Buka 24 jam full siap kirim sampai ke luar negeri
  • Gabung Bersama Kami untuk Dapatkan Tambahan Penghasilan Sampai 100 Juta Dalam Program Affiliasi dan Reseller Produk Kami
Beranda » Blog » Apakah Orang yang Berpuasa Sebaiknya tak Sikat Gigi Siang Hari?

Apakah Orang yang Berpuasa Sebaiknya tak Sikat Gigi Siang Hari?

Diposting pada 17 April 2022 oleh pengurus / Dilihat: 316 kali

[

Apakah boleh melakukan sikat gigi saat sedang istirahat di siang hari?

digitren.id, JAKARTA – Bau mulut mungkin terasa tidak nyaman bagi sebagian Muslim yang sedang melaksanakan ibadah puasa. Sehingga sebagian orang memutuskan untuk giginya atau bersiwak.

Namun sebagian lain khawatir, jika itu dilakukan, air kumur setelah sikat gigi bisa masuk melewati tenggorokan. Sehingga mereka menghindari gosok gigi atau bersiwak di siang hari, sebagai bentuk kehati-hatian.

Lantas bagaimana sebaiknya? Apakah sebenarnya boleh melakukan sikat gigi saat ini di siang hari?

Angwata Fatwa Dar al Ifta Mesir, Syekh Uwaidah Utsman berkomentar, dan kabar baiknya Ramadhan hanya ada satu hari. Dia juga menambahkan, dibolehkan pula membersihkan gigi dengan sikat dan pasta gigi saat ini.

“Asalkan orang yang senang itu berhati-hati agar pasta giginya tidak masuk ke perut,” katanya seperti dikutip Shorouk News, Rabu (13/4).

Syekh Utsman kemudian mengutip hadits Nabi Muhammad yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA. Beliau bersabda, “Semua amal Anak Adam adalah kecuali puasa, puasa milik-Ku dan Aku akan membalasnya. Dan sungguh bau mulut orang yang lebih baik di sisi Allah daripada minyak kesturi.” (Mutafaq Alaih)

Syekh Utsman juga memaparkan, Imam Syafi’i berpendapat bahwa penggunaan sesuatu apapun itu yang menghilangkan bau mulut orang yang sedang terburu-buru, huknya adalah makruh jika melewati waktu Dzuhur hingga sakit hari. Selain madzhab Syafii, madzhab Hanbali juga memiliki penawaran yang sangat bagus.

Namun, dengan pengecualian Mazhab Hanafi dan Mazhab Maliki, kami ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan Anda yang terus-menerus karena kami terus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Misalnya, sekatok gigi dan berkumur-kumur saat sedang tidak puasa, selama tidak ditelan dan melewati tenggorokan.

Lembaga-lembaga fatwa dunia seperti Majma ‘al-Fiqh al-Islamy, Dar al-Ifta’ Mesir, al-Lajnah ad-Da’imah li al-Ifta ‘Arab Saudi Hanya membutuhkan waktu beberapa menit bagi setiap anggota untuk mendapatkan sebagian besar dari itu.

Sumber artikel : https://www.republika.co.id/berita/ra9sf1313/apakah-orang-yang-berpuasa-sebaiknya-tak-sikat-gigi-siang-hari

Bagikan ke

Apakah Orang yang Berpuasa Sebaiknya tak Sikat Gigi Siang Hari?

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Apakah Orang yang Berpuasa Sebaiknya tak Sikat Gigi Siang Hari?

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: