• Gabung Bersama Kami untuk Dapatkan Tambahan Penghasilan Sampai 100 Juta Dalam Program Affiliasi dan Reseller Produk Kami
Beranda » Blog » 11 Jenis Makanan Penyebab Kolesterol yang Harus Dihindari

11 Jenis Makanan Penyebab Kolesterol yang Harus Dihindari

Diposting pada 28 Agustus 2022 oleh pengurus / Dilihat: 107 kali / Kategori:

Digitren Indonesia – Salah satu faktor kadar kolesterol dalam darah tinggi adalah jenis makanan yang kita konsumsi. Bila Anda memiliki riwayat kadar lemak jahat yang tinggi, maka sebaiknya hindari mengonsumsi makanan penyebab kolesterol.

Bila tidak memerhatikan jenis makanan pemicu tingginya lemak jenuh ini berpotensi menyebabkan komplikasi penyakit berbahaya, seperti stroke dan jantung.

11 Jenis Makanan Penyebab Kolesterol

11 Jenis Makanan Penyebab Kolesterol

Apa saja jenis makanan yang menyebabkan kadar kolesterol dalam darah tinggi? Mari kita bahas bersama!

Sekilas tentang Kolesterol dan Manfaatnya bagi Tubuh

Sebenarnya kolesterol memiliki peran penting untuk metabolisme tubuh serta membantu proses produksi empedu, vitamin D, dan jenis hormone lainnya.

Kolesterol terbagi menjadi beberapa jenis, yakni HDL (kolesterol baik), trigliserida, dan LDL (kolesterol jahat). HDL ini yang harus kita hindari.

Batas normal kolesterol harian yang dianjurkan yakni sebesar 200 hingga 300 mg/hari. Seseorang bisa dikatakan memiliki kadar kolesterol normal apabila jumlah HDL melebihi 60 mg/dL, LDL tidak lebih dari 100 mg/dL dan trigliserida yang kurang dari 150 mg/dL.

Baca juga: Tips Cegah Kolesterol Tinggi Saat Lebaran Hanya Dengan Merubah Pola Makan

Jenis Makanan Penyebab Kolesterol Jahat (LDL) Tinggi

Faktanya adalah tubuh telah memproduksi kolesterol dengan hati dan kita bisa menemukannya juga pada makanan. Berikut adalah jenis makanan penyebab kolesterol yang sebaiknya Anda hindari untuk menjaga angka LDL tetap normal.

1. Fast Food (Makanan Cepat Saji)

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi fast food atau junk food, seperti pizza, hot dog, dan burger, supaya lebih berhati-hati.

Berbagai jenis makanan cepat saji dapat mengandung sampai dengan 465 mg kolesterol setiap porsinya. Ini merupakan 155% dari keseluruhan jumlah kebutuhan kolesterol harian.

Bahkan kadar kolesterol jahat masih bisa bertambah apabila Anda mengonsumsi soda bersamaan junk food tersebut.

Ketika Anda tak tahan ingin mengonsumsi burger, sebaiknya Anda mengganti minuman bersoda dengan air putih untuk mengurangi kadar kolesterol yang masuk ke tubuh.

Sementara itu, setiap 100 gram fast food mengandung sekitar 173 mg kolesterol atau sekitar 58% dari jumlah kebutuhan harian kolesterol. Tak heran bila fast food menjadi salah satu jenis makanan penyebab kolesterol.

Baca juga: 5 Testimoni Flimty Fiber Original, Minuman Diet Paling Ampuh

2. Ice Cream

Menjadikan ice cream sebagai makanan penutup memang terasa sangat tepat. Namun tahukan Anda bahwa satu cup ice cream mengandung lebih banyak kolesterol dibandingkan satu porsi junk food?

Setiap 100 gram ice cream mengandung sekitar 141 mg kolesterol. Tepat rasanya bila ice cream masuk kategori makanan penyebab kolesterol apabila dikonsumsi berlebihan.

Selain itu, ice cream mengandung lemak, gula, dan kalori yang tidak sehat. Asupan yang berlebihan mengakibatkan tubuh rentan terkena penyakit diabetes, obesitas, jantung, hingga penurunan kognitif serta kanker tertentu.

Anda bisa mengganti ice cream dengan semangkuk potongan buah segar yang lebih sehat, mengandung nutrisi dan serat serta rendah kalori.

Lebih untung lagi karena buah merupakan salah satu jenis makanan yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Baca juga: 6 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan, Super Fruit yang Kaya Antioksidan dan Vitamin

3. Steak

Jenis makanan penyebab kolesterol tinggi selanjutnya adalah steak. Umumnya steak berbahan dasar daging sapi, ayam, hingga domba. Untuk mengontrol kadar lemak jahat dalam darah, Anda bisa mengonsumsi steak daging renda lemak.

4. Sea Food

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sea food merupakan salah satu jenis makanan penyebab kolesterol tinggi. Meski demikian, jenis kuliner ini memang menjadi favorit banyak orang.

Salah satu jenis makanan laut yang tinggi akan berlemak jenuh adalah lobster. Pada 100 gram lobster mengandung sekitar 70 mg kolesterol.

Untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi, Anda bisa memilih jenis makanan laut lain, seperti ikan atau kerang.

Akan lebih baik lagi bila Anda memilih mengolah makanan tersebut dengan cara mengukus atau merebusnya daripada digoreng.

Baca juga: Wajib Ketahui Apa Saja Makanan Penyebab Kelenjar Getah Bening

5. Telur

Telur merupakan sumber protein yang sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Bila dikonsumsi secara berlebihan, telur akan menjadi jenis makanan penyebab kolesterol yang harus diperhatikan.

Dalam satu butir berukuran besar, telur memiliki kandungan kolesterol sampai dengan 187 mg atau 62% dari kebutuhan maksimal kolesterol per hari.

Bila Anda telah mengonsumsi telur sebagai menu sarapan, maka sebaiknya Anda memilih menu lain untuk makan siang dan malam. Hindari mengonsumsi makanan penyebab kolesterol lainnya, seperti junk food, jeroan, maupun daging berlemak.

Bagi orang yang memiliki kolesterol tinggi disarankan mengonsumsi telur tidak lebih dari 6 butir per minggu.

6. Susu dan Keju

Susu dan keju adalah makanan penyebab kolesterol selanjutnya karena kadar lemak yang tinggi. Bila Anda penderita kolesterol tinggi, maka sebaiknya memilih susu dan keju yang rendah lemak.

Baca juga: Review Flimty Fiber Tentang Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Aman Tanpa Lapar

7. Daging Bebek dan Kulitnya

Daging bebek memiliki kadar kolesterol lebih tinggi dibanding daging ayam. Setiap 100 gram daging bebek setidaknya mengandung sekitar 80 mg kolesterol, sedangkan daging ayam hanya 60 mg.

Sementara daging bebek dan kulitnya mengandung 515 mg kolesterol, sedangkan daging ayam dengan kulit hanya 127 mg.

Untuk mengurangi kadar kolesterol, Anda dianjurkan untuk membuang kulitnya.

8. Krim Kocok

Whipped cream atau krim kocok sering kita jumpai saat membeli kue. Bahkan rasanya tidak afdol bila kue tanpa ada krim kocok sebagai pemanis tampilan dan rasa.

Namun tahukah Anda bahwa 30% bahan krim kocok adalah dari lemak susu? Lemak susu merupakan salah satu jenis makanan penyebab kolesterol tinggi.

Setiap 100 gram whipped cream mengandung setidaknya 111 mg kolesterol. Jumlah tersebut merupakan 37% dari jumlah kebutuhan kolesterol harian dalam tubuh.

 9. Gorengan

Jenis makanan yang digoreng memang berpotensi memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih tinggi dibanding makanan yang diolah dengan cara kukus atau rebus.

Anda perlu membatasi makanan yang serba digoreng karena kandungan kalori pada makanan yang digoreng akan menjadi lemak trans, yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit obesitas, diabetes, hingga jantung.

Baca juga: Terapi Hiperhidrosis Bersama Agen Milagros Bekasi

10. Daging Olahan

Daging olahan, seperti bakso, bacon, sosis, merupakan jenis makanan penyebab kolesterol tinggi yang harus Anda batasi. Setiap 100 gram bacon mengandung 99 mg kolesterol, yang mana merupakan 33% dari jumlah kebutuhan kolesterol harian.

Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi 50 gram daging olahan per hari dapat memicu meningkatnya risiko terkena penyakit jantung sebesar 42%.

Jumlah konsumsi yang berlebihan pun mengakibatkan Anda rentan terserang kanker tertentu, seperti kanker usus besar.

11. Jeroan

Jeroan adalah organ dalam dan bagian isi perut hewan, seperti usus, hati, ampela, paru, babat, hingga otak. Jeroan mengandung lebih banyak kolesterol dibanding jenis makanan penyebab kolesterol lain.

Bahkan makanan ini menjadi penyebab asam urat

Berikut adalah perbandingan kandungan kolesterol pada jeroan dengan makanan penyebab kolesterol lain untuk setiap 100 gram:

  • Jeroan mengandung 3.100 mg
  • Otak sapi mengandung 3.100 mg
  • Otak kambing mengandung 2.559 mg
  • Kuning telur mengandung 2.307 mg
  • Daging sapi berlemak mengandung 1.995 mg
  • Telur bebek mengandung 884 mg
  • Telur puyuh mengandung 844 mg
  • Telur ikan (caviar) mengandung 588 mg
  • Ati ayam mengandung 584 mg
  • Daging bebek dengan kulit mengandung 515 mg
  • Hati sapi mengandung 494 mg
  • Daging kambing mengandung 462 mg

Bila Anda adalah penggemar jeroan dan jenis makanan penyebab kolesterol lainnya, maka sebaiknya mulai membatasi mengonsumsinya mulai hari ini.

Selain itu imbangilah dengan memperbanyak minum air putih, buah, sayur, dan kacang-kacangan, untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Tags: , ,

Bagikan ke

11 Jenis Makanan Penyebab Kolesterol yang Harus Dihindari

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

11 Jenis Makanan Penyebab Kolesterol yang Harus Dihindari

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: