Buka 24 jam full siap kirim sampai ke luar negeri
  • Gabung Bersama Kami untuk Dapatkan Tambahan Penghasilan Sampai 100 Juta Dalam Program Affiliasi dan Reseller Produk Kami
Beranda » Blog » Sholat Tahajud, Diutamakan di Masjid atau Rumah?

Sholat Tahajud, Diutamakan di Masjid atau Rumah?

Diposting pada 23 April 2022 oleh pengurus / Dilihat: 301 kali

[

Apakah sholat tahajud jasa untuk dikerjakan di masjid di rumah?

digitren.id, KAIRO – Mantan Dekan Ushuluddin Universitas Al-Azhar, Syekh Mukhtar Marzouk Abdel Rahim sholat tahajud. Khususnya tentang apakah sholat tahajud tempat untuk dikerjakan di masjid atau rumah?

Menurut Syekh Mukhtar, demi fiqih menjelaskan sholat tahajud dalam kitab-kitabnya dengan memasukkannya pada tema sholat qiyamullail atau sholat malam. Ada perbedaan pendapat di kalangan para ulama tentang sholat tahajud.

sebagian besar ulama, terang Syekh Mukhtar, berpandangan bahwa harus mengerjakan sholat tahajud secara berjamaah maupun sendiri. Karena Rasulullah SAW melakukan keduanya. Di samping itu, sebaik-baik sholat (sunnah) selain Sholat Tarawih adalah dilaksanakan di rumah.

Hal itu sebagaimana riwayat hadits, bahwa Nabi SAW bersabda, “Sholat seseorang di rumah itu lebih utama daripada sholatnya di masjid, kecuali sholat wajib.” (HR.Abu Daud)

Meski begitu, Syekh Mukhtar juga menyampaikan, jika ada hal yang mengganggu ketika melaksanakan sholat sunnah di rumah, maka lebih baik untuk melaksanakan sholat sendiri di masjid.

Mazhab Maliki diharapkan dapat melaksanakan sholat sunnah berjamaah dengan jumlah yang paling banyak, untuk Sholat Tarawih. Kemakruhan melaksanakan sholat sunnah secara berjamaah ini berlaku di tempat-tempat populer seperti masjid, atau tempat yang bukan rumah tempat tinggal tapi populer, karena dikhawatirkan menimbulkan riya. Namun jika tempat itu tidak populer maka tidak menjadi makruh.

“Jadi, boleh melakukan Sholat Tahajud di masjid dan boleh di rumah. Sebagian orang lebih suka melakukannya di rumah karena ini bebas dari riya,” kata Syekh Mukhtar.

Rasulullah SAW bersabda, “Diharuskan bagi kalian untuk melaksanakan sholat di rumah, karena sebaik-baik sholat yang dikerjakan di rumah, kecuali sholat wajib.” (HR.Bukhori)

Sumber artikel : https://www.republika.co.id/berita/raoyl8313/sholat-tahajud-diutamakan-di-masjid-atau-rumah

Bagikan ke

Sholat Tahajud, Diutamakan di Masjid atau Rumah?

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Sholat Tahajud, Diutamakan di Masjid atau Rumah?

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: