilakukan

Ilustrasi ibu menyusui.  (Pixabay.com)
Ilustrasi ibu menyusui. (Pixabay.com)

Namun agar merasa tenang, ada baiknya ibu menyusui menerapkan tips berikut jika ingin Anda merasa tenang:

1. Cukup Minum

Pastikan ibu memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air yang cukup minimal 2 liter. Penuhilah kebutuhan cairan harian dengan minum sedikit tapi sering antara buka puasa dan sahur.

minum terlalu banyak dalam sekaligus sebelum puasa dimulai. Anda hanya perlu lebih membedakan dengan bantuan yang Anda berikan kepada orang lain.

2. Pilih makanan bergizi saat sahur

Baca Juga:
Jelang Puasa, Ini 5 Tips Bagi Generasi Milenial Sambut Ramadhan dengan Suka Cita

Di pagi hari, cobalah untuk menyingkirkan protein dan karbohidrat kompleks yang Anda butuhkan untuk mendapatkan energi yang Anda butuhkan untuk memaksimalkannya.

Selama bulan Ramadhan, ini adalah hari di mana cincin akan dibacakan dan doa akan dibacakan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama digitren.id di laman Indonesia Dermawan.
Untuk terhubung dengan banyak masukan jumlah sedekah silakan
KLIK DISINI!

Sumber artikel : https://www.suara.com/health/2022/04/02/141704/bolehkah-ibu-puasa-saat-asi-eksklusif-ini-6-tips-agar-dari-ahli

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.