Buka 24 jam full siap kirim sampai ke luar negeri
  • Gabung Bersama Kami untuk Dapatkan Tambahan Penghasilan Sampai 100 Juta Dalam Program Affiliasi dan Reseller Produk Kami
Beranda » Blog » Main ke Desa Wisata Tingkir Lor Salatiga, Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Bolen Tempe

Main ke Desa Wisata Tingkir Lor Salatiga, Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Bolen Tempe

Diposting pada 5 February 2022 oleh pengurus / Dilihat: 483 kali

Digitren.id – Makanan berbahan baku tempe selama ini biasanya dimasak dengan cara digoreng, orek, atau dicampur dengan bahan lain.

Namun, di tangan warga Kelurahan Tingkir Lor, Kecamatan Tingkir, bernama Umi Jamilah, tempe diolah menjadi makanan kekinian hingga menjadi ikon desa wisata andalan Kota Salatiga itu.

Bolen Tempe

Semua berawal dari tahun 2015 saat Tingkir Lor ditetapkan menjadi desa wisata. Umi yang menyewakan rumahnya menjadi homestay sering ditanya para tamu mengenai penganan khas untuk oleh-oleh.

Baca juga: Salatiga Masuk Nominasi Kota Ramah Sepeda, Punya Jalur Sepeda untuk Keliling Kota

“Itu hanya menjadi perhatian kami saat itu oleh-oleh Salatiga Namun, jika Anda tidak tahu bagaimana melakukannya, Anda tidak akan bisa melakukannya, tetapi Anda akan bisa mengatakan, “Tingkir Lor belum ada (saat itu),” Kompas.com, Kamis (3/2/2022).

Pada saat itu, dia menyadari bahwa dia harus berubah pikiran dan pergi ke Tingkir Lor. Umi yang melihat banyak tetangganya menjadi pembuat tempe, memutuskan mengolah makanan berbahan baku kedelai tersebut. Ia lalu mencari referensi, hingga membuat tempe cokelat.

Copelat yang dipoduksi sejak 2016 tersebut memiliki empat rasa. Ada tempe cokelat rasa aslicokelat tempe putih, cokelat tempe susu, dan cokelat tempe teh hijau. Harga jualnya Rp 6.000 per bungkus.

Setelah produk tempe cokelat bisa diterima oleh tamu di Desa Wisata Tingkir Lorodia mulai memproduksi makanan olahan lain berbahan baku tempe.

“Ada rolade tempe, tempe bakso, gembus bakso, dan lain-lain. Bentuknya makanan bekusehingga awet, “paparnya.

Bolen tempe sedang booming

Umi mengungkapkan, kreasi lain yang sedang booming saat ini adalah bolen tempe. Satu paket isi lima bolen, harganya Rp 12.000. Rasa yang tersedia asli dan cokelat.

Menurut Umi, bolen tempe bisa dikatakan sebagai karya asli, sehingga dia akan mengajukan produk tersebut untuk memperoleh hak paten.

Dia menjelaskan, proses pembuatan bolen tempe tidak terlalu sulit. Rasa tempe tidak terlalu terasa karena dibuat selai. Rasanya menjadi unik, tetapi tidak meninggalkan khasnya tempe.

Baca juga: Kampung Singkong Argowiyoto Salatiga, Surganya Penicin Olahan Singkong

Proses pembuatan makanan olahan tempe yang unik, lanjutnya, menarik masyarakat untuk belajar secara langsung. Beberapa siswa secara berkala mendatangi.

“Hari ini ada siswa taman kanak-kanak yang belajar membuat cokelat tempe, mulai dari proses pencetakan, pencetakan, dan pengemasan,” kata Umi.

Sumber : https://travel.kompas.com/read/2022/02/04/090900127/main-ke-desa-wisata-tingkir-lor-salatiga-jangan-lupa-beli-oleh-oleh-bolen

Bagikan ke

Main ke Desa Wisata Tingkir Lor Salatiga, Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Bolen Tempe

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Main ke Desa Wisata Tingkir Lor Salatiga, Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Bolen Tempe

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: