• Gabung Bersama Kami untuk Dapatkan Tambahan Penghasilan Sampai 100 Juta Dalam Program Affiliasi dan Reseller Produk Kami
Beranda » Blog » 5 Cara Menentukan Segmentasi Pasar yang Tepat Sasaran untuk Bisnis Pemula

5 Cara Menentukan Segmentasi Pasar yang Tepat Sasaran untuk Bisnis Pemula

Diposting pada 22 September 2022 oleh pengurus / Dilihat: 32 kali / Kategori: ,

Digitren Indonesia – Sukses dalam bisnis digital tak luput dari ketepatan niche market atau cara menentukan segmentasi pasar yang kamu terapkan. Niche market bisa membantumu menembus industri bisnis dengan persaingan yang ketat serta membedakan usaha kamu dari para pesaing.

Sebenarnya apa itu niche market? Bagaimana cara menentukan niche market untuk bisnis pemula? Apa fungsi dan keuntungan menggunakan niche market? Seperti apa contohnya? Yuk, bahas bersama!

Cara Menentukan Segmentasi Pasar

Cara Menentukan Segmentasi Pasar

Pengertian Segmentasi Pasar

Niche market adalah segmen atau target pasar yang cukup spesifik dari pasar yang lebih luas. Istilah singkatnya adalah mengerucutkan target pasar.

Misalnya pemasaran tas wanita memiliki cara menentukan segmentasi pasar yang berbeda. Ada tas wanita untuk pesta, sekolah, bekerja, piknik, atau hangout. Inilah contoh segmentasi pasar yang lebih spesifik.

Manfaat Cara Menentukan Segmentasi Pasar

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan bila memanfaatkan niche market pada bisnismu. Berikut tiga fungsi utama cara menentukan segmentasi pasar untuk mendongkrak penjualanmu.

  1. Bisnis Mudah Dikenali

Fungsi niche market yang pertama adalah membuat bisnis kamu mudah dikenali. Bisnis kamu akan terlihat lebih profesional sebab kamu telah menargetkan konsumen tertentu saja.

Ambil saja sebuah lapak yang menjual produk skincare, masker kesehatan, dan peralatan dapur.

Baca juga: Peluang Bisnis Online Milagros Raup Untung 100 Juta Perbulan

Mungkin kamu berpikir bahwa menjual berbagai produk akan menarik calon customer untuk berbelanja. Padahal faktanya, calon customer pun akan merasa bingung bila menjumpai toko semacam ini. Apa produk utama toko ini?

Oleh karena itu, jual produk yang lebih spesifik. Misalnya produk skincare, kamu bisa menjual produk skincare lokal atau korean skincare. Ini jauh lebih efektif membuat tokomu memiliki identitas dibanding menjual berbagai macam produk sekaligus.

  1. Target Pasar Terarah

Fungsi niche market selanjutnya yakni memfokuskan target pemasaran. Saat kamu meminimalisir budget untuk promosi, maka solusinya adalah memaksimalkan pemasaran dan pembidikan pasar agar produk terjual sesuai target.

Katakanlah target pasar dari produkmu adalah wanita usia 18 hingga 24 tahun, maka cara yang kamu gunakan dalam menggaet minat calon pembeli pun bisa kamu sesuaikan. Seperti gaya bahasa dalam deskripsi, desain gambar, bentuk produk, hingga warna.

  1. Mengurangi Pesaing

Niche berfungsi juga mengurangi ketatnya persaingan dalam sebuah bisnis. Inilah pentingnya harus menonjolnya produk, salah caranya dengan menentukan niche market atau cara menentukan segmentasi pasar.

Dengan menentukan niche market, artinya kamu pun mengerucutkan target pasar, sehingga persaingan bisnis pun semakin berkurang. Cobalah menetapkan hal spesifik dalam bisnismu sehingga terkesan memiliki identitas tersendiri dibandingkan kompetitor.

Cara Menentukan Segmentasi Pasar

Sampailah pada pembahasan cara menentukan segmentasi pasar, khususnya bagi para pelaku bisnis pemula. Sebenarnya cara menentukan niche market ini cukup tricky, ya. Kamu harus memahami dulu bisnis seperti apa yang hendak kamu jalankan dan siapa saja kompetitormu.

Ini tidak bisa selesai dengan mudah dalam waktu singkat, namun bukan berarti ribet juga! Simak tips mudah cara menentukan segmentasi pasar berikut:

  1. Pahami dan Tentukan Minat

Cara menentukan segmentasi pasar yang pertama adalah seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kamu harus memahami dulu bisnis seperti apa yang ingin kamu bangun.

Tentukanlah sesuai dengan minat alias apa yang kamu suka. Bila kamu menjalankan apa yang kamu sukai, tentu menjalaninya akan terasa lebih mudah dan menyenangkan. Biasanya hal yang diminati akan bertahan dalam jangka panjang.

Bila suatu hari kamu menghadapi tantangan, maka kamu tetap termotivasi melewatinya karena itulah yang menjadi passionmu.

  1. Tonjolkan Keunikan Bisnis

Cara menentukan segmentasi pasar yang kedua adalah menonjolkan keunikan bisnis. Di zaman sekarang tak ada bisnis yang benar-benar murni. Kebanyakan bisnis adalah hasil dari modifikasi dan inovasi.

Kuncinya adalah kreativitas. Manfaatkanlah kreativitas untuk membuat bisnismu menonjol dibanding kompetitor.

Contoh bisnis menarik dunia adalah e-commerce. Persaingan e-commerce di Indonesia cukup ketat, sehingga mereka berlomba menonjolkan produk dengan menyediakan berbagai fitur menarik, salah satunya shopee games miliki Shopee.

Fitur shopee games membuat pengguna merasakan keseruan bermain games. Beberapa games pun berhadiah koin yang bisa digunakan sebagai potongan belanja saat transaksi. Fitur ini akan terbentuk di benak pengguna bahwa bisa belanja dan seru-seruan di satu aplikasi saja.

  1. Lakukan Riset Pasar dan Kompetitor

Kehadiran pesaing tidak melulu selalu buruk, meski tanpa pesaing tentu jauh lebih mudah dalam menjalankan bisnis.

Yang perlu kamu lakukan adalah menganalisa secara menyeluruh kepada para kompetitor. Coba temukan apakah masih terdapat sebuah celah untuk mendapatkan ‘sorot lampu’ di tengah banyak orang.

Kamu bisa memanfaatkan tools, seperti Google Trends, Google Keyword Planner, dan tools gratis lainnya untuk riset mengenai hal ini.

Eksplorasi mengenai produk terlaris yang tengah ramai dicari konsumen dan lihat apakah terdapat peluang bisnis yang bisa kamu dapat guna memenuhi kebutuhan mereka.

  1. Memastikan Peluang Keuntungan

Menonjolkan keunikan bisnis memang terdengar brilian, namun kamu harus tetap realistis. Bisakah ide tersebut mendatangkan keuntungan? Apakah pendapatan yang akan kamu dapatkan sesuai dengan tenaga dan modal yang kamu keluarkan?

Saatnya melakukan tips ke-4 dalam menentukan niche market, yakni memastikan peluang keuntungan.

Bila ada kompetitor sejenis, coba bandingkan saja dan lakukan riset. Apa yang membuat konsumen memilih kompetitor.

  1. Uji Coba Ide

Tips menentukan niche market kelima ini mungkin membutuhkan waktu dan biaya. Uji coba menjadi jawaban terbaik apakah customer membutuhkan dan tertarik pada produk maupun layanan yang kamu tawarkan.

Cara termudah yang bisa lakukan untuk menguji coba produk atau layanan adalah dengan menyediakan media, salah satunya situs web.

Pada uji coba pertama tak melulu selalu mendapat antusiasme yang heboh. Oleh karena itu kamu tak perlu merasa berkecil hati, bisnis memang identik dengan jatuh-bangun. Dari situlah sebuah bisnis berkembang dan melakukan upgrade.

Contoh Niche Market

Semakin mengerucut target pasarmu, maka semakin besar kemungkinan produk atau layanan jasa yang kamu tawarkan unggul di antara para kompetitor sejenis. Berikut adalah contoh niche market dengan karakteristik kuat yang mungkin bisa menginspirasi.

  1. Konsumen Pecinta Lingkungan

Gerakan ramah lingkungan sedang gencar seiring meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya melestarikan lingkungan. Ini juga bisa kamu jadikan peluang bisnis, hlo!

Contoh bisnis untuk niche market ini adalah sedotan stainless steel, kantong belanja ramah lingkungan, dan menstrual cups.

  1. Pemilik Hewan Peliharaan

Memang tidak semua orang memiliki hewan peliharan, namun konsumen ini rela merogoh kocek untuk memenuhi kebutuhan hewan peliharannya. Kamu bisa memanfaatkan peluang bisnis ini untuk membagi niche market menjadi lebih spesifik lagi. Misalnya niche market untuk pecinta anjing, kucing, hingga reptil.

  1. Contoh Lain

Contoh niche market lainnya adalah perangkat komputer. Dalam industri ini bisa terbagi lagi menjadi beberapa segmen pasar yang lebih spesifik, seperti kategori gaming, editing (video editor dan graphic designer), dan pelajar.

Selain itu, cara menentukan segmentasi pasar pun bisa diidentifikasi melalui beberapa variabel lain, seperti usia, gender, pekerjaan, gaya hidup, letak geografis, hobi, dan lain-lain.

Tags: , ,

Bagikan ke

5 Cara Menentukan Segmentasi Pasar yang Tepat Sasaran untuk Bisnis Pemula

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

5 Cara Menentukan Segmentasi Pasar yang Tepat Sasaran untuk Bisnis Pemula

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: