• Gabung Bersama Kami untuk Dapatkan Tambahan Penghasilan Sampai 100 Juta Dalam Program Affiliasi dan Reseller Produk Kami
Beranda » Blog » Pentingnya SEO untuk Digital Marketing, Pelaku Bisnis Wajib Tahu!

Pentingnya SEO untuk Digital Marketing, Pelaku Bisnis Wajib Tahu!

Diposting pada 21 September 2022 oleh pengurus / Dilihat: 23 kali / Kategori: ,

Digitren Indonesia – Search engine optimization atau SEO adalah sebuah metode yang mengacu pada optimasi suatu konten pada mesin pencari. Lantas apa hubungannya SEO untuk digital marketing?

Pembahasan mengenai pentingnya SEO untuk pelaku bisnis di era digital akan dibahas pada artikel ini. Yuk, belajar bareng!

SEO untuk digital marketing

SEO untuk digital marketing

Sekilas tentang SEO (Search Engine Optimization)

Search engine optimization merupakan sebuah metode optimasi yang digunakan pada konten agar lebih mudah ditemukan di mesin pencarian.

Singkatnya adalah SEO akan membantu audiens menemukan situs website kamu di mesin pencari utama.

Ada berbagai macam variabel SEO yang menjadi pertimbangan mesin pencari antara lain kata kunci, judul tautan, hingga tag.

Variabel tersebut kemudian diolah oleh mesin pencari menjadi sebuah peringkat berdasar pada kemampuan konten dalam menarik organic traffic.

Baca juga: Cara Membuat Website Gratis di Internet Melalui WordPress

Jenis SEO untuk Digital Marketing yang Wajib Kamu Tahu

Ada 2 (dua) jenis SEO yang harus kamu tahu bila kamu adalah pelaku bisnis digital, yaitu:

  1. SEO on Page

SEO on page adalah langkah optimasi di dalam website. Variabel yang bisa kamu optimalkan antara lain kata kunci, permalink, judul konten, struktur konten, kecepatan website, tema responsif, heading, dan internal link.

Menggunakan SEO pada setiap konten yang kamu buat memungkinan kamu untuk memilih halaman dan konten apa saja yang ingin diberi peringkat oleh halaman mesin pencari.

Dari optimasi yang kamu lakukan dengan memanfaatkan variabel SEO on page, dapat memengaruhi bagaimana dan di mana website kamu akan muncul di halaman pencarian.

Baca juga: Cara Membuat Website Toko Online Dengan Memanfaatkan CMS

  1. SEO off Page

SEO off page adalah langkah yang bisa kamu lakukan di luar website. Optimasi SEO off page dipengaruhi beberapa hal, seperti inbound link atau backlink.

Semakin banyak website berkualitas yang mengarahkan unggahan mereka ke website-mu, maka besar kemungkinan Google menganggap website-mu memiliki kredibel yang tinggi, sehingga ranking website bisa meroket.

Jangan ragu untuk menyumbangkan konten ke situs bisnis terkait. Ini bermanfaat agar situsmu lebih dikenal serta mempromosikan layanan bisnis milikmu.

Inilah mengapa dikatakan SEO penting untuk digital marketing. Penggunaan SEO yang tepat akan mendongkrak peringkat konten sehingga penjualan pun melejit, baik melalui website, e-commerce, maupun media sosial.

Baca juga: Jasa Backlink Berkualitas Bergaransi Masuk ke Rank 1 Google

Cara Kerja SEO (Search Engine Optimization)

SEO berfungsi memudahkan pengguna dalam menemukan jawaban atas pertanyaan mereka di mesin pencari.

Pertanyaan pengguna terdiri dari frasa atau kata yang dimasukkan ke mesin telusur, inilah yang kerap disebut keyword atau kata kunci.

Mesin telusur akan mengikuti tindakan pengguna dengan mengolah hasil penelusuran dalam bentuk URL situs web yang paling relevan dengan keyword yang telah diketikkan.

Hasil yang terlampir di halaman mesin telusur merupakan hasil dari penyaringan beberapa kata kunci. Di sinilah fungsi SEO terlihat.

Pada dasarnya sebuah mesin pencari memiliki algoritma yang menentukan ranking sebuah konten. Salah satu mesin pencari terbesar yang kita kenal adalah Google.

Algoritma Google tidak menentu atau selalu berubah setiap waktu. Ini terjadi karena Google menginginkan hasil pencarian terbaik, relevan, dan solutif bagi pengguna.

Baca juga: 20 Backlink EDU – GOV dari Web Authority untuk meningkatkan Ranking Situs di Google + Indexer Premium

Inilah mengapa SEO penting untuk bisnis digital marketing. Kamu harus mengikuti trend yang ada dari algoritma tersebut agar konten yang kamu angkat selalu menjadi yang teratas di halaman pencarian.

Adapun indikator SEO yang sesuai dengan algoritma Google antara lain struktur URL, topik konten, penggunaan SSL/TLS, struktur konten, search intents, meta tags, backlink, dan kecepatan website.

Mengapa SEO untuk Digital Marketing sangat Penting?

SEO dapat menjadi alat promosi yang kuat karena SEO memberikan lalu lintas yang berkualitas tanpa membayar iklan.

Lalu lintas berkualitas yang dimaksud adalah pengguna atau pembaca yang secara manual mencari layanan atau produk yang disediakan situs website kamu.

Selain itu lalu lintas berkualitas bisa juga berasal dari audiens yang mengetik kata kunci terkait bisnismu secara manual di mesin pencari. Ini yang disebut cara organik dalam strategi SEO.

Cara organik ini bisa jadi sulit bila tidak menyusun strategi SEO yang tepat agar promosi pemasaran kamu sukses.

Ada berbagai macam faktor yang menjadikan SEO penting untuk digital marketing:

  1. Menetapkan Niche

Fakta yang harus kamu tahu adalah mesin telusur hanya akan memberi peringkat pada web yang memiliki otoritas dan relevansi tinggi.

Bila kamu mengetikkan kata kunci di mesin telusur dan mendapati website kamu muncul di halaman pertama, maka mesin telusur menilai bahwa konten atau website kamu terpercaya dan berotoritas di bidang yang sedang kamu geluti. Selamat!

  1. Menjadi Media Pendekatan Pemasaran yang Murah

Pentingnya SEO untuk digital marketing adalah karena dapat menekan biaya promosi. Semakin tinggi peringkat situsmu dalam mesin pencari, maka semakin banyak pula lalu lintas yang akan kamu hasilkan tanpa mengeluarkan sepeserpun untuk beriklan.

  1. Mengurangi Manipulasi Hasil Pencarian

Audiens yang mencari konten hanya akan diperlihatkan hasil yang relevan dan berkualitas tinggi. Ini karena kebanyakan mesin pencari menentukan peringkat setiap situs menggunakan algoritma, sehingga membuat situs dengan relevansi rendah sulit menembus peringkat teratas.

Pastikan situs kamu hanya menyediakan konten yang memang ditargetkan pada niche guna membangun kepercayaan sehingga otoritas pun dapat membantu meningkatkan peringkat situs kamu di mesin pencari.

  1. Meningkatkan Kemungkinan sebuah Situs Ditemukan

Alasan mengapa SEO penting untuk digital marketing selanjutnya adalah karena SEO bisa menjadi alat penting untuk mendongkrak peringkat sebuah situs di halaman mesin pencarian.

Mengoptimalkan variabel SEO, seperti konten yang berkualitas, tautan internal yang sesuai, navigasi situs yang dipesan, dan ketepatan kata kunci, membuat mesin telur dapat mengindeks website kamu.

Bagaimana Menerapkan SEO untuk Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran?

SEO bisa menjadi solusi efektif untuk kamu padukan dengan strategi digital marketing lainnya. Kamu bisa menerapkan SEO untuk digital marketing di berbagai platform.

  1. Sosial Media

SEO bisa kamu terapkan di konten media sosial untuk promosi layanan dan produk Kamu bisa menghubungkan konten tautan yang relevan dengan konten yang kamu angkat di medsos.

Media sosial memiliki algoritma sendiri. SEO bisa kamu terapkan dalam nama pengguna, kata kunci dalam judul, caption, atau deskripsi untuk mendongkrak peringkat.

Mesin pencari akan menyerap umpan tersebut kemudian mengindeks halaman media sosial kamu, sehingga pengguna media sosial akan lebih mudah menemukan akunmu melalui mesin pencari berdasarkan penerapan SEO.

  1. Content Marketing di Blog

Konten pemasaran sangat umum digunakan penerapan SEO untuk digital marketing, pasalnya artikel atau konten blog biasanya mencakup kata kunci yang diperlukan audiens.

Artikel atau konten blog dinilai cara yang paling efektif dalam penerapan SEO untuk bisnis digital. Kamu bisa memaksimalkan penggunaan keyword untuk disebarkan pada konten blog di website.

Konten blog atau artikel yang bisa kamu terapkan adalah memberi audiens edukasi, kemudian arahkan mereka untuk menggunakan produk atau layanan jasa kamu.

Misalnya kamu menjual madu. Kamu bisa mengangkat topik pentingnya madu untuk kesehatan untuk mengedukasi audiens. Terapkan kata kunci yang sekiranya relevan, perhatikan struktur konten, judul, hingga nama produkmu.

  1. E-Commerce

SEO pun bisa kamu terapkan di e-commerce tempat kamu menjual produk dan layanan jasa. Kamu bisa menempatkan kata kunci atau frasa pada judul, nama produk, hingga deskripsi produk.

Optimalkan variabel tersebut untuk mendongkrak lapak kamu di peringkat teratas oleh mesin pencarian di e-commerce tersebut.

Kesimpulan

SEO dalam pemasaran memiliki dampak yang bertahan cukup lama bila kamu dapat menerapkannya dengan tepat. Itulah salah satu alasan mengapa SEO untuk digital marketing itu sangat penting untuk semua model bisnis.

Konten yang berkualitas dan relevan dengan niche atau target pasarmu dapat meningkatkan kemungkinan konten kamu menempati posisi atas di hasil mesin pencarian.

Demikian penjelasan singkat tentang SEO untuk digital marketing, semoga bisa membawa manfaat terutama bagi pelaku bisnis online yang baru terjun.

Tags: , ,

Bagikan ke

Pentingnya SEO untuk Digital Marketing, Pelaku Bisnis Wajib Tahu!

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Pentingnya SEO untuk Digital Marketing, Pelaku Bisnis Wajib Tahu!

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: