Buka 24 jam full siap kirim sampai ke luar negeri
  • Gabung Bersama Kami untuk Dapatkan Tambahan Penghasilan Sampai 100 Juta Dalam Program Affiliasi dan Reseller Produk Kami
Beranda » Blog » Pulau Sumba Masuk Daftar Situs Terancam di Dunia 2022, Apa Sebabnya?

Pulau Sumba Masuk Daftar Situs Terancam di Dunia 2022, Apa Sebabnya?

Diposting pada 7 March 2022 oleh pengurus / Dilihat: 391 kali

[

digitren.idPulau Sumba di Nusa Tenggara Timur (NTT) akan meluncurkan 25 kamera teraming kelas dunia dan kelas dunia, dirilis oleh The World Monuments Watch Februari 2022.

World Monuments Watch mengirimkan proyek bersama dari World Monuments Fund (WMF), sebuah organisasi nirlaba yang diluncurkan pada tahun 1996 untuk memberikan informasi teknis tambahan tentang teracam.

Ada beberapa situs dan jasa yang dirancang untuk mendukung masyarakat global dan pelestariannya.

Situs-situs tersebut menunjukkan dampak dari isu-isu global seperti perubahan iklim, keseimbangan dan kekurangan, kurangnya perwakilan, atau pemulihan dari krisis.

Baca juga: 9 Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO di Indonesia

Nilai-nilai tradisional masyarakat Sumba yang mulai luntur

Melansir laman resmi WMF, Minggu (06/03/2022), Pulau Sumba masuk sebagai salah satu situs yang terancam punah karena adanya perubahan gaya hidup dari masyarakat Pulau Sumba.

Artinya, ada nilai-nilai tradisional yang mulai hilang di tengah masyarakat. Salah satu yang disoroti adalah tradisi rumah adat Sumba.

Saat ini, populasi terbesar pulau sumba menemukan hampir 800.000 orang dan mereka semua tinggal di pedesaan pedesaan.

Baca juga:

Namun, kemampuan untuk memperbaiki, merekonstruksi, atau membangun rumah baru, namun mengandalkan pengetahuan dan keterampilan manual, serta ketersediaan bahan bangunan tradisional.

Kondisi ini menjadi terancam karena perubahan lingkungan dan tren urbanisasi jangka panjang.

Bebatuan Megalitikum di Kampung Praiyawang, Sumba Timur, NTT. Shutterstock / Misbachul Munir Bebatuan Megalitikum di Kampung Praiyawang, Sumba Timur, NTT.

Sementara itu, rumah-rumah yang ada sangat rentan terhadap kebakaran. Seperti kebakaran yang menghanguskan 30 rumah adat di Desa Tarung pada tahun 2017, dan 16 rumah di Desa Bondo Morotuo pada tahun 2018.

Oleh karena itu, World Monuments Watch 2022 meminta perhatian kepada masyarakat untuk dibangun dengan keterampilan tradisional di Sumba.

Selain itu, untuk mendukung pelatihan masyarakat yang dapat mengabaikan pengetahuan dan keterampilan tradisional, serta ketertarikan peserta pelatihan dengan persetujuan pemerintah daerah.

Baca juga: Air Terjun Tanggedu, Oase di Tengah Savana Sumba

Sumber artikel : https://travel.kompas.com/read/2022/03/06/141328927/pulau-sumba-masuk-daftar-situs-terancam-di-dunia-2022-apa-sebabnya

Bagikan ke

Pulau Sumba Masuk Daftar Situs Terancam di Dunia 2022, Apa Sebabnya?

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Pulau Sumba Masuk Daftar Situs Terancam di Dunia 2022, Apa Sebabnya?

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: