• Gabung Bersama Kami untuk Dapatkan Tambahan Penghasilan Sampai 100 Juta Dalam Program Affiliasi dan Reseller Produk Kami
Beranda » Blog » Pentingnya Melek Asuransi Mobil Online Terbaik Paling Rekomendasi Tahun Ini

Pentingnya Melek Asuransi Mobil Online Terbaik Paling Rekomendasi Tahun Ini

Diposting pada 1 Januari 2022 oleh pengurus / Dilihat: 449 kali

Digitren.id – Asuransi mobil online adalah asuransi yang menjamin jika kendaraan mengalami kerusakan ringan, rusak berat atau parah bahkan hilang. Ada juga manfaat tambahan berupa santunan kerugian akibat banjir, huru hara dan bencana alam.

Dengan perlindungan ini, perusahaan asuransi akan mengganti mobil jika rusak atau hilang dalam waktu satu tahun. Jadi pilihlah asuransi mobil terbaik dan termurah untuk mendapatkan keuntungan dengan harga yang terjangkau.

Berikut ini adalah daftar asuransi mobil terbaik dan termurah tahun 2021:

  • Asuransi Mobil Syariah Lifepal
  • Asuransi Simas Insurtech
  • Asuransi Sinarmas Mobil
  • Asuransi Tokio Marine
  • Asuransi AXA Mandiri
  • Adira Autocillin
  • Asuransi Allianz
  • Tugu Insurance
  • Asuransi Sompo
  • Asuransi ABDA
  • Asuransi ACA

Manfaat Membeli Asuransi Mobil

Selain menawarkan premi asuransi mobil termurah, masih banyak manfaat lain menggunakan Marketplace Asuransi, salah satunya asuransi dari Lifepal. Mengapa membeli asuransi mobil secara online di Lifepal? Sebab Lifepal memiliki segudang fitur, berikut manfaat membeli asuransi mobil Lifepal secara online :

1. Bengkel Mitra dan Kantor Cabang Tersebar di Seluruh Indonesia

LifePal telah bermitra dengan beberapa mitra perusahaan asuransi di Indonesia. Lifepal telah bermitra dengan 4.000+ bengkel mobil dan 250+ cabang mitra di seluruh Indonesia untuk memastikan pelanggan mereka mendapatkan layanan terbaik.

Dengan cara ini, pelanggan dapat dengan mudah mengakses layanan klaim di bengkel atau cabang mitra bersama. Misalnya asuransi mobil yang ada di Surabaya, Asuransi Mobil di Bali, Asuransi Mobil di Medan, Asuransi Mobil Bandung dan masih banyak lagi kota-kota lain yang dimiliki oleh perusahaan asuransi.

2. Layanan Klaim Online

Anda tidak perlu lagi mengunjungi kantor pusat atau cabang perusahaan asuransi sekarang. Sebagai contoh, jika Anda pelanggan Asuransi Mobil Reliance di Jawa Timur, Anda tidak perlu mengunjungi Asuransi Mobil Reliance Malang atau Asuransi Mobil Surabaya.

Anda harus datang ke Asuransi Mobil Yogyakarta hanya untuk wilayah Yogyakarta, dan hanya kota-kota lain untuk mengajukan mengeklaim. Itu tidak perlu, karena sekarang sudah ada Asuransi mobil online yang sangat memudahkan.

Anda dapat mengajukan permohonan online untuk layanan pelanggan, atau menghubungi kantor cabang perusahaan asuransi. Jika ada klaim, pelanggan dapat mengakses layanan Lifepal melalui telepon atau WhatsApp.

Baca juga: Cara Paling Ampuh dan Simpel Atasi Mobil Bunyi Berdecit Saat Digas

3. Harga Asuransi Mobil Terbaik dan Terlengkap

LifePal bekerja sama dengan lebih dari 50 perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia untuk menyediakan produk asuransi mobil terbaik dan terlengkap. Selain itu, Anda juga bisa membandingkan asuransi mobil murah dan bagus di situs resmi Lifepal.

Misalnya, bandingkan asuransi mobil all risk ACA dan asuransi mobil Adira Autocillin, asuransi mobil Pan Pacific dan asuransi mobil BCA, asuransi mobil BCA All Risk dan harga asuransi mobil Ramayana. Baik dari segi premi maupun manfaat polis, sederhana dan sangat membantu bukan?

Cara Daftar Asuransi Mobil Online

Ingin membeli asuransi mobil Lifepal secara online? Caranya sangat sederhana, cukup isi formulir informasi pribadi, lalu bandingkan dengan banyak polis asuransi yang tersedia di #asuransilifepal. Pastikan manfaat dan pembayaran polis disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Kemudian selesaikan proses aplikasi dan tim Lifepal akan segera memverifikasi dan menjelaskan informasi terkait polis asuransi Anda. Ini merupakan benefit tersendiri dari asuransi mobil online yang ada di Lifepal sebagai perusahaan Asuransi terbaik.

Misalnya, jika Anda sedang mempertimbangkan untuk memilih asuransi mobil Autocillin, atau asuransi mobil Allianz, tim kami akan menjelaskannya nanti. Jadi, Anda tidak perlu khawatir salah memilih polis karena calon nasabah dapat berkonsultasi dengan grup ahli Asuransi Lifepal melalui telepon.

Baca juga: Pengajuan Kredit Mobil Bekas Paling Mudah Di Tempat Terpercaya

Memahami Jenis-Jenis Asuransi Mobil di Indonesia

Jenis asuransi mobil meliputi asuransi mobil all risk (comprehensive) dan Total Loss Only (TLO). All risk Car insurance mencakup semua kecelakaan, sedangkan asuransi mobil TLO hanya mencakup cedera serius. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan dalam hal cakupan dan tarif premi.

Jadi, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan jenis mobil. Misalnya, pilih Asuransi Mobil KIA, Asuransi Mobil Nissan, Asuransi Mobil ACC, Asuransi Mobil BCA dan lainnya.

Dalam hal premi, harga premi asuransi mobil disesuaikan. Secara garis besar, kisaran ini dimulai dari Rp 600.000 per tahun atau sekitar Rp 50.000 per bulan!

Untuk menghindari salah pilih, Anda harus memilih jenis asuransi kendaraan terlebih dahulu. Karena premi tergantung dari jenis asuransi dan kondisi mobil yang Anda miliki.

1. Asuransi Mobil TLO

Asuransi Mobil TLO menawarkan pertanggungan atau biaya asuransi hanya jika mobil rusak atau karena pencurian dengan biaya 75% atau lebih dari harga kendaraan. Artinya mobil harus benar-benar rusak atau tidak terpakai, baru bisa mengajukan klaim. Jadi, jika mobil hanya rusak ringan, jangan berharap klaim itu bisa disetujui.

Karena Anda hanya bisa mengklaim saat kendaraan rusak parah, maka besaran preminya tentu paling rendah dari premi asuransi mobil. Bahkan, jumlahnya mungkin tiga kali lebih kecil dari total premi asuransi mobil. Premi terendah untuk wilayah Jakarta adalah 0,44% dari harga mobil.

Baca juga: Sewa Rental Mobil Terdekat dan Murah di SEVA Mobil Bekas

2. Asuransi Mobil All Risk

Jenis asuransi kendaraan ini mencakup semua jenis kerusakan mobil, dari kerusakan ringan hingga serius. Semua asuransi mobil bagus dan cocok untuk orang yang telah membeli mobil, sehingga Anda dapat langsung mengklaimnya ketika Anda menemukan goresan.

Karena menanggung segala risiko, tentunya semua premi asuransi mobil akan menjadi besar. Misalnya, harga mobil premium untuk wilayah Jakarta 3,26 persen. Persentase preminya lebih tinggi dari premi termahal untuk asuransi kendaraan TLO yang hanya 0,78 persen!

3. Asuransi Mobil Gabungan

Ada juga asuransi kendaraan gabungan antara TLO dan all risk, tetapi hanya tersedia ketika Anda sedang kredit mobil. Cara kerjanya adalah pada tahun pertama mobil akan mendapatkan proteksi secara all risk, kemudian pada tahun berikutnya hanya asuransi mobil TLO.

4. Asuransi Mobil Perluasan (Rider)

Dari ketiga jenis asuransi mobil tersebut, Anda masih bisa menambahkan pertanggungan asuransi mobil. Asuransi perluasan adalah manfaat tambahan selain pertanggungan jika terjadi kecelakaan atau kerugian. Jaminan perluasan dengan premi ekstra.

  1. Jaminan perluasan asuransi kendaraan terorisme dan sabotase
  2. Jaminan perluasan asuransi kendaraan banjir dan angin topan
  3. Jaminan perluasan asuransi kendaraan gempa bumi dan tsunami
  4. Jaminan perluasan asuransi kendaraan huru-hara atau kerusuhan
  5. Jaminan perluasan asuransi kendaraan kecelakaan diri penumpang
  6. Jaminan perluasan asuransi kendaraan tanggung jawab hukum pihak ketiga (TPL)
  7. Jaminan perluasan asuransi kendaraan tanggung jawab hukum terhadap penumpang

5. Asuransi Mobil Collision Coverage

Ini adalah asuransi kendaraan yang digunakan untuk menanggung biaya pengobatan akibat tabrakan. Selain itu, asuransi kendaraan ini menanggung biaya mobil nasabah asuransi atas kerusakan dan biaya ganti rugi.

6. Asuransi Mobil Liability Insurance

Asuransi mobil ini tidak jauh berbeda dengan pertanggungan Collision Coverage. Sebaliknya, asuransi Liability Insurance memberikan perlindungan tambahan untuk kerusakan pada tagihan medis atau pemegang polis asuransi kendaraan.

7. Asuransi Mobil Personal Injury Protection

Personal Injury Protection memberikan perlindungan bagi nasabah yang mengalami kecelakaan saat berkendara. Tidak hanya itu, asuransi mobil jenis ini juga memberikan biaya tambahan sebagai kompensasi atas kecelakaan yang melibatkan nasabah dan penumpang.

Asuransi Mobil All Risk atau TLO, Apa Bedanya?

Sederhananya, semua asuransi all risk memprotek semua jenis kerusakan, kerusakan ringan dan parah. Sementara itu, asuransi mobil TLO hanya memprotek lebih dari 75% harga mobil saat itu.

Untuk mempermudah, perhatikan perbedaan antara asuransi mobil all risk dan asuransi mobil TLO pada tabel di bawah ini:

Jenis All Risk TLO
Usia mobil Maksimal 12 Tahun Maksimal 15 tahun s/d 20 tahun
Cocok untuk Mobil baru & sering berkendara di kota yang padat Mobil tua atau mobil bekas
Biaya premi Mulai dari 3,26 persen dari harga mobil Mulai dari 0,44 persen dari harga mobil
Manfaat Semua kerusakan, bahkan lecet, dan hilang Min. kerusakan 75 persen atau hilang

Asuransi untuk Mobil Tua, bisakah?

Jika Anda seorang pemilik mobil tua atau kolektor mobil tua, Anda mungkin ingin memberikan asuransi kendaraan tambahan untuk menjaga mobil dalam kondisi baik dan tahan lama. Bisakah kita mengajukan asuransi mobil tua?

Tentu saja bisa, tetapi baik asuransi mobil lama maupun bekas berbeda dengan istilah baru. Misalnya, untuk menggunakan asuransi mobil bekas untuk kecelakaan mobil, usia mobil maksimal 10 tahun dan beberapa perusahaan asuransi mobil mengenakan biaya tambahan untuk mobil yang lebih tua.

Sementara itu, proteksi dari asuransi mobil TLO umumnya paling cocok untuk mobil tua berusia 10-20 tahun. Apa saja manfaat asuransi mobil TLO untuk mobil tua atau bekas?

  • Premi asuransi mobil TLO relatif murah
  • Kompensasi untuk risiko kerugian biasanya 10% lebih rendah dari harga jual mobil
  • Selain perluasan asuransi TJH, santunan bencana umumnya dibayarkan kepada pihak ketiga yang dirugikan
  • Jika lebih dari 75% kerusakan tidak bisa diperbaiki setelah kecelakaan atau kerusakan, perusahaan asuransi akan membayar ganti rugi penuh

Selengkapnya Tentang Asuransi Mobil Tua

Secara umum, banyak perusahaan asuransi mobil, seperti Astra Asuransi Mobil Garda Oto dan Adira Autocillin, diketahui menawarkan asuransi kecelakaan mobil all risk untuk kendaraan dengan batas usia 8 tahun, untuk manfaat TLO maksimal 15 tahun.

Asuransi mobil All Risk Garda Oto dibatasi karena semakin tua mobil, semakin jarang tersedia suku cadang seperti pada mobil BMW. Tentunya sangat penting untuk memastikan ketersediaan suku cadang bagi pelanggan yang ingin memperbaiki mobilnya.

Harap dicatat bahwa batasan usia ini didasarkan pada tahun berjalan atau pada saat pembelian, bukan pada status mobil baru atau bekas.

Namun, ada juga perusahaan asuransi mobil yang memberikan proteksi khusus kendaraan antik seperti mobil Mercy, dengan umur lebih dari 40 Tahun dan persyaratan kondisi mobil serta aksesoris harus masih sesuai bawaan awal.

Ada asuransi untuk mobil klasik berusia 20-40 tahun, yang dapat diperbaiki dan dirawat, selama Anda tidak mengubah desain dan spesifikasi aslinya.

Harga Premi Asuransi Mobil

Berbeda dengan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, premi asuransi mobil dibayarkan setiap tahun. Asuransi mobil mencakup Rp 385.000 per tahun untuk polis asuransi mobil TLO dan Rp 2,1 juta untuk semua polis asuransi mobil all risk.

Penting juga untuk dicatat bahwa tarif premi atau biaya asuransi kendaraan diatur oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). OJK telah menerbitkan Surat Edaran OJK No. 6 (SEOJK.05/2017) tentang keputusan atau kontribusi Premi pada lini usaha asuransi properti dan asuransi kendaraan bermotor di tahun 2017.

Cara termudah untuk menghitung atau memeriksa pembayaran ACA, Adira dan asuransi mobil lainnya adalah sebagai berikut.

Persentase premi (seperti jenis asuransi mobil, wilayah dan kategori harga mobil) x harga mobil = harga premi

Ketentuan Premi Tergantung Harga Mobil dan Wilayah

Dengan mengacu pada OJK tentang tarif asuransi mobil, penetapan premi akan tergantung pada wilayah mana dan harga mobil nasabah. Berikut persentase premi atau tarif asuransi mobil OJK.

Kategori Biaya Asuransi Mobil Sesuai Wilayah

Anda perlu melihat kategori wilayah mobil untuk menghitung besaran premi asuransi mobil. Ada tiga kategori yang menentukan biaya asuransi mobil:

  1. Wilayah I (Sumatera dan pulau-pulau sekitarnya)
  2. Wilayah II (DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten)
  3. Wilayah III (tempat lain yang tidak disebutkan dalam wilayah I dan II)

Kategori Harga Mobil

Harga mobil juga menentukan besaran premi asuransi mobil. Berikut ini adalah rincian kategori premium berdasarkan harga mobil.

  1. Kategori I yaitu Rp 0 – 125.000.000
  2. Kategori II, yaitu lebih dari Rp125 – 200.000.000
  3. Kategori III, yaitu di atas Rp 200 – 400.000.000
  4. Kategori IV, yaitu di atas Rp 400 – 800.000.000
  5. Kategori V, yaitu di atas Rp800.000.000
Harga Asuransi Mobil dan Simulasi Premi 2021

Berikut ini adalah contoh simulasi premi berdasarkan nilai pertanggungan asuransi kendaraan yang diambil.

1. Biaya dan simulasi semua asuransi mobil kecelakaan (umum)

Kat. Wilayah & Harga Mobil Wilayah 1 Wilayah 2 Wilayah 3
Kat. 1, maks. Rp125 juta 3,82% – 4,20% 3,26% – 3,59% 2,53% – 2,78%
Kat. 2, Rp125-200 juta 2,67% – 2,94% 2,47% – 2,72% 2,69% – 2,96%
Kat. 3, Rp200-400 juta 2,18% – 2,40% 2,08% – 2,29% 1,79% – 1,97%
Kat. 4, Rp400-800 juta 1,20% – 1,32% 1,20% – 1,32% 1,14% – 1,25%
Kat. 5, Lebih dari Rp800 juta 1,05% – 1,16% 1,05% – 1,16% 1,05% – 1,16%

Jika Anda mengambil asuransi mobil all risk dari tabel di atas, Anda dapat menghitung jumlah premi asuransi mobil yang harus dibayar.

Misalnya, sebuah mobil mewah seharga Rp 150 juta dan memiliki plat nomor Jakarta B, jadi itu adalah kategori wilayah 2 dan kategori 2.

Berikut ini adalah simulasi premi asuransi mobil untuk all risk yang harus dibayarkan setiap tahun saat mengikuti asuransi kendaraan.

Persentase Premi all risk x Harga Mobil = 2,47% Pembayaran Premi x Rp150.000.000 = Rp3.705.000 Per Tahun

Cara praktis lainnya adalah membandingkan ratusan polis asuransi mobil secara online dari berbagai perusahaan asuransi. Dengan cara ini, calon nasabah bisa mendapatkan kebijakan terbaik dengan harga serendah mungkin!

2. Biaya dan Simulasi Asuransi TLO

Kat. Wilayah & Harga Mobil Wilayah 1 Wilayah 2 Wilayah 3
Kat. 1, maks. Rp125 juta 0,47% – 0,56 0,65% – 0,78% 0,51% – 0,56%
Kat. 2, Rp125-200 juta 0,63% – 0,69% 0,44% – 0,53% 0,44% – 0,48%
Kat. 3, Rp200-400 juta 0,41% – 0,46% 0,38% – 0,42% 0,29% – 0,35%
Kat. 4, Rp400-800 juta 0,25% – 0,30% 0,25% – 0,30% 0,23% – 0,27%
Kat. 5, Lebih dari Rp800 juta 0,20% – 0,24% 0,20% – 0,24% 0,20% – 0,24%

Jika Anda melihat grafik di atas, Anda dapat melihat bahwa asuransi mobil TLO adalah yang termurah dari semua risiko. Menggunakan contoh yang sama seperti sebelumnya, mari kita bandingkan premi TLO.

Misalnya, mobil Agya memiliki harga Rp 150 juta dan pelat B Jakarta. Premi tersebut kemudian dihitung berdasarkan perhitungan asuransi mobil Kategori 2 sebagai berikut.

Premi Asuransi Mobil TLO x Persentase Harga Mobil = 0,44% Pembayaran Premi x Rp150.000.000 = Rp660.000 Per Tahun

3. Simulasi Biaya Premi dengan Jaminan Perluasan

Jaminan Tarif Premi Risiko Sendiri
Banjir termasuk angin topan Mulai dari 0,50% (tergantung wilayah) 10% dari nilai klaim yang disetujui, paling sedikit Rp500.000,00 per kejadian
Gempa bumi dan tsunami Mulai dari 0,05% (tergantung wilayah)
Huru-hara atau kerusuhan (SRCC) 0,05% (All Risk) dan 0,035% (TLO)
Terorisme dan sabotase 0,05% (All Risk) dan 0,035% (TLO)
Tanggung Jawab Hukum terhadap Pihak Ketiga (Kendaraan Penumpang dan Sepeda Motor) a. UP hingga Rp25 juta : 1% dari UP

b. UP > Rp25 juta s.d. Rp50 juta : 0,5% dari UP

c. UP > Rp50 juta s.d. Rp100 juta : 0,25% dari UP

d. UP > Rp100 juta : ditentukan oleh underwriter perusahaan

Tanggung Jawab Hukum terhadap Pihak Ketiga (Kendaraan Niaga, Truk, dan Bus) a. UP hingga Rp25 juta : 1,50% dari UP

b. UP > Rp25 juta s.d. Rp50 juta : 0,75% dari UP

c. UP > Rp50 juta s.d. Rp100 juta : 0,375% dari UP

d. UP > Rp100 juta : ditentukan oleh underwriter perusahaan

Kecelakaan Diri untuk Penumpang a. Untuk Pengemudi : 0,50% dari Uang Pertanggungan (UP) kecelakaan diri

b. Untuk Penumpang : 0,10% dari UP kecelakaan diri untuk setiap tempat duduk penumpang

Tanggung Jawab Hukum terhadap Penumpang a. UP hingga Rp25 juta : 0,50% dari UP

b. UP > Rp25 juta s.d. Rp50 juta : 0,25% dari UP

c. UP > Rp50 juta s.d. Rp100 juta : 0,125% dari UP

d. UP > Rp100 juta : ditentukan oleh underwriter perusahaan

Cara Klaim Asuransi Mobil

Perhatian harus diberikan pada prosedur dan dokumen tentang cara mengklaim asuransi mobil. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah ketika terjadi kecelakaan atau kerugian, ambil foto masalah tersebut sebagai bukti klaim dan segera laporkan klaim asuransi kendaraan selama 5×24 jam.

Nah, selain mengajukan klaim langsung ke perusahaan asuransi kendaraan, Anda mungkin juga ingin menggunakan layanan klaim dari broker asuransi seperti Lifepal. Dijamin lebih praktis dan simple!

Lihat proses klaim asuransi mobil terlengkap di Indonesia di bawah ini:

Proses Klaim Asuransi Mobil

  • Pelaporan Klaim – Anda dapat mengajukan permohonan langsung ke kantor cabang, melalui telepon, SMS atau melalui perusahaan asuransi. Klaim biasanya harus dilaporkan maksimal 5×24 jam setelah kejadian, sesuai kebijakan perusahaan
  • Siapkan dokumen klaim, Seperti (SIM dan STNK), dokumen polis, formulir klaim lengkap, foto-foto kecelakaan/klaim lainnya. Dokumen yang harus disiapkan tergantung pada jenis kerugian. Harap perhatikan kelengkapan dokumen pada penjelasan berikutnya
  • Tim asuransi melakukan survei dan analisis
  • Tunggu hasil survei dan analisis: Tim perusahaan asuransi akan meninjau kemungkinan klaim bisa disetujui
  • Kompensasi: Klaim klien akan menerima penggantian klaim atas kerusakan

Dokumen Klaim Asuransi Mobil

Dokumen yang diperlukan untuk klaim akan tergantung pada jenis kerusakan atau kerugian. Namun, secara umum, berikut adalah beberapa dokumen yang perlu disiapkan.

  • Dokumen polis asuransi, lampiran/sertifikat
  • Surat Izin Mengemudi (SIM)
  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
  • BPKB untuk kendaraan bermotor
  • ID Asuransi (KTP)
  • LKKB (Laporan Kecelakaan Kendaraan Bermotor)
  • Laporan kerugian termasuk asal usul kecelakaan
  • Jika kasus pencurian, melampirkan surat keterangan hilang
  • Surat klaim pihak ketiga saat terlibat dengan pihak ketiga
7 Tips Memilih Asuransi Mobil Termurah dan Terbaik

Memilih asuransi mobil yang murah dan bagus harus mempertimbangkan beberapa faktor, seperti jenis asuransi, produk dan rasio yang tepat antara premi dan layanan.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memilih asuransi mobil terbaik untuk dipertimbangkan:

1. Pilih jenis asuransi yang sesuai (TLO)

Identifikasi kebutuhan dan area drive di daerah perkotaan yang padat dan di jalan yang rusak. Dalam kebanyakan kasus, asuransi mobil all risk cocok untuk pengemudi mobil kota karena risiko lecet yang tinggi. Sementara itu, Asuransi Mobil TLO sangat ideal untuk mobil di daerah berisiko rawan kriminalitas.

2. Cari Ssuransi Mobil Pihak Ketiga

Asuransi mobil pihak ketiga adalah manfaat polis dari memberikan ganti rugi jika terjadi kecelakaan atau konflik yang melibatkan pihak ketiga. Misalnya, mereka secara tidak sengaja menabrak mobil di depan lampu merah.

Nah, kerusakan mobil tertabrak Anda ditanggung oleh asuransi kendaraan. Namun Polis Asuransi kendaraan ini juga memiliki beberapa pengecualian khusus, misalnya:

  • Saat latihan mengemudi, nasabah menabrak atau mendorong kendaraan lain
  • Kendaraan rusak karena digunakan untuk balapan, kampanye, karnaval, kejahatan dan unjuk rasa.
  • Kerugian terjadi dengan sengaja atau ada skenario
  • Kendaraan dikemudikan oleh pengemudi tanpa SIM
  • Kendaraan rusak akibat dalam pengaruh penyalahgunaan alkohol atau narkoba
  • Kendaraan rusak karena kerusuhan atau bencana alam

3. Bandingkan polis dari perusahaan asuransi kendaraan yang berbeda

Untuk polis asuransi dengan premi rendah dan manfaat penuh, calon nasabah disarankan untuk membandingkan polis secara online dengan berbagai perusahaan asuransi mobil di Indonesia.

4. Pilih perusahaan asuransi yang bereputasi baik

Keandalan bukan hanya merek terkenal tetapi juga dapat diandalkan tentang layanannya dan sesedikit mungkin keluhan.

5. Pilih asuransi kendaraan dengan bengkel rekanan yang luas

Asuransi kendaraan biasanya bekerja sama dengan bengkel resmi merek mobil Anda. Namun, ada juga bengkel yang tidak berlisensi. Nah, hanya beberapa merek asuransi mobil yang mengizinkan Anda memperbaiki di bengkel mana pun. Sejauh ini, produk yang bermanfaat ini adalah ACA Otomate Solitaire dari ACA.

Dalam kebanyakan kasus, manfaat asuransi kendaraan jenis ini sangat penting jika mobil Anda rusak di lingkungan yang tidak dikenal.

6. Bandingkan harga premium dengan fitur layanan

Premi Asuransi Kendaraan di OJK sudah ada aturannya. Namun, fitur dan layanan dari satu produk ke produk lainnya mungkin berbeda, meskipun preminya mungkin sama.

Ada asuransi kendaraan yang hanya memprotek kerusakan pada mobil, tetapi juga mencakup pertanggungan bagi pengemudi dan penumpang. Tentu saja, tanpa biaya tambahan.

Jadi, ketika Anda menerima polis asuransi kendaraan, Anda harus terlebih dahulu menentukan perlindungan, fitur, dan manfaat tambahan apa yang ditawarkan, lalu menandatangani.

7. Persyaratan asuransi mobil harus lengkap

Setelah Anda menentukan polis asuransi yang diinginkan, lengkapi persyaratan asuransi mobil yang diperlukan. Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi saat mendaftarkan mobil kesayangan Anda di Asuransi kendaraan. Berikut ini adalah persyaratan untuk mendaftar asuransi mobil.

  • Formulir pendaftaran yang disediakan oleh Lifepal atau Perusahaan Asuransi kendaraan
  • Fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Foto Surat Izin Mengemudi (SIM)
  • Warga negara asing harus menyertakan KITAP atau KITAS
  • Surat NPWP atau SIUP asli
Tanya Jawab Tentang Asuransi Mobil

Berikut adalah beberapa tips tentang asuransi mobil dan pertanyaan yang sering diajukan. Entah itu menjadi Asuransi Mobil BCA, Asuransi Mobil Ramayana, Asuransi Mobil Semarang dan berbagai merk lainnya.

Bagaimana Cara Kerja Asuransi Mobil?

Pelanggan harus mendaftarkan kendaraan dan mendapatkan polis asuransi kendaraan yang biasanya berlaku selama satu tahun. Awalnya, pelanggan harus membayar premi asuransi, yang dikelola oleh perusahaan asuransi mobil untuk menutupi berbagai masalah pelanggan.

Lebih Mahal Tanpa Asuransi Atau Pakai Asuransi?

Biaya perbaikan bengkel tanpa asuransi memang tidak murah. Berikut adalah beberapa saran tentang cara melihat perbandingan biayanya:

Lebih Mahal Tanpa Asuransi Atau Pakai AsuransiKami melihat biaya pergi ke bengkel dengan asuransi bisa lebih murah berlipat ganda. Sedangkan jika memiliki kendaraan, nasabah hanya akan menanggung risikonya sendiri, sekitar Rp 300.000.

Jika mobil harus pergi ke bengkel, itu adalah biaya bagi nasabah non asuransi yang harus dikeluarkan sendiri.

Apakah Asuransi Mobil Perlu Atau Tidak?

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa memiliki asuransi mobil tidak begitu penting. Tentu saja, asuransi untuk mobil favorit Anda dapat menghemat banyak uang.

Selain itu, ada alasan lain mengapa Anda mungkin memiliki asuransi mobil.

  1. Jumlah kendaraan di jalan raya Indonesia meningkat sebesar 6 persen setiap tahun, sehingga Anda perlu melindungi mobil Anda dari kerusakan di jalan raya
  2. Asuransi mobil dapat melindungi Anda dan penumpang Anda dari perbaikan mahal dalam keadaan darurat. Selain itu, angka kecelakaan di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya
  3. Lindungi keuangan Anda dari tagihan bengkel yang mahal saat kendaraan Anda rusak

Tidak Bisakah Membeli Asuransi Mobil Bekas?

Asuransi mobil bekas pasti bisa dibeli. Namun, perlindungan yang bisa dipilih tentu berbeda dengan asuransi mobil baru. Pada mobil yang lebih baru, Anda dapat memilih antara asuransi kecelakaan (mobil) atau asuransi TLO.

Mobil bekas biasanya asuransi mobil TLO saja. Namun, ini tergantung pada pengoperasian dan usia mobil serta kebijakan penyedia asuransi.

Tidak Bisakah Mengajukan Asuransi Mobil Tua?

Tentu bisa, kalau mau mengajukan asuransi mobil all risk, yang penting kendaraan yang dimiliki mempunyai usia paling lama 10 tahun. Dan paling lama 15 tahun kalau mau mengajukan asuransi TLO.

Mengapa Membeli Asuransi Mobil Secara Online?

Mempermudah dalam membeli asuransi mobil terutama secara online karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Anda juga dapat membandingkan produk perusahaan asuransi mobil yang satu dengan yang lain dan memilih asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Membeli produk asuransi dapat dengan mudah dilakukan secara online. Kemudian lakukan pembayaran reguler atau sekaligus transfer atau metode pembayaran lainnya untuk pembayaran premi.

Sebelum Anda berbelanja online, Anda perlu mengetahui beberapa hal:

  1. Siapkan informasi dan identitas kendaraan
  2. Siapkan identitas diri dan dokumen dalam bentuk foto atau soft copy
  3. Daftar
  4. Lakukan pembayaran melalui saluran online atau offline

Terima polis asuransi online atau offline. Polis asuransi digital dapat dikirim langsung melalui surat elektronik atau email.

LifePal adalah salah satu perusahaan Marketplace Asuransi terkemuka di dunia. Anda dapat menemukan berbagai pilihan asuransi kendaraan baik mobil maupun motor di Platform Asuransi Lifepal.

LifePal menyediakan layanan 24 jam sebagai mitra terpercaya, untuk pembelian asuransi dan klaim. Termasuk memberikan penawaran promosi asuransi yang paling menarik.

Salah satu keunggulan asuransi online adalah bisa lebih murah dibandingkan membeli secara offline atau melalui agen asuransi. Cari tahu keuntungan membeli asuransi mobil secara online di Lifepal.

Cara Memverifikasi Asuransi Mobil Online Dengan Lifepal

Cara memastikan asuransi mobil yang tepat untuk Anda, kini bisa dilakukan secara online di Lifepal. Bandingkan dan lihat tips produk asuransi mobil terbaik secara online di Lifepal.

Berapa Biaya Asuransi Mobil All Risk di Lifepal?

Lifepal menawarkan penawaran terbaik untuk asuransi kecelakaan mobil. Berikut adalah beberapa penawaran terbaik pada kutipan asuransi mobil murah Lifepal.

Asuransi Mobil Sinarmas
Biaya Asuransi Mobil All Risk Rp 175.000 per bulan
Asuransi Mobil Astra (Asuransi Mobil Garda Otto)
Biaya Asuransi Mobil All Risk Rp 255.000 per bulan
Asuransi Mobil Jasindo
Semua biaya asuransi mobil All Risk Rp 180.000 per bulan
Asuransi Mobil Adira
Biaya Asuransi Mobil All Risk Rp 205.000 per bulan
Asuransi Mobil ACA
Harga Asuransi Mobil All Risk : Rp218.000 per bulan
Asuransi Mobil Pan Pacific
Semua biaya asuransi mobil All Risk Rp 180.000 per bulan
Asuransi Mobil AXA
Biaya Asuransi Mobil All Risk Rp 191.000 per bulan
Asuransi mobil Autocillin
Biaya Asuransi Mobil All Risk Rp 205.000 per bulan
Asuransi Mobil Ramayana
Harga Asuransi Mobil All Risk N / A
Asuransi Mobil BCA (Asuransi Mobil BCA)
Harga Asuransi Mobil All Risk N / A

Bagaimana Cara Memilih Asuransi Mobil yang Baik?

Ada tiga hal utama untuk memilih, mengukur dan patokan asuransi mobil yang baik dan murah:

  1. Tawarkan harga premium sesuai tabel batas atas dan bawah dari pemerintah
  2. Memberikan perlindungan asuransi dasar yang komprehensif di seluruh Indonesia
  3. Memberikan premi yang sepadan dengan layanan dan pertanggungan yang diberikan

Contoh Asuransi Mobil yang Bagus

Banyak sekali pilihan asuransi mobil yang bagus dan murah di Indonesia saat ini. Untuk memudahkan nasabah dalam memilih polis asuransi mobil terbaik, berikut beberapa contoh asuransi mobil yang bagus:

  • Asuransi Simas Insurtech
  • Asuransi Sinarmas Mobil
  • Asuransi Tokio Marine
  • Asuransi AXA Mandiri
  • Adira Autocillin
  • Asuransi Allianz
  • Tugu Insurance
  • Asuransi Sompo
  • Asuransi ABDA
  • Asuransi ACA

Apa Saja Jenis Asuransi Mobil?

Asuransi mobil menawarkan dua produk yang dapat dipilih nasabah: all risk (total) dan Total Loss Only (TLO). Asuransi all risk dan asuransi mobil TLO, yang menanggung semua jenis kerusakan dan melindungi dari kehilangan atau kerugian serius saja.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Ada beberapa jenis asuransi mobil di Indonesia:

  1. Gabungan
  2. Personal Injury
  3. Collision coverage
  4. Liability Insurance
  5. Total Loss Only (TLO)
  6. All risk (comprehensive)
  7. Perluasan jaminan (rider)

Apa itu Asuransi Mobil All Risk?

Asuransi Mobil All risk (Umum) adalah jenis polis asuransi mobil yang menjamin segala jenis kerugian yang terjadi pada sebuah mobil asuransi.

Misalnya, setiap polis asuransi kecelakaan mobil menanggung kerusakan ringan, seperti kerusakan lecet, atau kerusakan umum, hingga dicuri. Asuransi mobil baru sangat cocok untuk nasabah Asuransi All Risk.

Apa Saja Jenis Asuransi Mobil Secara Umum?

Tidak semua kecelakaan memiliki semua jenis asuransi mobil, itu harus dipahami. Jadi tidak ada yang namanya asuransi mobil universal yang murah dan mahal.

Satu-satunya batasan adalah perluasan perlindungan. Misalnya, perlindungan banjir, terorisme, vandalisme, tanggung jawab pihak ketiga, dll.

Apa itu Asuransi Mobil TLO?

Asuransi mobil TLO atau kerugian total hanya mencakup lebih dari 75% kerusakan atau kerugian serius. Oleh karena itu, Anda bisa mengajukan klaim asuransi kendaraan saat kendaraan benar-benar rusak dan tidak bisa digunakan.

Bagaimana Cara Mengklaim Asuransi Mobil?

Cara mengajukan asuransi mobil sangat sederhana, asalkan berkas yang sudah Anda siapkan lengkap dan sesuai dengan syarat dan ketentuan. Ada tiga langkah yang harus Anda ambil saat mengajukan klaim asuransi mobil:

  1. Laporkan berita acara
  2. Mengambil tindakan yang diperlukan
  3. Buat berkas yang diperlukan dan ajukan klaim asuransi kendaraan

Pelajari juga cara mengajukan asuransi mobil, seperti Asuransi Mobil Abda, Asuransi Mobil Autocillin, Asuransi Mobil Sinarmas, dan lainnya.

Bagaimana Cara Mengklaim Asuransi Mobil Kredit?

Proses pengajuan asuransi mobil umumnya sama dengan asuransi kendaraan yang lain. Umumnya sedikit berbeda dengan proses klaim asuransi kendaraan umumnya. Berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan:

  1. Jika kerusakan total, siapkan dokumen berupa STNK, polis asuransi, SIM dan bukti kepolisian
  2. Kirim dokumen ke perusahaan asuransi
  3. Perusahaan asuransi akan memproses klaim Anda
  4. Nasabah membayar sendiri biaya own risk (biasanya Rp 300.000)
  5. Perbaikan bisa langsung dilakukan di bengkel rekanan

Berapa Lama Proses Klaim Asuransi Mobil?

Jika berkas diterima, biasanya dibutuhkan waktu 14 hari kerja untuk mengajukan klaim asuransi kendaraan. Entah itu Asuransi Mobil Mobil Jasindo, Asuransi Mobil All Risk Garda Oto, dan berbagai asuransi mobil lainnya.

Berapa Biaya Own Risk?

Pada saat mengajukan klaim, tertanggung biasanya harus membayar sendiri biaya own risknya. Sederhananya, pemilik polis asuransi mobil harus membayar biaya jika dia mengaku mengalami kecelakaan. Ini biasanya terjadi jika Anda mengambil asuransi mobil all risk.

Tentu saja, harganya bervariasi karena besarnya berdasarkan premi yang dibayarkan, tetapi rata-rata biaya asuransi kendaraan own risk (OR) untuk asuransi mobil adalah Rp. 300.000. Fungsinya adalah peringatan untuk ekstra hati-hati saat berkendara di masa depan.

Berapa Biaya OR Asuransi Mobil?

Klaim asuransi mobil atau biaya kecelakaan itu sendiri umumnya lebih dari Rp 300.000 per satu klaim. Sementara itu, biaya asuransi mobil dengan goresan paling sedikit umumnya mulai dari Rp 150 ribu.

Bisakah Asuransi Mobil Dikembalikan?

Premi asuransi kendaraan dapat dikembalikan dalam kondisi tertentu. Hal ini diubah dengan Pasal 27 (2) Kebijakan Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia dalam Surat Edaran OJK.

Cara paling sederhana adalah, jika Anda belum pernah mengklaim klaim asuransi kendaraan, perhitungannya didasarkan pada masa asuransi kendaraan yang tidak terpakai.

Rumusnya adalah besaran biaya administrasi dan jumlah bulan sebelumnya (proporsional) dari premi asuransi kendaraan yang dibayarkan.

Bagaimana Cara Mendapatkan Pengembalian Dana Premi?

Penggantian premi asuransi kendaraan adalah pada saat kendaraan diganti atau permohonan asuransi ditolak oleh perusahaan asuransi.

Cara refund atau pengembaliannya adalah dengan menghubungi perusahaan asuransi kendaraan yang bersangkutan. Tidak semua perusahaan asuransi kendaraan mengizinkan penutupan polis, perlu diperhatikan.

Kemudian lengkapi Formulir SPPAKB (Permohonan Penutupan Asuransi Kendaraan Bermotor). Anda bisa mendapatkan formulir tersebut melalui website resmi perusahaan asuransi atau datang ke kantor cabangnya.

Bagaimana Mengganti Asuransi Kendaraan Jika Anda Pernah Klaim?

Jika Anda sudah melakukan klaim, pengembalian dana asuransi kendaraan akan dikurangi dengan biaya perbaikan mobil.

Misalnya, kita membeli asuransi mobil untuk masa pertanggungan satu tahun atau 12 bulan. Kemudian, kami ingin menarik pembayaran dalam bulan ketiga.

Dana asuransi kendaraan dapat dikembalikan atau dipotong dari biaya administrasi bulan keempat hingga ke-12 dan pengeluaran lainnya (tergantung perusahaan). Jika Anda melakukan klaim, biaya tersebut akan dikurangi lagi dengan biaya perbaikan mobil.

Apakah Ada Asuransi Mobil Dengan Mobil Pengganti?

Produk asuransi kendaraan dengan fasilitas mobil alternatif dapat dimasukkan sebagai manfaat utama atau manfaat tambahan, seperti perusahaan asuransi kendaraan terkait.

Fasilitas ini dirancang untuk membantu nasabah yang mobilnya sedang diperbaiki. Waktu pemakaian biasanya 5×24 jam.

Sementara itu, beberapa polis asuransi mobil yang mengcover penggantian ini antara lain KB Comprehensive (Basic), ACA Otomate Smart, dan MSIG Mobil Comprehensive (Basic).

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Mendapatkan Polis Asuransi Mobil?

Polis akan diterbitkan dalam waktu 7-14 hari kerja setelah Anda mendaftar untuk asuransi kendaraan. Setelah polis diterbitkan, ada masa tunggu hingga 30 hari untuk mengajukan klaim.

Apa itu Loading Fee di Asuransi Mobil?

Dalam asuransi mobil, Loading fee atau premi pemasangan merupakan kenaikan premi yang dihitung berdasarkan usia mobil.

Biaya loading fee minimal 5% per tahun untuk mobil di atas usia 5 tahun. Namun, jumlahnya mungkin lebih tinggi dari persentase itu, tergantung pada polis asuransi kendaraan.

Apa Contoh untuk Menghitung Loading Fee?

OJK mengatur besaran premi asuransi kendaraan dengan rincian sebagai berikut.

  • Asuransi mobil all risk, biaya loading fee minimal 5% per tahun dan untuk kendaraan di atas usia 5 tahun.
  • Asuransi TLO, biaya loading fee minimal 5% per tahun diberikan pada mobil yang berusia di atas 5 tahun, 10 tahun atau 15 tahun.

Misalnya, mobil Agya seharga Rp 150 juta dan plat nomor Jakarta B dengan usia lebih dari 7 tahun. Kemudian premi dibayarkan sebagai berikut.

Rumus loading fee:([Selisih tahun kendaraan x Loading fee x rate premi asuransi] + rate premi) x harga mobil = biaya premi.

([2 tahun x 5% x 2,47%] + 2,47%) x Rp150.000.000 = Rp4.075.500 per tahun

Apakah Asuransi Mobil Bisa Kredit?

Kredit mobil dan asuransi mobil jelas berbeda. Asuransi mobil berfokus pada perlindungan dan penggantian kerugian mobil, sementara kredit mobil adalah instansi yang menyediakan kredit atau angsuran mobil baik second ataupun baru.

Contoh asuransi mobil adalah Asuransi Astra, Asuransi Mobil Sinar Mas, Asuransi Mobil MNC, Asuransi Mobil Chubb dan masih banyak lagi.

Sementara itu, beberapa perusahaan kredit mobil yang menyediakan kredit mobil seperti Adira Finance Kredit Mobil Bekas, Sinarmas Kredit Mobil Bekas, dan kredit/Asuransi Mobil ACC.

Apakah Asuransi Mobil Riba?

Menurut pedoman Asuransi Syariah, asuransi mobil diperbolehkan berdasarkan fatwa MUI No.21/DSN-MUI/X/2001. Karena asuransi dianggap sebagai bentuk perlindungan, termasuk tolong menolong dan merupakan bagian dari kebaikan (Discharge Agreement).

Apa Saja Aturan Asuransi Mobil?

Pada dasarnya, setiap produk asuransi kendaraan memiliki landasan hukum. Dasar hukum asuransi adalah sah antara lain:

  • Undang-Undang Nomor 2 tentang perdagangan Asuransi Tahun 1992
  • Pasal 1320 dan 1774 Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHP) tentang perlindungan dan kesepakatan kedua belah pihak serta kesepakatan dalam hal suatu peristiwa yang belum pasti
  • Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tentang pelaksanaan bisnis asuransi pada tahun 1992
  • Surat Edaran OJK No. 6/SEOJK.05/2017, yang mengatur tentang tarif atau kontribusi premi pada lini bisnis asuransi harta benda dan asuransi kendaraan bermotor tahun 2017

Apakah yang terbaik untuk memeriksa premi asuransi mobil secara online atau secara langsung?

Pengecekan Premi Asuransi Mobil ACA atau Online lainnya lebih praktis dan mudah bagi calon pelanggan untuk membeli asuransi kendaraannya.

Dengan sistem online, pengecekan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa khawatir dengan tarif premi yang tinggi.

Tentunya cara pemeriksaan asuransi mobil online ini memiliki kekurangan yaitu tidak datang langsung ke kantor perusahaan.

Salah satunya adalah tidak semua jenis mobil yang diproduksi pada tahun tertentu dapat diuji oleh asuransi mobil, sehingga harus mendapatkan asuransi secara langsung.

Jadi cara apapun bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan Anda, Anda bisa cek Premi Asuransi Mobil Sinarmas atau asuransi lainnya secara online jika ingin lebih praktis dan cepat.

Salah satunya melalui Lifepal, Anda dapat melihat simulasi asuransi mobil dan membandingkannya dengan 50+ polis asuransi mobil all risk dan contoh asuransi mobil TLO lainnya.

Bagaimana Cek Premi Asuransi Mobil Anda?

Di sini Anda bisa menggunakan kalkulator premium dari Lifepal bagi yang berminat membeli asuransi mobil. Jika Anda sudah memiliki asuransi, Anda dapat mengecek polis asuransi mobil Anda sebelumnya.

Demikian penjelasan lengkap tentang pentingnya melek asuransi #asuransilifepal, Lifepal merupakan Marketplace Asuransi paling keren dengan fitur yang lengkap.

Owh ya, mungkin bagi Kamu yang suka nulis atau Blogging, kebetulan saat ini Asuransi Lifepal sedang mengadakan Blog Competition. Hadiahnya menarik loh, untuk lebih jelasnya silahkan cek gambar banner di bawah ini ya. Salam sukses.

Blog Competition

Bagikan ke

Pentingnya Melek Asuransi Mobil Online Terbaik Paling Rekomendasi Tahun Ini

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Pentingnya Melek Asuransi Mobil Online Terbaik Paling Rekomendasi Tahun Ini

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: