Buka 24 jam full siap kirim sampai ke luar negeri
  • Gabung Bersama Kami untuk Dapatkan Tambahan Penghasilan Sampai 100 Juta Dalam Program Affiliasi dan Reseller Produk Kami
Beranda » Blog » STRUKTUR PASAR

STRUKTUR PASAR

Diposting pada 29 December 2021 oleh pengurus / Dilihat: 419 kali

[


Apa itu struktur pasar?

hu6aqg71a9

Anda pasti pernah mendengar atau mengunjungi pasar, bukan?

Ini adalah salah satu dari banyak sistem, institusi, proses, jaringan sosial, dan infrastruktur di mana organisasi pasar menjual barang, jasa, dan karyawan untuk mendapatkan uang. Barang dan jasa dijual dalam mata uang Fed.

Ada banyak kegiatan ekonomi di pasar seperti jual beli barang dan jasa. Tentu saja, ada fluktuasi pasokan dan permintaan. Dapat dikatakan bahwa kuantitas dan kuantitas yang diproduksi oleh perusahaan yang berbeda di satu tempat merupakan struktur pasar.

Menurut buku Amirita dan Abdullah 2018, hal. 411, Struktur pasar Informasi tentang perilaku bisnis dan kinerja pasar ditentukan oleh kondisi pasar.

Menurut buku Dasar-dasar Ekonomi Mikro (2006) Dalam Triune Kunwangsih, struktur pasar adalah lingkungan pasar yang memberikan pedoman tentang aspek-aspek penting dari perilaku bisnis dan kinerja pasar.

Struktur pasar secara umum dibagi menjadi struktur pasar persaingan sempurna dan struktur pasar persaingan tidak sempurna. Struktur pasar persaingan tidak sempurna dibagi menjadi tiga jenis: struktur pasar monopoli, persaingan monopolistik, dan oligopoli. Empat struktur pasar didasarkan pada karakteristik pasar, yang meliputi volume distribusi pembeli dan penjual, hambatan masuk, dan tingkat varians produk.

Jenis struktur pasar

1. Pasar persaingan sempurna

Pasar persaingan sempurna adalah struktur pasar dengan banyak penjual dan pembeli yang masing-masing tidak dapat mempengaruhi situasi pasar.

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna

1. Jumlah pembeli dan penjual banyak, sehingga tidak setiap pembeli dan penjual dapat mempengaruhi harga pasar secara individual.

2. Harga ditentukan dengan metode penawaran dan permintaan dan tidak dapat diubah (a hari).

3. Masing-masing penjual dan pembeli sebagai pembeli (Hemat biaya)

4. Setiap perusahaan menghasilkan produk yang sama (Serupa) Menurut konsumen

5. Setiap perusahaan bebas masuk dan keluar pasar (Pendaftaran gratis& keluar)

6. Sumber produk bebas bergerak kemana saja.

7. Pembeli dan penjual memiliki pengetahuan pasar yang menyeluruh (Pengetahuan mutlak).

Manfaat pasar persaingan sempurna

1. Tidak ada persaingan yang tinggi karena produk yang dijual sama.

2. Banyak pembeli yang mengetahui produk yang ada, sehingga penjual tidak perlu mempromosikan produknya.

3. Harga saat ini cenderung stabil.

4. Pembeli bebas mendapatkan produk dari penjual.

5. Produsen bersaing untuk meningkatkan produksi dan kualitas produk, dan vendor menjual untuk meningkatkan efisiensi produk.

Kerugian dari Pasar Kompetitif yang Tidak Kompeten

1. Kurangnya produktivitas.

2. Pembeli kesulitan untuk memilih suatu produk, karena produk yang berbeda memiliki kualitas dan kualitas yang sama.

3. Terjadi disparitas distribusi pendapatan antara produsen dan penjual.

4. Penjual di lokasi utama cenderung memiliki lebih banyak pembeli daripada yang tidak.

5. Banyak pesaing menghalangi mereka masuk ke pasar untuk menjual produk.

2. Pasar persaingan tidak lengkap

Persaingan tidak sempurna adalah struktur pasar dengan lebih banyak penjual daripada pembeli. Di pasar yang tidak sempurna, sejumlah kecil penjual memiliki hak untuk menjual suatu produk, dan hanya mereka yang berwenang atau yang dapat menjual produk tertentu.

ke. Melewati monopoli

Pasar monopoli adalah jenis interaksi antara penawaran dan permintaan dan merupakan vendor tunggal yang berkomunikasi dengan banyak pembeli.

Properti Pasar Monopoli

1. Hanya ada satu penjual

2. Produk yang dijual tidak memiliki pengganti

3. Rintangan untuk memasuki pasar sangat kuat

4. Dapat mengontrol harga.

5. Promosi iklan tidak diperlukan

B. Pasar Oligopoli

Pasar Oligopoli Bahan baku adalah pasar yang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Kurva arus memiliki elastisitas yang tinggi. Dengan sedikitnya jumlah perusahaan di pasar, struktur pasar ini tidak memberikan fleksibilitas untuk memasuki pasar. Selain itu, penetapan harga harus disepakati oleh masing-masing perusahaan di pasar.

Karakteristik Pasar Oligopoli

1. Ada beberapa vendor

2. Ada beberapa hambatan untuk memasuki industri oligopoli.

3. Keputusan penetapan harga yang dibuat oleh satu perusahaan harus diperhitungkan oleh perusahaan lain dalam industri tersebut

4. Produk memiliki ukuran standar

5. Ada persaingan non-biaya, seperti perang iklan

C. Pasar Monopoli

Pasar monopoli adalah jenis pasar yang menghasilkan produk serupa, tetapi dalam beberapa kasus ada banyak produsen yang berbeda.

Perilaku Pasar Monopoli

1. Banyak produsen

2. Produk yang luas

3. Periklanan sangat penting.

4. Hambatan untuk masuk ke industri kecil

Ikuti ulasan menarik lainnya dari penulis Klik di sini

Gambar

retizen

Sumber artikel : https://retizen.Digitren/posts/22820/struktur-pasar

Bagikan ke

STRUKTUR PASAR

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

STRUKTUR PASAR

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: